Comscore Tracker

Kisah Nelayan Nyoman Cenik di Bali, Perahunya Terbalik Ditarik Ikan

Dia terombang-ambing di tengah laut semalaman

Klungkung, IDN Times - Nyoman Cenik (45), nelayan asal Desa Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem dilaporkan menghilang ketika melaut di Selat Lombok. Jukungnya terbalik, pada Kamis (9/7/2020). Ia berhasil ditemukan selamat oleh nelayan lain di perairan Jungut Batu, Nusa Penida, Klungkung, Jumat (10/7/2020). Ia bertahan di atas perahunya yang sudah terbalik selama satu malam mengambang di tengah laut.

1. Jukungnya ditarik ikan dan terbalik diterjang ombak tinggi

Kisah Nelayan Nyoman Cenik di Bali, Perahunya Terbalik Ditarik IkanDok.IDN Times/Istimewa

Nyoman Cenik berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Monggalan, Desa Kusamba, Klungkung. Ia menceritakan peristiwa kecelakaan itu bermula ketika melaut di sekitar Selat Lombok, Kamis (9/7/2020). Sekitar pukul 06.30 Wita, perahu kecilnya (Jukung) ditarik oleh ikan hasil tangkapannya. Lalu tiba-tiba ada ombak tinggi dan menerjang jukungnya hingga terbalik.

"Saya tercebur ke laut, lalu berusaha membalikkan perahu. Tapi tidak bisa," ungkapnya.

Merasa kehabisan tenaga, ia lalu naik ke atas perahunya yang sudah terbalik. Tanpa ada dayung dan mesin yang mati, perahunya terbawa arus laut.

"Saya tidak tahu terbawa arus ke mana. Saya tetap berada di atas perahu yang terbalik. Untung kapal tidak bocor, hingga tetap bisa mengapung," ujarnya.

2. Ia nyaris ditabrak kapal tongkang pada tengah malam

Kisah Nelayan Nyoman Cenik di Bali, Perahunya Terbalik Ditarik IkanDOk.IDN Times/Istimewa

Dalam keadaan basah kuyup dan kedinginan, Nyoman Cenik hanya bisa berdoa menantikan ada kapal nelayan yang lewat, dan bisa menolongnya.

Ketika malam tiba, ia melihat kapal tongkang melintas di dekatnya. Namun karena tidak membawa korek atau sumber cahaya lainnya, ia tidak bisa memberikan tanda. Bahkan kapal tongkang berukuran besar tersebut melintas di dekatnya.

"Saya hampir ditabrak dengan kapal tongkang itu. Kalau kena, saya pasti celaka," kata Nyoman Cenik.

Beruntung kapal tongkang tersebut melintas begitu saja, dan Nyoman Cenik harus bertahan di atas perahu terombang-ambing di tengah laut hingga pagi.

"Saat itu dalam keadaan basah kuyup dan basah. Saya kedinginan tapi berusaha bertahan."

3. Ia ditemukan oleh nelayan yang melintas. Dalam keadaan lapar, lemas, dan kedinginan, ia sekuat tenaga berteriak minta tolong

Kisah Nelayan Nyoman Cenik di Bali, Perahunya Terbalik Ditarik IkanNelayan asal Karangasem yang sempat hilang karena jukungnya terbalik ditemukan selamat, Jumat (10/7/2020). (Dok.IDN Times/Humas Basarnas Bali)

Nyoman Cenik tetap bertahan hingga menjelang Jumat (10/7/2020) pagi. Dalam keadaan lapar, lemas, dan kedinginan, ia sudah pasrah apapun yang terjadi.

Ketika asanya itu, tiba-tiba ada seorang nelayan yang lewat. Dengan tenaganya yang masih tersisa, ia berteriak minta tolong. Akhirnya ia dihampiri oleh nelayan tersebut, yang bernama Nengah Urip, asal Desa Kusamba. Nyoman Cenik lalu dievakuasi ke Pelabuhan Monggalan, Desa Kusamba.

"Saya sangat bersyukur bisa selamat," ungkap Nyoman Cenik.

4. Nyoman Cenik sempat ditawari naik jukung nelayan lain ketika jukung miliknya terbalik

Kisah Nelayan Nyoman Cenik di Bali, Perahunya Terbalik Ditarik IkanProses pencarian dan evakuasi nelayan yang jukungnya terbalik. (Dok.IDN Times/Humas Basarnas Bali)

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, saksi pertama melihat korban ketika kejadian. Nyoman Cenik sempat menitipkan handphone dan celananya kepada saksi tersebut.

Saksi awalnya mengajak korban naik ke jukungnya. Tetapi tawaran itu ditolak lantaran Nyoman Cenik memilih untuk menyelamatkan jukungnya yang terbalik. Ternyata saksi juga menolak menolong korban untuk menyelamatkan jukungnya. Hingga akhirnya saksi kembali ke daratan dan mengabarkan kejadian tersebut ke petugas SAR (Search and Rescue).

"Saksi mata pertama saat itu memang melihat jukung korban terbalik dan ia (Korban) masih bertahan di atas jukung serta menitipkan HP serta celananya," jelas Darmada.

Baca Juga: 6 Doa Memulai Aktivitas Menurut Agama Hindu Bali

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya