Kerap Kecelakaan, Pemilik Rental Diminta Edukasi Turis Asing di Bali

Belum genap sebulan sudah ada 6 kejadian dan korban jiwa

Denpasar, IDN Times – Berdasarkan catatan Kepolisian Daerah (Polda) Bali, kasus kejadian kecelakaan lalu lintas atau laka lantas yang melibatkan Warga Negara Asing (WNA) pada tahun 2022 sejumlah 68 kejadian. Sementara pada awal tahun 2023 ini, sudah ada 6 kejadian laka lantas di empat wilayah hukum yakni Kota Denpasar, Polres Gianyar, Polres Badung, dan Polres Buleleng.

Dari kejadian tersebut dua orang WNA dinyatakan meninggal dunia. Apakah ada upaya khusus Polda Bali dalam menekan angka kasus kecelakaan orang asing?

Baca Juga: Sopir yang Curi Koper Turis Rusia di Bandara Ngurah Rai Bebas

1. Sebagian besar kecelakaan WNA akibat Out of Control

Kerap Kecelakaan, Pemilik Rental Diminta Edukasi Turis Asing di BaliKecelakaan rombongan WN Rusia di Buleleng. (Dok.IDN Times/Polres Buleleng)

Empat orang WNA asal Rusia terlibat kecelakaan lalu lintas pada Senin (16/1/2023), pukul 13.30 Wita. Kecelakaan lalu lintas tunggal atau Out of Control ini terjadi di Jalan Desa Jurusan Tigawasa-Kaliasem, Banjar Dinas Dangin Pura, KM 13.500, Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Kendaraan Daihatsu Ayla putih DK-1880-CZ dikemudikan oleh Pereverzin Denis (26). Dengan penumpang Kruchenov Denis (53), Irina (52), dan Evgeniya (30). Mereka mengalami sejumlah luka dan dirawat di rumah sakit.

Kerap Kecelakaan, Pemilik Rental Diminta Edukasi Turis Asing di BaliKecelakaan lalu lintas di wilayah Hukum Polres Gianyar. (Dok.IDN Times/Polsek Ubud)

Sebelumnya, seorang perempuan WN Rusia bernama Kostenko Marina, ditemukan tewas di dasar Sungai Bentuyung, Ubud, Kabupaten Gianyar, tepatnya pada Sabtu (14/1/2023), pukul 11.20 Wita. Sepeda motornya ditemukan masuk ke dalam sungai.

Berdasarkan keterangan temannya, korban masih belajar mengendarai sepeda motor dan hendak menuju akomodasi pariwisata di Lingkungan Tegallantang.

Kerap Kecelakaan, Pemilik Rental Diminta Edukasi Turis Asing di BaliKecelakaan di shortcut Canggu. (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain itu, seorang Warga Negara Ukraina bernama Denys Rozanov (32), ditemukan meninggal dunia dalam kecelakaan yang diduga Out of Control di Jembatan Shortcut Canggu, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, pada Selasa (10/1/2023), pukul 08.00 Wita.

Korban ditemukan dengan sejumlah luka dan badannya dalam kondisi kaku. Luka-luka ditemukan di bagian wajah dengan tulang tengkorak kepala bagian depan pecah.

Kematian korban diduga kuat karena benturan keras antara wajah atau kepala korban dengan beton gorong-gorong. Ia ditemukan tidak memakai helm. Jenazah korban dibawa menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah Denpasar.

2. Kecelakaan akibat ketidakpahaman orang asing terhadap aturan lalu lintas yang berlaku di Bali

Kerap Kecelakaan, Pemilik Rental Diminta Edukasi Turis Asing di BaliKabidhumas Polda Bali, Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto. (IDN Times/Ayu Afria)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, memberikan imbauan kepada para pemilik rental, baik mobil maupun sepeda motor di seluruh wilayah hukum Polda Bali. Mereka diminta agar sebelum menyewakan kendaraan kepada wisatawan asing maupun lokal, memberitahu ke penyewa untuk menaati ketentuan lalu lintas dan sudah mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Akhir-akhir ini sering terjadi pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh warga negara asing yang menggunakan kendaraan sewaan yang disebabkan oleh ketidakpahaman mereka terhadap aturan lalu lintas yang berlaku," ungkapnya, pada Rabu (18/1/2023).

Saat ini Polri sudah memberlakukan ETLE (tilang elektronik), yang terpasang di beberapa titik.

3. Perlu menyiapkan pemandu jalan untuk para WNA yang memakai jasa rental

Kerap Kecelakaan, Pemilik Rental Diminta Edukasi Turis Asing di BaliKecelakaan lalu lintas di wilayah Hukum Polres Gianyar. (Dok.IDN Times/Polsek Ubud)

Pihak kepolisian menekankan agar setiap penyewa kendaraan, baik wisatawan asing maupun lokal, agar selalu mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Termasuk menggunakan helm, membawa SIM, menggunakan sabuk keselamatan, dan tidak bermain handphone. Para pengendara juga diminta tetap mengutamakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalulintas.

"Jika memang diperlukan, para pemilik rental diharapkan menyiapkan pemandu jalan untuk mengiringi WNA tersebut saat berkendara di jalan raya. Ini di juga penting karena para wisatawan tidak terlalu hafal akan jalan-jalan yang akan mereka lalui dalam menikmati keindahan Bali," ungkapnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya