Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Pengalaman Pahit Hidup

Pasti ada solusi untuk setiap kesulitan yang kamu alami ya

Ada kalanya seseorang mengalami hal-hal sulit dalam hidup ini. Entah menghadapi kegagalan yang terus berulang maupun kejadian-kejadian kurang menyenangkan lainnya. Dalam kehidupan yang serta tak terduga ini, segala sesuatu bisa terjadi. Kita tidak pernah tahu apa saja kejadian yang akan menimpa. Entah itu baik atau buruk, kesulitan atau keberuntungan. 

Ketika kesulitan dan cobaan hidup yang begitu pahit tiba, alih-alih terus menerus menyalahkan diri sendiri dan nasib, akan lebih menenangkan apabila mencoba mengambil hal-hal baik dalam kejadian sulit tersebut.

Setelahnya, berusaha bergerak maju perlahan dan keluar dari situasi sulit tersebut. Suatu hari nanti, kesulitan-kesulitan dan berbagai pengalaman pahit itu akan menjadi pelajaran penting dan memberikan sesuatu yang berharga untuk ke depannya. Nah berikut hal-hal positif yang bisa dipelajari dari pengalaman pahit hidup:

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Anak Jadi Generasi Strawberry yang Lemah! 

1. Melatih diri agar menjadi lebih kuat

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Pengalaman Pahit Hidupilustrasi seorang yang kuat (pexels.com/@samerdaboul)

Saat kesulitan menimpa, keadaan akan memaksa kita untuk menjadi lebih kuat. Entah itu kuat secara mental maupun fisik. Mengapa? Karena tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh untuk melewati kesulitan-kesulitan, selain menghadapinya dan berjuang mencari jalan ke luar yang bisa ditempuh untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Gagal interview saat melamar pekerjaan? Tidak apa-apa. Bangkit dan cari lagi info lowongan dan persiapkan diri agar lebih matang lagi. Gagal dalam bisnis? Juga tidak apa-apa. Bangkit lagi dan analisa apa-apa saja yang membuat bisnis tersebut gagal.

2. Dalam setiap situasi sulit selalu terbentang kesempatan berharga

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Pengalaman Pahit Hidupilustrasi seseorang yang mendapatkan kesempatan (pexels.com/@sora-shimazaki)

Merry Riana, motivator ternama Indonesia, pernah bercerita dalam buku yang memuat kisah hidupnya bahwa ia harus bekerja untuk mendapatkan uang tambahan. Jadi, ketika libur panjang perkuliahan tiba, ia bekerja. Ketika sedang bekerja, ia berkesempatan berbincang dengan atasannya, Mr Kenny.

Mr Kenny mengatakan bahwa dia memiliki banyak bisnis justru saat sedang terjadi krisis moneter. Meski sedang berada dalam situasi sulit, seseorang tetap dapat menemukan kesempatan. Harus tetap optimis, tidak menyerah, dan lebih sensitif terhadap segala hal di sekitar. Jadi, saat situasi sulit, harus lebih jeli melihat peluang.

3. Membentuk pribadi yang pantang menyerah dan penuh strategi 

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Pengalaman Pahit Hidupilustrasi membuat strategi (pexels.com/@jessbaileydesign)

Agar bisa keluar dari keadaan sulit, seseorang perlu menetapkan tujuan. Namun, tujuan saja tidak cukup. Perlu juga menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan akan memberikan kekuatan dan strategi untuk membantu mecapai tujuan secara efektif.

Orang yang memiliki tujuan tidak akan mudah menyerah karena tahu apa yang sedang ia perjuangkan. Ia juga tidak akan mudah goyah oleh perkataan dan cibiran orang yang memandang sebelah mata atas setiap usaha yang ia lakukan.

4. Membuat diri lebih rendah hati dan berempati

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Pengalaman Pahit Hidupilustrasi seseorang yang berempati (pexels.com/@liza-summer)

Kesulitan demi kesulitan yang pernah dialami seseorang akan membuat orang tersebut rendah hati dan tidak jumawa. Karena pada hakikatnya mereka telah mengalami sendiri bagaimana lelahnya berjuang dan tahu betapa sulitnya ketika terpuruk.

Ia akan menghargai sekecil apa pun pencapaian dalam usahanya dan lebih bisa berempati. Selama ini bisa jadi seseorang kurang dalam berempati karena tidak merasakan sendiri pengalaman pahit yang dialami orang lain. 

5. Akan ada hal baik setelah kesulitan 

5 Hal Positif yang Bisa Dipelajari dari Pengalaman Pahit Hidupilustrasi seseorang yang mendapatkan kebahagiaan (pexels.com/@olly)

Kesulitan dalam hidup kerap bersifat sementara. Ketika seseorang memilih untuk bekerja keras dan berjuang untuk keluar dari situasi tersebut, maka kesulitan pun akan berlalu. Begitu juga dengan kebahagiaan dan perasaan-perasaan lainnya.

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi setelah kesulitan itu muncul. Tapi yakinlah di balik kesulitan-kesulitan, pasti akan kita temukan kemudahan. Selain itu, kesulitan yang kita alami dan perjuangan untuk melewatinya bisa digunakan untuk modal meraih kesuksesan. Pengalaman adalah guru terbaik kan?

Nah itulah lima hal positif yang bisa dipelajari dari pengalaman pahit kehidupan. Seseorang perlu menyadari bahwa kesulitan-kesulitan itu adalah sebuah cara yang harus ditempuh dan dihadapi untuk membentuk pribadi menjadi lebih baik dan lebih kuat. Suatu saat kesulitan-kesulitan tersebut akan berlalu. Meskipun sulit untuk melewatinya, tetaplah optimis dan berusaha ya! 

Silvilla Sani Photo Community Writer Silvilla Sani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya