Comscore Tracker

Jalur Kereta Api Berencana Dibangun di Bali, Desainnya Harus Berbeda

Kamu setuju gak kalau kereta api dibangun di Bali?

Denpasar, IDN Times - Wacana pembangunan jalur kereta api di Bali kembali dilontarkan Gubernur Bali, I Wayan koster. Ia berharap, jika benar akan dibangun jalur kereta api di Bali harus ramah lingkungan. Desainnya harus berbeda dari daerah lain.

1. Kereta apinya harus selaras dengan alam

Jalur Kereta Api Berencana Dibangun di Bali, Desainnya Harus BerbedaIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Koster menginginkan desain dan ciri kereta api nanti harus berbeda dari daerah lain. Selain selaras dengan alam, juga harus ramah lingkungan.

"Kita ingin desain yang beda, dengan estetika dan ciri khas tersendiri, dengan sentuhan (Nuansa, red) lokal. Jadi berbeda dengan daerah lain. Bali ini kecil, tapi selalu dilihat dunia," kata dia, tak lama ini.

2. Kata Gubernur Bali, pembangunan jalur kereta api ini mendapat respon positif dari masyarakat

Jalur Kereta Api Berencana Dibangun di Bali, Desainnya Harus BerbedaUnsplash.com/@ranggcahya

Bali yang jadi tempat tujuan pariwisata dunia dipandang perlu memiliki transportasi yang memadai. Terkait pembangunan kereta api ini juga diklaim mendapat respon yang positif dari masyarakat.

"Respon masyarakat luar biasa untuk rencana pengembangan akses untuk transportasi umum ini," katanya.

3. Bali butuh transportasi yang baik untuk menarik minat wisatawan

Jalur Kereta Api Berencana Dibangun di Bali, Desainnya Harus Berbedapixabay.com/didgeman

Ke depan, sistem transportasi di Bali akan dikembangkan. Baik transportasi darat, laut, dan udara akan didorong untuk disempurnakan dengan harapan mendukung pariwisata. Apalagi pemerintah pusat menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia mencapai 20 juta orang per tahun. Maka, Bali yang jadi andalan harus punya sistem transportasi yang baik.

"Transportasi darat, laut dan udara akan terus disempurnakan selain untuk masyarakat, juga mendukung industri pariwisata di Bali," terangnya.

4. Disarankan akses jalur kereta ke bandara juga

Jalur Kereta Api Berencana Dibangun di Bali, Desainnya Harus BerbedaIDN Times/Uni Lubis

Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Gede Pasek Suardika, mendukung atas wacana tersebut. Ia juga mendorong realisasi pembangunan dan pengembangan kereta api di Bali. Saran yang diberikan adalah jalur kereta api nantinya bisa terhubung pula dengan bandara dan pusat-pusat kegiatan lain.

"Ini juga sesuai amanah Bapak Presiden yang mendorong pembangunan infrastruktur dan konektivitas nasional," ujar Suardika.

Baca Juga: [UPDATE] 2 Petugas Pemilu di Bali Meninggal dan 22 Orang Sakit

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You