Pemkot Denpasar Sediakan 8 Dokar Tamasya Gratis Selama Setahun

Layanan gratis ini hanya berlaku pada Sabtu dan Minggu ya

Denpasar, IDN Times – Pemerintah Kota Denpasar berupaya membangkitkan kembali program Heritage City Tour dengan menyiapkan 8 dokar gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat dan wisatawan di Denpasar.

Program Dokar Tamasya ini dapat dinikmati secara gratis setiap hari Sabtu dan Minggu. Di mana saja masyarakat dan wisatawan dapat mengakses dokar gratis ini?

Baca Juga: Saya Mencari Jawaban atas Kekosongan Hidup dari Film

1. Bangkitkan pariwisata Kota Denpasar melalui dokar

Pemkot Denpasar Sediakan 8 Dokar Tamasya Gratis Selama SetahunSituasi kota Denpasar. (IDN Times / Ayu Afria)

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani, menyebutkan bahwa Kota Denpasar memiliki Heritage City Tour yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Dokar Tamasya ini dioperasikan agar wisatawan bisa menikmati indahnya kawasan heritage di Kota Denpasar. "Kami tetap berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan sektor pariwisata City Tour di Kota Denpasar,” terangnya.

Baca Juga: Asal Usul Tradisi Gamelan Anyar Bungbang di Kota Denpasar  

2. Lokasi mangkal dipindahkan ke dua tempat

Pemkot Denpasar Sediakan 8 Dokar Tamasya Gratis Selama SetahunWisata Heritage Dokar di Denpasar. (Dok. IDN Times / istimewa)

Dalam menciptakan kawasan heritage yang bebas dari pedagang kaki lima, mulai awal Maret 2022, tempat mangkal atau tempat naik dongkar dipindah. Semula berpusat di Denpasar Art Space atau sebelah Utara Pura Jagatnata, kemudian dipindahkan ke pelataran Pasar Badung dan Terminal Tegal.

"Setiap lokasi disediakan empat dokar. Dengan tempat yang stategis, masyarakat bisa menikmati Dokar Tamasya ini secara gratis setiap Sabtu dan Minggu," ungkap Dezire Mulyani.

Dokar Heritage City Tour Kota Denpasar ini juga menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyatakat yang ingin naik Dokar Tamasya ini wajib menjaga jarak dan mencuci tangan. Selain itu, satu dokar hanya boleh diisi oleh dua orang. Bagi penumpang yang tidak menggunakan masker dan kondisi kurang sehat, tidak diperkenankan untuk naik dokar.

3. Kusir dokar mendapat dukungan anggaran dari Pemkot Denpasar

Pemkot Denpasar Sediakan 8 Dokar Tamasya Gratis Selama SetahunSituasi kota Denpasar. (IDN Times / Ayu Afria)

Dezire Mulyani menyampaikan progam ini sebagai bentuk dukungan terhadap kusir dokar di tengah pandemik. Program ini dijalankan mulai 12 Februari 2022 sampai 18 Desember 2022.

Pemerintah Kota Denpasar telah menyiapkan anggaran untuk operasional dokar ini dengan nilai Rp263 juta per tahun. Setiap kali beroperasi, masing-masing kusir diberi subsidi Rp350 ribu sehari.

“Sekitar Rp263 juta. Diberikan dalam bentuk uang jasa,” ungkapnya pada Kamis (24/3/2022).

Dokar Tamasya ini beroperasi pada Sabtu dan Minggu. Kecuali pada Hari Raya Tumpek Kandang, Hari Raya Saraswati, dan Hari Raya Kuningan.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya