Koster Dorong Bali Gunakan Energi Ramah Lingkungan

Hotel di Bali ada yang pakai energi terbarukan lho

Denpasar, IDN Times - Sebagai tujuan pariwisata terbesar di dunia, Bali bertekad menjadikan lingkungannya semakin bersih dan sehat. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali, I Wayan Koster saat acara pemanfaatan gas LNG di Patra Bali Resort dan Villa, Kuta, Kamis (4/10) siang.

1. Dorong penggunaan energi terbarukan

Koster Dorong Bali Gunakan Energi Ramah LingkunganDok.IDN Times/Istimewa

Baca Juga: Koster Imbau Warga Berpakaian Busana Adat Bali Tiap Hari Kamis

Untuk menjadikan lingkungannya semakin bersih, Koster mendorong penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan. Hal ini, lanjut Koster, sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang menjaga keseimbangan alam, manusia, dan budayanya dalam segala aspek.

"Konsep ini akan diwujudkan secara penuh di samping upaya dan terobosan-terobosan teknologi dan pemanfaatan energi terbarukan," jelasnya dalam keterangan tertulis.

2. Diharapkan semua industri menggunakan energi terbarukan

Koster Dorong Bali Gunakan Energi Ramah Lingkunganformaspace.com

Koster mengapresiasi hotel-hotel yang sudah memanfaatkan energi terbarukan. Ia berharap industri di sektor lain, baik sektor kecil dan besar juga menerapkan hal yang sama.

"Pilot project yang dilakukan hari ini saya harap dapat dikembangkan menjadi skenario yang lebih besar. Ini juga diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

3. Pemanfaatan energi terbarukan di hotel untuk kenyamanan tamu

Koster Dorong Bali Gunakan Energi Ramah Lingkunganbooking.com

Baca Juga: Sejuk & Ramah Lingkungan, 5 Resort di Bali yang Pas Buat Honeymoon

Sementara itu, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, menyampaikan visi dan misi Pemprov Bali sejalan dengan Pertamina. Ia menilai pariwisata Bali juga terus tumbuh, sehingga butuh pasokan energi yang berkelanjutan. Maka, LNG sebagai energi bersih sudah tepat digunakan di Bali.

Lebih lanjut, Putra mengatakan pertumbuhan industri hotel di Bali diperkirakan tumbuh sebesar persen per tahun.

"Pertamina juga sedang mengembangkan energi terbarukan lainnya," jelasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya