Comscore Tracker

Nyaris Punah, Tari Baris Nang Dudu Dipentaskan di Tabanan

Tarian sakral ini mengambil cerita rakyat di Desa Pujungan

Tabanan, IDN Times - Kamu pernah gak sih mendengar Tari Baris Nang Dudu? Ini adalah kesenian tari khas Kabupaten Tabanan yang nyaris punah. Tepatnya dari Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. Untuk melestarikannya, Tari Baris Nang Dudu dipentaskan kembali di acara parade budaya nusantara serangkaian HUT Kota Tabanan ke-529, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga: Pengantin di Tabanan Harus Pilah Sampah Jika Mau Menikah

Baca Juga: Makna Tari Rejang Renteng, Videonya Viral di Bali

1. Tari Baris Nang Dudu merupakan re-interpretasi dari cerita rakyat di Desa Pujungan

https://www.youtube.com/embed/CDLmGKk5Mfc

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Tabanan, Ni Luh Nyoman Sri Suyati SSn, mengatakan Tari Baris Nang Dudu merupakan re-interpretasi dari cerita rakyat di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. Konon diceritakan, Nang Dudu adalah sosok jahil dan tidak manusiawi yang sering mengganggu perkebunan masyarakat. Karena sifatnya ini, Nang Dudu sengaja dibunuh untuk menghilangkan sifat buruk yang mengganggu kegiatan masyarakat di daerah Pujungan.

Sri menjelaskan, Nang berarti panggilan untuk orang laki-laki yang sudah tua, sedangkan Dudu berarti sifat buruk. Secara filosofi, menghilangkan jejak Nang Dudu berarti menghilangkan sifat buruk pada diri sendiri.

2. Nyaris punah karena jarang dipentaskan

Nyaris Punah, Tari Baris Nang Dudu Dipentaskan di TabananTangkapan layar Tari Baris Nang Dudu (YouTube.com/@aannada646)

Menurut Sri, Tari Baris Nang Dudu bersifat sakral dan hanya ditarikan pada saat upacara-upacara tertentu saja. Biasanya ditarikan pada saat upacara Ngusaba Nini di Desa Pujungan, yang menjadi simbol penetralisir antara sifat bhuta menjadi dewa.

"Tarian ini terancam punah lantaran sudah sangat jarang dipentaskan. Selain itu juga karena kurangnya generasi penerus kesenian tersebut," ujarnya.

3. Tari Baris Nang Dudu mendapatkan sentuhan rekontruksi

Nyaris Punah, Tari Baris Nang Dudu Dipentaskan di TabananTangkapan layar Tari Baris Nang Dudu (YouTube.com/aannada646)

Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Kebudayaan berupaya membangkitkan kembali kesenian langka ini lewat proses rekonstruksi. Untuk semakin mengenalkannya, Tari Baris Nang Dudu dipentaskan dalam parade budaya nusantara, Minggu (27/11/2022) lalu.

"Pementasan tarian ini di parade budaya nusantara sebagai ruang bagi kesenian ini untuk kembali dikenalkan kepada masyarakat," kata Sri.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya