Koster Imbau Warga Berpakaian Busana Adat Bali Tiap Hari Kamis

Kamu bisa pakai busana daerah lain lho kalau ke Bali

Denpasar, IDN Times - Gubernur Bali, I Wayan Koster menerbitkan peraturan Gubernur (Pergub) tentang penggunaan busana adat Bali. Aturan busana adat itu tertuang dalam Pergub nomor 79 tahun 2018 tentang penggunaan baju adat Bali secara serentak. Penggunaannya sendiri akan diberlakukan pada hari Kamis, 10 Oktober mendatang.

1. Digunakan setiap hari Kamis

Koster Imbau Warga Berpakaian Busana Adat Bali Tiap Hari KamisInstagram.com/happysalma

Baca Juga: Pemprov Hadiahkan Rp100 Juta & Emas Jika Mau Lestarikan Bahasa Bali

Dalam peraturan Gubernur tersebut, busana adat Bali digunakan setiap hari Kamis, Hari Purnama, Hari Tilem, Hari jadi Provinsi Bali dan hari jadi kabupaten/kota. Penggunaannya sendiri juga diatur sesuai etika yakni nilai kesopanan, kesantunan, kepatutan, dan kepantasan yang berlaku di masyarakat.

2. Pegawai di lingkungan lembaga pemerintahan

Koster Imbau Warga Berpakaian Busana Adat Bali Tiap Hari KamisInstagram.com/kddevie

Pada poin ketiga Pergub ini disebutkan bahwa busana adat Bali digunakan oleh pegawai di lingkungan lembaga Pemerintahan. Selain itu, tenaga pendidik, peserta didik, dan pegawai lembaga swasta juga wajib menggunakan busana adat Bali.

Sementara untuk pegawai lembaga pemerintahan, lembaga swasta dan lembaga profesional, yang oleh karena tugasnya mengharuskan untuk menggunakan seragam khusus tertentu, atau karena alasan keagamaan, tidak diwajibkan menggunakan baju adat Bali.

3. Bisa menggunakan busana adat daerah lain

Koster Imbau Warga Berpakaian Busana Adat Bali Tiap Hari KamisInstagram.com/oks_antara

Baca Juga: Koster Instruksikan Tutup 4 Toko Mafia Tiongkok di Badung

Pergub tersebut ternyata tak terbatas dengan baju adat Bali saja. Pasalnya, masyarakat Nusantara lainnya di lingkup Provinsi Bali bisa menggunakan baju adat daerahnya masing.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya