6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran Sambal

Konten khusus ya ini

Koktail atau cocktail merupakan minuman beralkohol yang hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Coctail menggunakan campuran minuman beralkohol dengan beberapa bahan yang memiliki beragam rasa dan aroma. Sebelum dihidangkan, biasanya bahan-bahan tersebut dikocok-kocok dulu atau lebih dikenal dengan istilah shake.

Sebagai pulau tujuan wisata, hampir di setiap bar dan kafe Pulau Bali memiliki racikan cocktail bercita rasa yang khas dan unik. Mereka seakan berlomba menciptakan minuman khasnya untuk menarik minat pengunjung. Berikut ini cocktail unik di Bali.

Baca Juga: Cara Membedakan Arak Gula dan Arak Karangasem Menurut Penikmat di Bali

1. Cocktail Leak, dibakar dulu sebelum diminum

6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran SambalCocktail Leak. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Cokctail yang mengambil nama ilmu hitam khas Bali ini bisa dinikmati di Modus Bar Bali. Lokasinya di Jalan Imam Bonjol, Kota Denpasar. Coktail ini menggunakan campuran 3 jenis rum, calamansi, jeruk, tyramisu sirup & bitter, serta campuran rempah.

Selain memiliki rasa yang unik, cara penyajiannya juga unik. Setelah semua bahan dicampur dan dimasukkan ke dalam gelas unik, lalu dibakar. Selain menambah cita rasa, tentunya menjadi atraksi yang menarik bagi pemesannya.

2. Cocktail Darma Sensation menggunakan arak Bali sebagai bahan dasar

6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran SambalCocktail Darma Sensation. (instagram.com/69barkuta)

Cocktail Darma Sensation menggunakan arak Bali sebagai bahan utamanya. Arak Bali dicampur bersama kelapa, daun mint, lime, dan brown sugar.

Minuman ini adalah jenis refreshing cokctail, rasanya menyegarkan namun tetap memberikan rasa hangat ketika diminum. Cocktail ini bisa didapatkan di 69 Bar area tengah Hotel Grand Istana Rama, Kuta, Kabupaten Badung.

Baca Juga: Jeritan Petani Arak Tradisional di Bali: Arak Fermentasi Membunuh Kami

3. Cocktail Sandikala yang diambil dari nama tradisi di Bali

6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran SambalCocktail Sandiakala. (instagram.com/stregisbali)

Pembuatan Cocktail Sandikala terinspirasi dari tradisi yang ada di Bali. Seperti diketahui masyarakat Bali mempersembahkan buah, bunga, dan air suci untuk mendapatkan keselarasan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan-bahan yang digunakan adalah homemade tangerine kintamani syrup, fresh lemon juice, nanas madu, delima, blood orange syrup, dan light rum. Kamu bisa mencoba kesegaran cocktail ini di King Cole Bar, Hotel St Regis, Nusa Dua, Kabupaten Badung.

4. Cocktail Bloody Scary Mary dengan campuran sambal

6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran SambalCocktail Bloody Scary Mary. (instagram.com/roosterfishbeachclub)

Cocktail satu ini memiliki nama yang seram, yaitu Bloody Scary Mary. Nama tersebut mengingatkan pada sosok penyihir legenda bernama Bloody Mary, yang diceritakan bisa keluar atau muncul dari cermin.

Cocktail ini menggunakan campuran ablsout vodka, lada, jus lemon, tabasco, dan jus tomat. Uniknya, cocktailnya menggunakan campuran sambal tomat dan garam sambal Bali untuk memberikan cita rasa tersendiri.

Cocktail yang menggunakan gelas berbentuk tengkorak dalam penyajiannya ini dapat dinikmati di Roosterfish Beach Club, Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

5. Cocktail Kebun Merah menggunakan bahan-bahan lokal

6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran SambalCoctail Kebun Merah. (instagram.com/lafavelabali_)

Sesuai namanya, cocktail ini berwarna merah. Sebab bahan dasarnya dari dry gin infused yang dicampur bersama aperol, pineapple juice, lemon juice, daun kemangi, dan dry orange. Rasanya sangat segar dan unik. Cocktail ini bisa kamu dapatkan di La Favela Bali, Jalan Laksamana Oberoi, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung.

6. Cocktail Fireman menggunakan arak Sidemen

6 Cocktail Unik yang Bisa Kamu Coba di Bali, Ada Campuran SambalCocktail Fireman. (instagram.com/thenightrooster)

Cocktail ini diberi nama fireman atau pemadam kebakaran untuk memberikan kesan macho kepada pengunjung yang mencoba minuman beralkohol ini. Cocktail ini menggunakan arak berkualitas terbaik dari Sidemen, Kabupaten Karangasem, sebagai bahan dasarnya.

Arak Sidemen dicampur bersama rambutan syrup, taby bun, kemangi, homade orange liquer, dan minyak kelapa. Cocktail yang memiliki rasa kacang bercampur kelapa ini bisa kamu dapatkan di The Night Rooster Bar, Ubud, Kabupaten Gianyar.

Itulah cocktail unik di Bali. Harganya juga tidaklah terlalu mahal. Range mulai Rp100 ribu hingga Rp175 ribu untuk setiap gelasnya. Jika kamu berkendara, jangan terlalu banyak minum minuman beralkohol ya agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya