Jenis Masakan Bali yang Dihidangkan di Gala Dinner KTT AISF

Jadi menu hidangan pembuka lho

Badung, IDN Times – Gala dinner pemimpin negara dan delegasi peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, telah dilakukan, Selasa (10/10/2023) malam.

Hidangan yang disajikan ini adalah hasil racikan dua orang chef, Chef Vindex Tengker dan Chef Made Putra. Bahan-bahannya menggunakan aneka ragam hasil laut Indonesia. Ada masakan khas Bali yang dihidangkan di gala dinner KTT AIS Forum lho.

1. Ada masakan dari Yogyakarta dan Sumatra Utara

Jenis Masakan Bali yang Dihidangkan di Gala Dinner KTT AISFIlustrasi tempe bungkus daun (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pertama, urapan tempe atau tempe bacem dari Yogyakarta ini disajikan sebagai hidangan pembuka dalam gala dinner, disusul dengan Selada Udang Andaliman. Andaliman adalah rempah pedas khas Sumatra Utara.

Chef juga menyajikan Sup Tomat Serai Nusa Dua, racikan khusus dengan aroma serai yang diberi potongan alpukat, dan krim santan.

2. Hidangan utamanya adalah masakan khas Bali dan Aceh

Jenis Masakan Bali yang Dihidangkan di Gala Dinner KTT AISFIlustrasi Lobster (Instagram.com/edhy.prabowo)

Untuk hidangan utamanya ada tiga macam, yaitu:

  • Pertama, daging Sapi Base Genep dari Wagyu dengan bumbu rempah Bali. Lengkap dengan sayur lawar khas Bali sebagai side dish 
  • Kedua, Gulai Udang Karang. Yaitu olahan lobster dengan kuah gulai khas Aceh. Olahan ini disajikan bersama asparagus dan jamur
  • Ketiga, Polenta Terung Mapui. Polenta adalah olahan dari tepung jagung. Disajikan bersama terung panggang, dan saus merah khas Kalimantan.

3. Menu penutupnya adalah masakan dari Sulawesi Utara

Jenis Masakan Bali yang Dihidangkan di Gala Dinner KTT AISFIlustrasi air kelapa muda (pexels.com/Daria Shevtsova)

Untuk hidangan penutup, para chef menyiapkan menu khas Sulawesi Utara berupa Puding Kelapa Muda. Ada juga Bunaken Coral, yaitu kue kelapa pandan yang dihiasi aneka buah.

4. Sederet pemimpin dan pejabat negara hadir langsung

Jenis Masakan Bali yang Dihidangkan di Gala Dinner KTT AISFKTT AIS Forum di Bali (Dok.IDN Times/istimewa)

Untuk diketahui,sejumlah pimpinan negara hadir pada KTT AIS Forum di Bali. Tercatat lima pimpinan tertinggi negara yang hadir langsung adalah Presiden Micronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, dan Perdana Tuvalu.

Sementara Fiji dan Tonga mengirimkan Deputi Perdana Menteri. Delapan negara mengirimkan menterinya yaitu Maladewa, Marshall Islands, Palau, Seychelles, Singapura, Solomon Islands, Sri Lanka dan Papua Nugini.

Sebanyak tiga negara mengirimkan pejabat setingkat Wakil Menteri atau Direktur Jenderal atau Sekretaris Jenderal yaitu Cabo Verde, Selandia Baru, dan Madagaskar. Kemudian 11 negara lainnya mengutus Duta Besar yaitu Irlandia, Jepang, Siprus, Samoa, Malta, Inggris, Saint Lucia, Cook Island, Filipina, Suriname, dan Bahrain.

Sementara empat organisasi internasional yang mengirimkan perwakilannya adalah Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dan Badan Program Pembangunan PBB (UNDP).

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya