Comscore Tracker

Evaluasi Diri! 5 Sikap yang Membuat Kamu Dijauhi Teman

Tidak semua hal hanya tentang diri kamu saja

Seringkali seseorang tidak sadar bahwa apa yang dia lakukan ternyata membuat orang lain merasa tersinggung atau tidak nyaman. Karena tidak peka, maka perbuatan itu terus dilakukan. Padahal orang lain sudah memperlihatkan gerakan atau respons yang menandakan ketidaknyamanan itu. 

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena ego diri begitu besar dan hanya mau fokus pada diri sendiri saja tanpa memikirkan perasaan orang lain. Nah berikut beberapa sikap yang biasanya menjadi faktor mengapa teman akan menjauh dari kamu:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Selalu ingin menang sendiri

Evaluasi Diri! 5 Sikap yang Membuat Kamu Dijauhi Temanilustrasi mengancam (pexels.com/Alex Green)

Orang yang memiliki sikap seperti ini biasanya selalu menganggap bagian dari hidup ini adalah sebuah kompetisi. Dalam kompetisi, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Hanya saja ia tetap tidak mau kalah. 

Bahayanya, pola pikir ini akan mendorong orang tersebut supaya mendapatkan kemenangan dengan berbagai cara. Bahkan dia tidak akan peduli cara yang dilakukannya salah atau tidak.

2. Tidak mau membangun diskusi

Evaluasi Diri! 5 Sikap yang Membuat Kamu Dijauhi Temanilustrasi dua orang berbicara (pexels.com/mentatdgt)

Berdiskusi adalah cara yang paling tepat untuk menemukan kebenaran di antara perbedaan. Dalam sebuah lingkungan, bukan hal yang tidak mungkin jika ada beberapa orang yang berbeda pemikiran dengan kita.

Untuk mencari jalan tengahnya, berdiskusi adalah hal yang lebih cocok daripada berdebat tanpa ujung solusi. Berdiskusi bertujuan untuk bertukar pikiran, sedangkan berdebat bertujuan kekeh mempertahankan pikiran.   

3. Tidak mau menerima pendapat orang lain

Evaluasi Diri! 5 Sikap yang Membuat Kamu Dijauhi Temanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Pendapat seseorang tidak akan pernah didengar selama dia juga tidak pernah menyimak pendapat orang lain. Pendapat boleh berbeda, tetapi menghargai suara orang lain sangat penting. 

Walaupun pemikiran kamu berbeda, setidaknya dengarkan dulu apa yang orang lain katakan. Berikutnya, baru kamu bisa menyimpulkan. Perbedaan pendapat itu tentu adalah hal yang wajar karena setiap orang memiliki perspektifnya masing-masing. 

4. Merasa apa yang dikatakan selalu benar

Evaluasi Diri! 5 Sikap yang Membuat Kamu Dijauhi Temanilustrasi berbicara (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Tidak ada kata salah untuk orang yang memiliki sikap seperti ini. Dia selalu merasa semua yang dia lakukan dan katakan adalah benar. Bahkan dia berpikir orang-orang harus selalu mengikuti apa yang dia katakan.

Walaupun sudah jelas-jelas apa yang dikatakannya salah, dia tetap bersikeras bahwa apa yang dikatakannya benar. Kamu tidak akan pernah menang jika berdebat dengan orang seperti ini.

5. Tidak pernah mengakui kesalahan

Evaluasi Diri! 5 Sikap yang Membuat Kamu Dijauhi Temanilustrasi wanita marah terhadap pasangannya (pexels.com/Vera Arsic)

Kesalahan sebenarnya adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Tanpa kesalahan mereka tidak pernah akan belajar dan berkembang. Namun, ada beberapa orang yang malu terhadap kesalahan yang dia perbuat. 

Dia tidak akan pernah mengakui kesahalannya sendiri. Baginya, adalah sebuah aib apabila orang lain sampai tahu kesalahannya. Maka dia berusaha menutupinya atau bahkan sama sekali tidak mau mengakuinya. 

Nah itulah beberapa sikap yang akan membuat kamu dijauhi teman. Semoga informasi di atas bermanfaat ya dan membuat kamu lebih belajar ke depannya. 

Muhammad alvian Photo Community Writer Muhammad alvian

Hanya manusia yang juga mencintai manusia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya