6 Delegasi Forum GPDRR Meninggalkan Bali Hari Ini

Mereka pulang sehari setelah acara pembukaan

Badung, IDN Times – Sehari setelah pembukaan, beberapa delegasi Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022 (GPDRR) sudah mulai meninggalkan Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju negara masing-masing. Tercatat pada Kamis (26/5/2022), ada 6 keberangkatan delegasi GPDRR ke luar Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan oleh Perwira Pengendali (Padal) Pam Bandara Terminal Domestik yang juga menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Bandara, AKP CH Rachmadan.

Baca Juga: 34 Menit Meresapi Longroom Perwira Kapal Perang KRI Sultan Hasanuddin

1. Beberapa Head of Delegation sudah pulang

6 Delegasi Forum GPDRR Meninggalkan Bali Hari IniThe 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua. (Dok.IDN Times/istimewa)

AKP CH Rachmadan mengatakan bahwa beberapa delegasi sudah ada yang berangkat ke luar Bali hari ini. Keberangkatan para delegasi GPDRR ini melalui pintu keberangkatan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Keberangkatan disiapkan melalui loading dock Terminal Internasional, Terminal Keberangkatan Internasional, dan melalui Terminal Keberangkatan Domestik.

“Dalam catatan kami hari ini ada beberapa orang Head of Delegation yang berangkat, disiapkan melalui loading dock terminal internasional dan terminal keberangkatan domestik,” ucapnya.

2. Jadwal keberangkatan delegasi sewaktu-waktu bisa berubah

6 Delegasi Forum GPDRR Meninggalkan Bali Hari IniThe 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua. (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurut AKP CH Rachmadan, berdasarkan data per Kamis pagi, diketahui ada 4 orang telah berangkat melalui loading dock. Mereka adalah delegasi Tajikistan Rustam Nazarzoda, delegasi Bangladesh Saima Wazed, Minister of Economy Situations Belarus HE Vandim Sinyavsky, dan Minister of Equipment and Housing of Tunisia HE Sara Zafrani Zenseri.

Sementara ada 2 orang melalui terminal keberangkatan domestik, yakni Deputy Minester in the Prime Minister Departement Malaysia HE The Hon Datuk Masture Tan Sri Moh Yasid dan Secretary General ASEAN HE Doto Lim Jock HOI. Data ini disebut bersifat fleksibel dan dapat berubah sewaktu-waktu.

“Data ini sewaktu-waktu bisa saja terjadi perubahan termasuk keberangkatan delegasi lainnya melalui keberangkatan normal (keberangkatan internasional),” jelasnya.

Sementara itu, pengamanan keberangkatan delegasi ini, dilaksanakan oleh Satgas 2 Pam Bandara dan Sub Satgas Shuttel Bus yang ditempatkan di loading dock, Terminal Keberangkatan Domestik dan Terminal Internasional.

3. Banyak tokoh penting yang hadir dalam Forum GPDRR

6 Delegasi Forum GPDRR Meninggalkan Bali Hari IniThe 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Nusa Dua. (Dok.IDN Times/istimewa)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pembukaan The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 telah digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, pada Rabu (25/5/2022). Forum ini dihari secara daring maupun luring. Setidaknya diperkirakan ada 2.100 orang yang tercatat hadir secara fisik di lokasi acara GPDRR.

Beberapa pejabat yang hadir secara langsung saat pembukaan tersebut di antaranya Wakil Presiden Zambia, WK Mutale Nalumango, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BNPB, Suharyanto.

Hadir pula Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid, Deputi Sekretaris Jenderal PBB Amina Jane Mohammed, Special Representative of the United Nations Secretary-General for Disaster Risk Reduction Mami Mizutori, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Pada hari keempat pelaksanaan, Kamis (26/5/2022), beberapa pejabat penting yang dijadwalkan hadir di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala BKF Febrio Kacaribu, dan Wakil Menparekraf, Angela Tanoesoedibjo.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya