4700 Orang Diprediksi Mudik dari Pelabuhan Benoa

Semoga perjalanannya lancar ya

Denpasar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memprediksi adanya kenaikan penumpang mudik lebaran tahun 2023 dibandingkan tahun lalu. Hal ini disampaikan oleh General Manager Pelindo Pelabuhan Benoa, Agung Mataram,  Selasa (11/4/2023) lalu.

Untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, pihaknya menginstruksikan ke seluruh tim terminal melakukan sejumlah persiapan.

Baca Juga: 17 Ribuan Orang Diprediksi Mudik dari Padangbai ke NTB

1. Kenaikan diprediksi sebanyak 5 persen dari tahun sebelumnya

4700 Orang Diprediksi Mudik dari Pelabuhan BenoaPengembangan Pelabuhan Benoa dengan konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) (IDN Times/Ayu Afria)

Agung Mataram mengatakan akan ada kenaikan jumlah penumpang mudik lebaran sebesar 5 persen dibandingkan tahun lalu. Sebelumnya pada angkutan mudik 2022 terdapat 4.533 penumpang mudik melalui Pelabuhan Benoa. Masing-masing 1.924 orang merupakan penumpang embarkasi, dan 2.609 penumpang dembarkasi. Pada mudik tahun 2022 tersebut terdapat 9 pemberangkatan kapal.

Kenaikan ini diprediksi disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi nasional pascapandemik, penambahan masa libur, dan cuti bersama Idul Fitri.

“Ini membuat banyak masyarakat yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman mereka. Setelah sebelumnya tidak bisa melakukannya,” kata Agung.

2. Ada posko layanan angkutan lebaran selama 24 jam

4700 Orang Diprediksi Mudik dari Pelabuhan BenoaPenumpang di Pelabuhan Benoa pada April 2023. (Dok.IDN Times/istimewa)

Untuk mempersiapkan menghadapi kenaikan jumlah penumpang tersebut, Pelindo Pelabuhan Benoa telah melakukan sejumlah upaya. Yaitu membuka posko layanan angkutan lebaran selama 24 jam, melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan alur layanan terminal, perbaikan infrastruktur, serta peningkatan pelayanan untuk memastikan kelancaran proses bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan, khususnya pada momen lebaran yang menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia," terang Agung.

3. Posko layanan angkutan lebaran di Pelabuhan Benoa sudah dibuka

4700 Orang Diprediksi Mudik dari Pelabuhan BenoaPosko Lebaran di Pelabuhan Benoa pada April 2023. (Dok.IDN Times/istimewa)

Pengoperasian posko layanan angkutan lebaran telah dibuka sejak 7 April 2023 sampai 8 Mei 2023 mendatang. Posko ini diharapkan bisa membantu penumpang, dan calon pemudik terkait informasi keberangkatan, pengamanan hingga kesehatan selama musim mudik lebaran.

“Pada awal pertama posko berdiri telah membantu pelayanan sebanyak 296 penumpang yang naik kapal KM AWU menuju Bima pada Minggu 9 April 2023 pukul 01.00 Wita,” jelas Agung.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya