WNA Rusia Naik Motor Jatuh ke Jurang 30 Meter di Gianyar

Korban diduga tidak cakap mengendarai sepeda motor

Gianyar, IDNTimes- Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia berinisal KM (27) meninggal dunia di dasar jurang Sungai Tuyung, Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Sabtu (14/1/2023) siang.

Berdasarkan keterangan saksi, KM terjun ke jurang pada saat mengendarai sepeda motor. Ia terjatuh dari ketinggian sekitar 30 meter, hingga tergeletak di dasar jurang bersama sepeda motornya.

Kepolisian Sektor (Polsek) Ubud menduga WNA tersebut tidak cakap mengendarai sepeda motor, sehingga tidak bisa mengendalikannya.

1. Rekannya melihat korban terjatuh ke dasar jurang

WNA Rusia Naik Motor Jatuh ke Jurang 30 Meter di GianyarIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kapolsek Ubud, Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, menjelaskan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.20 Wita. Saat itu rekannya, Aleksndr (28), membonceng korban naik sepeda motor dengan nopol DK 5392 KBG.

"Mereka rencananya akan ke Kawasan Tegallantang, Ubud," ujar Yudistira, Minggu (15/1/2023).

Sesampai di sisi selatan Sungai Tuyung, Aleksandr berhenti dan memarkir kendaraannya. Ia hendak melihat Google Maps untuk menuju ke kawasan Tegallantang. Tanpa sepengetahuan Aleksandr, korban mengambil sepeda motor itu dan mengendarainya.

Aleksandr melihat korban kehilangan kendali, dan jatuh ke jurang di Sungai Tuyung yang memiliki kedalaman sekitar 30 meter, bersama sepeda motornya.

"Saksi (Aleksandr) yang melihat peristiwa itu langsung berteriak minta tolong," kata Yudistira.

2. Korban dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia

WNA Rusia Naik Motor Jatuh ke Jurang 30 Meter di GianyarWisatawan Rusia jatuh ke jurang di Ubud. (Dok. IDN Times/Polsek Ubud)

Teriakan minta tolong Aleksandr didengar oleh warga sekitar, Sang Putu Arsana. Sang Putu Arsana yang berada di sawah menghampiri Aleksandr dan langsung menuju ke Sungai Tuyung. Dari atas tebing, mereka melihat korban sudah berada di dasar jurang bersama sepeda motor.

Sang Putu Arsana lalu meminta tolong warga lainnya, menghubungi kepolisian, BPBD, dan PMI Gianyar untuk mengevakuasi korban.

"Korban berhasil kami evakuasi bersama sepeda motornya, namun dalam keadaan meninggal dunia. Korban kami bawa ke RS Ari Canti Ubud untuk dilakukan pemeriksaan luar," jelas Yudistira.

3. Korban tidak cakap mengendarai sepeda motor

WNA Rusia Naik Motor Jatuh ke Jurang 30 Meter di Gianyarpixabay.com/Alexas_Fotos-686414

Dari hasil penyelidikan, korban diketahui mengalami kecelakaan tunggal karena tidak cakap mengendarai sepeda motor. Jenazah korban sempat dititipkan di RS Ari Canti, sebelum diambil oleh pihak keluarga dan konsulat.

"Jadi korban mengambil sepeda motor tersebut untuk dikendarai tanpa sepengetahuan Aleksandr. Korban lepas kendali diduga karena tidak cakap mengendarai sepeda motor," terang Yudistira.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya