1500 Seniman Bali Dilibatkan Dalam Pawai Budaya IMF-WB

Wah, gokil banget sih ini

Denpasar, IDN Times - International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) Annual Meeting tahun 2018 tak lama lagi bakal diselenggarakan di Nusa Dua, Badung, Bali selama 12-14 Oktober. Mengambil lokasi di Pulau Dewata, rasanya kurang greget jika tidak menonton atraksi seni budaya Bali yang sudah dikenal dunia.

Nah, dalam pertemuan IMF-World Bank kali ini, akan ada pawai budaya Bali yang dibawakan oleh sekitar 1500 seniman mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa.

1. Pawai budaya IMF World Bank ini memiliki makna bahwa ekonomi selalu berputar dalam ritual kehidupan masyarakat Bali

1500 Seniman Bali Dilibatkan Dalam Pawai Budaya IMF-WBANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Baca Juga: 7 Makna Ritual Siklus Kehidupan Orang Bali yang Akan Dipawaikan di IMF

Menurut Art Director Pawai Budaya IMF World Bank, Prof Dr I Gede Arya Sugiartha, dalam ritual yang dilakukan orang Bali, sesungguhnya wujud dari perputaran ekonomi. Seluruh siklus kehidupan orang Bali mengandung unsur ritual, yang secara tidak langsung juga bersentuhan dengan ekonomi.

"Melalui pawai ini, Bali ingin menyampaikan kepada dunia bahwa orang Bali banyak melakukan ritual, yang sesungguhnya sedang melakukan perputaran ekonomi. Bukannya buang-buang duit. Siklus inilah yang kita sajikan, dengan tema The Life and Economy of Bali. Durasinya 1,5 jam," pungkasnya.

2. Pawai ini melibatkan 1500 seniman

1500 Seniman Bali Dilibatkan Dalam Pawai Budaya IMF-WBIDN Times/Diantari Putri

Kepala Dinas Kebudayaan Bali, Dewa Putu Beratha, mengungkap pawai budaya IMF World Bank ini mengerahkan 1500 seniman berbagai usia, mulai anak-anak, remaja, dan dewasa.

Pawai ini diikuti oleh tujuh komunitas seni yang mewakili seniman Bali. Di antaranya Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Sanggar Paripurna Bona Gianyar, Rumah Budaya Penggak Men Mersi, Yayasan Pancer Langit Badung, SMK 3 Sukawati, Sanggar Bumi Art Denpasar dan Sanggar Gases Denpasar. Setiap komunitas tersebut melibatkan 200 seniman.

"Kita menampilkan sebuah pawai yang berbeda, dengan konsep pawai menjadi satu kesatuan yang akan disaksikan Presiden Jokowi bersama Kepala Negara dan delegasi IMF-World Bank," katanya.

3. Penyelenggaraan pawai ini atas permintaan Joko Widodo

1500 Seniman Bali Dilibatkan Dalam Pawai Budaya IMF-WBTwitter/@setkabgoid

Baca Juga: Dinilai Merugikan, Aliansi Rakyat di Denpasar Tolak Digelarnya IMF

Pawai budaya Bali untuk ajang IMF World Bank sesungguhnya merupakan permintaan Presiden RI Joko Widodo, saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 pada 23 Juni 2018 lalu.

Karena permintaan presiden, Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan karya seni terbaiknya. Pemprov Bali mengucurkan dana sebesar Rp1 miliar menampilkan pawai yang akan ditonton puluhan ribuan delegasi dari 189 negara itu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya