Comscore Tracker

Minat Warga Klungkung Transmigrasi Rendah, Suja: Ada Tapi Pilih Lokasi

Mereka punya alasan kenapa mau jadi transmigran

Klungkung, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Klungkung sudah tujuh tahun tidak memberangkatkan warganya untuk mengikuti program transmigrasi. Meskipun minat untuk bertransmigrasi masih ada, namun warga saat ini cenderung memilih-memilih lokasi.

1. Tahun 2012 silam, Pemkab Klungkung pernah memberangkatkan 25 KK ke Kalimantan Tengah

Minat Warga Klungkung Transmigrasi Rendah, Suja: Ada Tapi Pilih LokasiGoogle Maps

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung terakhir kali memberangkatkan warga untuk transmigrasi tahun 2012 silam. Ketika itu 25 KK (Kepala Keluarga) dari Nusa Penida berangkat bertransmigrasi ke Unit Pemukiman Transmigrasi Bayak, Kabupaten Lamandau, Kalimantan tengah. Setelahnya, kuota transmigrasi di Provinsi Bali terbatas. Terlebih lokasi transmigrasi yang dituju kurang diminati warga di Klungkung.

"Minat warga untuk transmigrasi ada, hanya saja mereka cenderung memilih-memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan mereka," ujar Kasi Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Klungkung, I Wayan Suja, Senin (9/9) lalu.

2. Sulawesi dan Sumatera jadi lokasi yang diminati transmigran

Minat Warga Klungkung Transmigrasi Rendah, Suja: Ada Tapi Pilih LokasiGoogle Maps

Wayan Suja menjelaskan, belum lama ini kuota transmigran lokasinya berada di Sumbawa, Namun lokasi ini tidak diminati oleh warga. Biasanya warga akan mempertimbangkan lokasi agar tidak terlalu jauh dengan kerabat mereka.

"Biasanya mereka lebih tertarik jika lokasi transmigrasi itu di Sulawesi atau Sumatera," jelas Suja.

3. Antrean transmigrasi tahun ini tidak ada

Minat Warga Klungkung Transmigrasi Rendah, Suja: Ada Tapi Pilih Lokasitensator.com

Minat warga untuk bertransmigrasi saat ini sudah mulai menurun. Antrean transmigrasi untuk tahun ini juga tidak ada. Meski begitu, Pemkab tetap membuat pengumuman transmigrasi dari Provinsi Bali, yang selalu diteruskan ke desa-desa di wilayah Klungkung.

"Kalau dulu sampai menunggu antrean, sekarang malah menunggu orang yang berminat. Tapi kami juga lebih selektif dan tidak sembarangan memberangkatkan warga untuk transmigrasi. Karena kami benar-benar menargetkan, transmigrasi ini memang membuat taraf hidup masyarakat kami menjadi lebih baik," jelasnya.

4. Warga dari Desa Batu Kandik dan Bungamekar di Nusa Penida banyak berminat jadi transmigran. Apa alasannya?

Minat Warga Klungkung Transmigrasi Rendah, Suja: Ada Tapi Pilih LokasiGoogle Maps

Pihaknya tidak menampik, pada pemberangkatan sebelumnya, animo masyarakat untuk mengikuti program transmigrasi masih didominasi oleh warga di Kecamatan Nusa Penida. Khususnya warga Nusa Penida yang tinggal di kawasan perbukitan seperti Batu Kandik dan Bungamekar.

Alasan warga tersebut antusias untuk mengikuti program transmigrasi karena ingin mengubah taraf hidup keluarga. Terlebih sudah terkenal masyarakat Nusa Penida pekerja keras jika merantau, dan banyak warga Nusa Penida yang sukses di daerah transmigrasi.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You