Comscore Tracker

Tetap Semangat! 5 Cara Bangkit  Setelah Mengalami Kegagalan

Pantang menyerah hadapi tantangan

Setiap orang dalam menjalani kehidupan ini pasti pernah mengalami kegagalan. Penyebabnya bisa beragam, baik dalam percintaan, karier, maupun gagal dalam proses mencapai impian. 

Umumnya orang akan putus asa apabila mengalami kegagalan yang berulang. Tapi apakah kita akan berhenti begitu saja? Nah berikut beberapa cara untuk bangkit kembali setelah mengalami kegagalan:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Ubah mindset bahwa kegagalan kali ini bukan akhir dari segalanya

Tetap Semangat! 5 Cara Bangkit  Setelah Mengalami Kegagalanilustrasi kacamata (pexels.com/Steve Johnson)

Saat menemui kegagalan, hal pertama yang biasa ada di pikiran adalah merasa perjuangannya sia-sia. Kegagalan menjadikan pikiran tertutup sebab terlalu fokus pada hasil yang saat ini dianggap tidak sesuai dengan harapan. Padahal kegagalan kali ini bukanlah sebuah akhir dari segalanya. 

Masih ada kesempatan lagi di depan. Maka jangan buang waktu untuk larut dan sedih pada kegagalan. Ubahlah mindset-mu bahwa mungkin dengan kegagalan yang menimpamu kini dapat menjadi batu loncatan di kemudian hari. 

2. Evaluasi apa saja yang menjadi penyebab kegagalan

Tetap Semangat! 5 Cara Bangkit  Setelah Mengalami Kegagalanilustrasi wanita berpikir (pexels.com/Ivan Samkov)

Hal lain yang kemudian harus dilakukan adalah mengevaluasi diri. Mungkin kegagalan yang menimpamu disebabkan oleh kelalaianmu sendiri. Maka evaluasi sangat dibutuhkan untuk pembenahan diri.

Mencari tahu apa penyebab kegagalan, maka kemudian kamu bisa mencari solusi untuk masalah tersebut. Dengan begitu, kamu akan melupakan kekesalan dan kekecewaan. Cara ini dapat kamu lakukan saat mengalami kegagalan agar kamu bisa berjalan lagi menggapai impian. 

3. Refresing untuk menyegarkan otak

Tetap Semangat! 5 Cara Bangkit  Setelah Mengalami Kegagalanilustrasi wanita travelling (pexeles.com/Oleksandr Pidvalnyi

Kecewa karena kegagalan yang menimpa kadang membuat orang stres karena terus memikirkannya. Harapan yang tak sesuai kenyataan membuat hidup terasa berat. Apabila hal tersebut terjadi, maka kamu butuh mengistirahatkan otakmu.

Bisa dengan cara refresing, melakukan hal-hal yang disukai. Supaya diri kamu bisa menerima kanyataan. Refresing dapat mengembalikan kesegaran otak lho. Jadi kamu bisa bangkit lebih cepat saat menerima kegagalan. 

4. Belajar dari orang yang sudah berpengalaman

Tetap Semangat! 5 Cara Bangkit  Setelah Mengalami Kegagalanilustrasi sharing (pexels.com/Marcus Aurelius)

Belajar atau mencari pengalaman pada orang yang pernah sukses dalam bidang yang sama denganmu merupakan hal yang baik. Orang-orang tersebut pasti sudah mengalami proses yang panjang hingga bisa sukses. Jika kamu belajar dengan mereka, tentu akan mendapati pelajaran baru.

Seperti proses bagaimana ia menghadapi tantangan, termasuk bagaimana bangkit dari kegagalan ini. Pengalaman berupa pelajaran yang kamu dapatkan dari orang lain ini, akan sangat membantumu menambah pengetahuan dan wawasan mengenai cara menggapai impian. Kamu akan melihat sudut pandang yang berbeda ketika menerima kegagalan.

5. Menghilangkan pikiran ingin menyerah

Tetap Semangat! 5 Cara Bangkit  Setelah Mengalami Kegagalanilustrasi wanita tua duduk (pexels.com/Marcus Aurelius)

Kegagalan terkadang membuat kita sukses untuk mencoba lagi. Mungkin kenyataan tersebut terasa sangat menyakitkan. Semua orang pasti pernah di titik ingin menyerah ketika segala upaya sudah dikerahkan. 

Tapi ingatlah, bahwa tujuan yang kamu impikan harus digapai dengan kerja keras. Rintangan akan selalu ada. Walaupun sebenarnya hal itu yang membuat proses perjuangan semakin berkesan. Jadi jangan mudah menyerah untuk mencapai impian. Hilangkan pikiran-pikiran yang menghalau fokusmu. 

Bangkit dari rasa kecewa akan kegagalan itu bagi sebagian orang memang sulit. Tapi, yang bisa menolong adalah dirimu sendiri. Maka cobalah untuk menerapkan hal-hal di atas supaya dirimu bisa bangkit seutuhnya. 

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya