Baru Awal Tahun, Tabanan Catat 29 Kejadian Bencana

Cuaca masih belum bersahabat. Jadi, tetap hati-hati ya

Tabanan, IDN Times - Tahun 2023 baru berjalan dua bulan, Kabupaten Tabanan sudah mencatat 29 kali kejadian bencana. Kejadian bencana yang terjadi selama periode Januari-Februari 2023 disebabkan oleh cuaca ekstrem, yaitu hujan deras disertai angin kencang. Total kerugian material akibat bencana tersebut mencapai Rp410 juta.

Baca Juga: Tabanan Kini Ada Layanan Terapi Anak Kebutuhan Khusus

Baca Juga: Izin Usaha Koperasi Simpan Pinjam di Tabanan Ditunda

1. Delapan puluh persen kejadian bencana di Kabupaten Tabanan akibat cuaca ekstrem

Baru Awal Tahun, Tabanan Catat 29 Kejadian BencanaIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan, I Nyoman Srinadha Giri, menjelaskan sejak tanggal 1 Januari sampai 25 Februari 2023, BPBD Kabupaten Tabanan menangani 29 kali kejadian bencana dengan total kerugian material mencapai Rp410 juta.

Dari jumlah tersebut, 80 persennya adalah kejadian yang disebabkan oleh faktor cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, pohon tumbang, dan tanah longsor.

"Cuaca ekstrem ini sudah terjadi sejak akhir tahun 2022 dan masih berlanjut di tahun ini," ujar Giri, Rabu (1/3/2023).

2. Bencana terjadi secara merata di seluruh Kabupaten Tabanan

Baru Awal Tahun, Tabanan Catat 29 Kejadian BencanaIlustrasi longsor (Dok.IDN Times/Humas TAB Tabanan)

Sebaran bencana di Kabupaten Tabanan terjadi di seluruh kecamatan. Untuk bencana puting beliung tercatat terjadi di Kecamatan Marga, Kediri, Baturiti, Tabanan, dan Selemadeg Timur.

Pihak BPBD Tabanan juga menangani bencana akibat tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Penebel. Sementara pohon tumbang terjadi di Kecamatan Penebel, Tabanan, Marga, Kediri, Kerambitan, dan Selemadeg.

"Selain bencana karena faktor cuaca, tercatat juga kejadian penemuan mayat terjadi di dua lokasi, yakni di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti; dan Desa Berembeng, Kecamatan Selemadeg," jelas Giri.

3. Masyarakat diharapkan waspada

Baru Awal Tahun, Tabanan Catat 29 Kejadian BencanaIlustrasi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait kondisi cuaca yang sampai saat ini belum bersahabat, Giri mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Pihak BPBD Tabanan juga terus menyiagakan timnya untuk melakukan penanganan bencana yang kemungkinan terjadi.

"Saat ini kondisi cuaca belum bersahabat. Untuk itu, kami tetap bersiaga jika nanti ada laporan bencana di Kabupaten Tabanan. Kami sudah menyiagakan tim untuk penanganan bencana," tambahnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya