Comscore Tracker

Lebih Bahagia? 5 Cara Menanamkan Kesederhanaan dalam Hidup

Gak semua hal harus tentang materi lho!

Satu kunci kebahagiaan hidup adalah ketika mampu menanamkan prinsip kesederhanaan. Cara tersebut bisa memunculkan berbagai macam hal positif sehingga kamu dapat menghadapi dinamika kehidupan yang naik turun.

Kesederhanaan bukan perihal materi, tetapi menyoal kerendahan hati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa menanamkan kesederhanaan dalam menjalani hidup. Apa saja? Simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Legowo saat menerima musibah

Lebih Bahagia? 5 Cara Menanamkan Kesederhanaan dalam Hidupilustrasi merenung (pexels.com/Michael Burrows)

Dalam menjalani hidup, kamu pasti akan pernah menghadapi musibah. Saat hal tersebut terjadi, diperlukan adanya sikap legowo atau lapang dada menerima keadaan. Ini berkaitan dengan prinsip kesederhanaan, sebab kamu mampu bersyukur dalam segala situasi.

Namun itu tak mudah dilakukan sebab setiap orang pasti punya batas sabarnya masing-masing. Jadi, perbanyak tingkat kesabaran dalam dirimu agar hal positif lambat laun akan muncul.

2. Tidak selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Lebih Bahagia? 5 Cara Menanamkan Kesederhanaan dalam Hidupilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa nih yang masih suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Jika masih sering melakukannya, bisa dikatakan bahwa kamu belum punya prinsip kesederhanaan dalam menjalani hidup. Hal itu terjadi sebab kamu tak ingin kalah dari orang lain.

Kamu terpacu untuk berlomba-lomba membeli apa saja dengan tujuan agar tidak kalah dari orang lain. Hal tersebut wajib dihilangkan sebab kamu harus fokus dengan diri sendiri. Buanglah sikap itu agar kehidupanmu menjadi lebih tenang.

3. Perbanyak bersyukur terhadap hal apapun yang kamu dapat

Lebih Bahagia? 5 Cara Menanamkan Kesederhanaan dalam Hidupilustrasi merenung (pexels.com/James Reyes)

Bersyukurlah terhadap apapun yang kini sudah menjadi milikmu. Cara ini merupakan kunci agar kamu bisa mengimplementasikan kesederhanaan dalam hidup. Hal itu terjadi karena kamu tidak terlalu fokus dengan materi.

Kamu berpikir lebih rasional dengan berfokus terhadap kenyamanan. Namun, itu tak mudah dilakukan sebab sejatinya setiap orang memang memiliki sikap tak pernah puas. Namun kamu harus bisa mengendalikan hal tersebut.

4. Jangan terlalu terobsesi terhadap pengakuan orang lain

Lebih Bahagia? 5 Cara Menanamkan Kesederhanaan dalam Hidupilustrasi perpustakaan (pexels.com/Pixabay)

Kamu pasti ingin diakui oleh orang lain perihal kehebatanmu saat ini. Entah itu perihal materi atau semacamnya, kamu ingin semua orang tahu agar mereka mau memujimu. Saat hal tersebut terjadi, kamu pun akan merasa senang.

Hal seperti sejatinya bisa menjadi buruk sebab kamu terlalu mematok kebahagiaan terhadap pengakuan orang lain. Kamu rela membeli barang-barang yang sejatinya tidak penting dengan tujuan ingin mendapatkan pujian. Apabila kamu tidak mampu mencapainya, sangat berpotensi bisa membuat stres.

5. Cobalah untuk bergaul dengan orang-orang yang sederhana

Lebih Bahagia? 5 Cara Menanamkan Kesederhanaan dalam Hidupilustrasi mengobrol (pexels.com/Ron Lach)

Terakhir, kamu bisa mencoba bergaul dengan orang-orang yang sederhana. Hal ini merujuk kepada ungkapan bahwa lingkungan bisa membentuk karakter seseorang. Jika sering berkumpul dengan orang seperti itu, kamu bakal mengetahui rahasia mereka perihal definisi kesederhanaan.

Kamu bisa belajar banyak dan mulai menanamkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kamu juga tidak akan haus akan pengakuan karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan sendiri.

Dari lima hal di atas, mana saja yang sudah kamu lakukan? Teruslah menanamkan prinsip kesederhanaan agar bisa memahami kebahagiaan sesungguhnya.

Hamas Nurhan R T Photo Community Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya