Comscore Tracker

Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Cemas adalah tanda stres yang tidak ditangani

Apakah kamu kerap merasa cemas, tapi tidak tahu apa penyebabnya? Perasaan cemas memang membuat tidak nyaman dan bahkan bisa mengganggu konsentrasi kerja. Terlebih apabila cemas itu tanpa alasan. 

Apabila kamu merasakannya, jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa memperburuk keadaan. Nah, berikut ini 5 cara ampuh untuk mengatasi rasa cemas yang terus menerus kamu rasakan. 

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Semangat Bekerja 

1. Tetapkan tujuan yang realistis

Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinyailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Kampus Productions)

Meskipun kamu mungkin dapat mencapai apa pun yang kamu pikirkan, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan hubungan, atau menghasilkan lebih banyak uang, penting sekali mempertimbangkan dengan cermat tingkat stres yang terlibat dalam apa pun yang ingin kamu lakukan.  

Pelajari sebanyak mungkin tentang orang, tempat, dan hal-hal dalam hidupmu. Apakah impianmu adalah memiliki finansial yang mapan, punya bisnis yang sukses, atau hanya ingin hidup bebas? Tapi perlu diingat bahwa tujuanmu harus realistis. Memiliki tujuan yang tidak bisa dijangkau hanya dapat membuatmu cemas jika semuanya tidak kunjung terealisasikan. 

2. Tetapkan batasan dengan orang lain

Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinyailustrasi kerja (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Semakin banyak konflik, semakin banyak stres. Kemudian semakin banyak stres, semakin banyak kecemasan. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengurangi gejala kecemasan dengan merawat pikiranmu dengan lebih baik. 

Ketika kamu menetapkan batasan tegas dengan orang lain, kamu memberi dirimu ruang emosional untuk memproses nilai hubungan menurut persyaratanmu. Biarkan orang-orang di sekitarmu tahu persis apa yang ingin kamu lakukan dan seberapa jauh kamu ingin melangkah. Pada akhirnya memiliki batasan akan membantumu menghindari perasaan kewalahan dengan menetapkan harapan yang realistis dan dapat dikelola dengan orang lain.

3. Mencatat semua kemajuan yang kamu miliki

Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinyailustrasi bekerja (pexels.com/burst)

Alih-alih mencoba mengatasi rintangan paling besar yang menghadangmu sekaligus, balikkan situasi dengan mengatasi masalah yang lebih kecil terlebih dahulu. Pertimbangkan untuk menghadapi tantangan yang kamu rasa dapat kamu tangani secara efektif dengan sedikit usaha. 

Carilah momentum saat kamu memimpin dengan kekuatanmu. Kemudian saat kamu mulai menerobos setiap rintangan di jalanmu, lakukan inventarisasi pribadi tentang pencapaianmu. 

Catat semua kemajuan yang dapat kamu buat di sepanjang jalan, serta bagaimana kamu dapat mengumpulkan keberanian dan ketabahan dalam diri untuk terus bergerak maju, bahkan di saat-saat tersulit dan gentingmu. Ini akan membantumu membangun rasa percaya diri yang lebih besar saat kamu merenungkan pencapaianmu sendiri sehingga semakin sedikit kecemasan yang akhirnya akan kamu rasakan.

4. Pacu dirimu

Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinyailustrasi pria tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu merasa cemas tanpa alasan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengatur kecepatan diri sendiri. Hidup adalah maraton, bukan lari cepat. Kunci umur panjang dalam apa pun yang kamu lakukan adalah mengatur kecepatan yang dapat diatur untuk menghindari kelelahan sebelum kamu mencapai garis finish.

Jadi, cobalah untuk tidak mendahului diri sendiri saat kamu berusaha keras dan melalui tantangan masalah yang akan datang yang pada akhirnya akan kita semua hadapi di sepanjang jalan dalam hidup. Roma tidak dibangun dalam sehari, begitu juga kerajaan pribadimu, tidak peduli seberapa hemat bahan bakar atau kewirausahaanmu, kamu harus terus memacunya.

5. Bicaralah dengan seseorang

Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinyailustrasi konsultasi (pexels.com/SHVETS Production)

Meluangkan waktu untuk membicarakan ketakutan terbesarmu dengan orang yang tepat dapat membantumu menembus, bahkan beberapa dinding kecemasan yang tampaknya tak tertembus. Terapi bicara berhasil jika kamu melakukannya. Kamu harus menyelidiki mengapa kamu merasakan hal itu dan dari mana perasaan itu berasal.

Dengan kata lain, jika kamu ingin mengubah buahnya, kamu harus mulai dari akarnya. Semakin kamu terbuka kepada orang lain tentang hal-hal yang membuatmu merasa cemas, semakin kecil kemungkinan hal-hal itu akan berdampak negatif pada kehidupanmu ke depan.

Meskipun selama ini kamu tampak tetap tenang, namun akan ada satu kondisi di mana kamu merasa cemas dan stres. Terlalu banyak stres pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai gejala kecemasan yang melemahkan, yang pada gilirannya berdampak negatif pada kualitas hidupmu.

Dengan mempelajari cara mengatasi kecemasan secara efektif, pada akhirnya kita dapat menjalani kehidupan yang lebih produktif dan menyenangkan. Semoga bermanfaat ya. 

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya