Comscore Tracker

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvert

Tapi jangan terlalu memaksa ya

Cenderung suka menghabiskan waktu sendiri karena merasa akan kehabisan energi saat bersosialisasi, merupakan ciri khas introvert. Mereka lebih tertutup dan pendiam. Sebenarnya mereka juga bisa bersikap terbuka dengan orang lain, namun cenderung memilih orang yang benar-benar bisa cocok dengannya.

Apabila kamu ingin mendekati seorang introvert, tentunya perlu cara tertentu ya sehingga orang tersebut tidak justru menjauh dari kamu. Nah berikut beberapa tips untuk mendekati introvert agar mau terbuka:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Mulai percakapan dengan natural

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi perkumpulan sedang bermain (pexels.com/yankrukov)

Memulai percakapan dengan sikap natural ini dimaksudkan agar para introvert tidak merasa gugup ketika berbicara denganmu. Contoh ketika berbicara tatap muka, dapat membuat percakapan awal menjadi cukup konfrontatif dan hal ini dapat dihindari dengan melakukan percakapan dengan introvert sambil melakukan tugas lain secara bersamaan seperti mengemudi, memasak, berbelanja, dan lainnya. 

2. Cobalah untuk tidak menyela setiap pembicaraan

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi sekelompok orang (pexels.com/yankrukov)

Introvert jarang berbicara dan mereka suka memikirkan apapun yang ingin ia katakan sebelum mengatakan sesuatu. Menghentikan mereka dengan menyela perkataannya, baik disengaja maupun tidak disengaja, hal ini dapat mengganggu proses pemikiran. Mereka bisa saja akhirnya menutup diri kembali karena ketika hendak berbicara, mereka terbuyarkan atau tertekan oleh sikapmu.

3. Buat mereka merasa didengar

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi menghabiskan waktu bersama (unsplash.com/priscilladupreez)

Introvert cenderung nyaman melakukan komunikasi mendalam dengan hanya beberapa orang saja. Mendengarkan tanpa menyela perkataan mereka juga tidak akan cukup untuk membuat mereka nyaman denganmu. Pastikan mereka tidak merasa diabaikan, tapi didengarkan dengan baik.

4. Cobalah memahami perasaan mereka

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi cewek hangout (unsplash.com/priscilladupreez)

Saat melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai, mereka bisa merasa tidak nyaman dan tidak tenang dengan situasi tersebut. Misalnya, saat membawa mereka ke pesta, pahami dan kooperatif jika mereka merasa lelah dan ingin pulang lebih awal. Mereka mungkin tidak berada di zona nyaman saat itu, jadi pahamilah perasaan mereka ketika mulai merasa ingin segera meninggalkan tempat.

5. Berkomunikasi lewat chat

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi hangout bareng teman (unsplash.com/priscilladupreez)

Introvert cenderung menjadi penulis yang baik karena menulis adalah aktivitas yang menyendiri dan kreatif. Ini memberi mereka waktu untuk memproses pikiran dan ide. Sekaligus membantu mereka mengontrol bagaimana dan kapan seharusnya merespons. Itu sebabnya mereka cenderung merespons lebih baik ketika diajak bicara melalui chat daripada menelepon.

6. Jadilah penghubung sosial untuk mereka

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi makan bersama (unsplash.com/priscilladupreez)

Terkadang sulit bagi introvert untuk membuka diri kepada orang bahkan mereka menganggap berbicara dengan sebuah kelompok perkumupulan adalah level yang lebih tinggi. Jadi, berbicara dengan mereka, memahami apa yang mereka katakan dan mempresentasikan ide mereka kepada kelompok, serta buatlah platform bagi mereka untuk berbicara.

7. Biarkan percakapan mengalir apa adanya

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi wanita dan pria (unsplash.com/priscilladupreez)

Berkomunikasi dengan para introvert, perlu kamu lakukan dengan percakapan yang mengalir apa adanya, tidak memaksa, tidak terburu-buru, dan tidak menggebu-gebu. Ada kalanya kamu harus bersikap kooperatif dengan menekan diri untuk tidak mendesak mereka untuk meladenimu. Cukup mengalir apa adanya, mereka juga akan mengerti bagaimana kamu berusaha menjadi teman untuk mereka.

8. Hangout di tempat mereka merasa nyaman

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertpexels.com/ELEVATE

Introvert cenderung lebih menyukai tempat yang sepi daripada yang bising dan ramai. Jika mereka berada di suatu tempat di mana mereka tidak nyaman, mereka jelas ingin pergi daripada tinggal. Jadi, karena mereka lebih menikmati tempat yang tenang, perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat yang sempurna untuk mengobrol.

9. Libatkan dirimu pada hobi yang mereka sukai

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi dua wanita bermain musik (pexels.com/anntarazevich)

Hobi introvert sangat berbeda dengan orang ekstrovert. Hobi seorang introvert dapat mencakup kegiatan menyendiri seperti membaca, menulis, atau memainkan alat musik, dan lainnya. Kamu dapat meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam hobi yang mereka sukai dan berbagi topik umum untuk dibicarakan.

10. Ketahui hal apa yang mereka sukai

Biar Mau Terbuka, Ini 10 Tips Mendekati Introvertilustrasi cewek hangout (unsplash.com/brookecagle)

Kadang memang sulit bagi introvert untuk mencairkan suasana dan mulai berbicara. Mengajukan pertanyaan dengan cara yang ringan dapat membantu mereka untuk terbuka dan berbicara tentang apa yang mereka sukai. Memperhatikan apa yang ingin mereka bicarakan panjang lebar juga bisa membantu. Setelah itu, kamu dapat mengajukan pertanyaan terkait topik yang menurutmu menarik bagi mereka. 

Bila kamu mendapati teman introvert dan ingin mengenal mereka lebih dalam, cara yang telah dijabarkan di atas bisa jadi alternatifmu untuk melakukan pendekatan dengan mereka. Tapi, bagaimanapun kamu perlu peka dan membaca situasi tentang keadaan mereka, yah!

Shasya Khairana Photo Community Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya