Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendam

Lepaskan semua beban di hatimu

Memendam emosi negatif itu tidak baik lho. Bukan tanpa alasan, karena emosi negatif akan membawa dampak buruk bagi fisik dan psikis seseorang. Jika terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin hidup akan menjadi kacau dan tidak karuan.

Keseimbangan emosi perlu diperhatikan agar tidak ada masalah yang akan menimpa di kemudian hari. Emosi negatif harus dilepaskan agar tidak menganggu. Lalu bagaimana cara ampuh untuk melepaskan emosi negatif yang terpendam? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Tips Mendamaikan Rekan Kerja yang Berkonflik

1. Lakukan hobimu

5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendamilustrasi wanita melukis (pexels.com/Jadson Thomas)

Memiliki hobi akan mempermudah untuk melepas emosi negatif. Hobi yang positif dapat menjadi media untuk mengekspresikan atau meluapkan emosi negatif yang selama ini terpendam. Menjalankan hobi bearti melakukan aktivitas yang disenangi dan membuat bahagia.

Cara ini bisa kamu terapkan saat merasa penuh akan energi negatif dan perlu untuk dikeluarkan. Perlu dicatat, sebaiknya hobi itu pun adalah hal yang positif. Harapannya agar peluapan emosi negatifmu dapat berubah menjadi positif.

2. Jauhi kecanduan media sosial

5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendamilustrasi wanita memegang hp (pexels.com/Cottonbro)

Cara lain untuk bisa meluapkan emosi negatif adalah menghindari sumber emosi negatif. Misalnya saat ini yang sangat dekat dengan masalah tersebut adalah gadget. Saat ini orang-orang lebih mudah merasakan stres akibat informasi negatif yang terbendung di internet.

Dengan menjauhinya, maka akan lebih mudah mengurangi emosi negatif yang terpendam. Kurangi penggunaannya, terlebih media sosial yang memuat informasi negatif. Apabila perlu, berpuasalah dari media sosial dengan tidak menggunakannya dalam jangka waktu tertentu.

3. Ekspresikan emosi dengan bercerita

5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendamilustrasi wanita bersedih (pexels.com/Alena Darmel)

Bercerita dianggap cara yang ampuh saat sedang memiliki masalah. Karena dengan bercerita kepada orang lain, maka dapat mengurangi rasa sesak di dada. Selain itu, dengan bercerita pada orang lain, kamu bisa mendapatkan umpan balik berupa solusi sehingga semakin cepat emosi negatif berkurang dalam dirimu.

Tapi yang perlu diingat, bahwa jangan sembarangan memilih teman bercerita ya. Pastikan orang tersebut berkarakter baik. Jangan sampai malah mengundang masalah baru. 

4. Menuliskan emosi pada diari

5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendamilustrasi menulis (pexels.com/Judit Peter)

Sarana lain, kamu bisa melepas emosi negatif dengan menulis. Aktivitas ini sangat menyehatkan pikiran. Apalagi saat diri dirundung emosi negatif terpendam dan tak berkesudahan.

Menulis bisa dilakukan di buku diari, note gadget, maupun media lainnya. Cara ini sekiranya dapat menyalurkan emosi negatif itu menjadi sebuah tulisan. Banyak yang tidak menyadari kalau cara ini ampuh untuk mengurangi emosi negatif.

5. Tidak memperburuk keadaan dengan overthinking

5 Cara Ampuh Melepas Emosi Negatif yang Terpendamilustrasi overthinking (pexels.com/Ron Lach)

Hal yang paling penting saat berusaha melepas emosi negatif yang terpendam adalah tidak overthinking. Alih-alih sembuh dari emosi negatif yang membawa dampak buruk, overthinking malah akan membuat emosi negatif menjadi bertambah. Hal yang seharusnya lebih mudah teratasi, malah semakin sulit.

Memikirkan hal yang belum tentu terjadi sangat tidak baik untuk kesehatan pikiran. Maka hindari overthinking saat berusaha melepas emosi negatif dan ubahlah menjadi pikiran positif yang akan memudahkan diri untuk melepas beban negatif.

Menjadi sosok yang memendam emosi negatif membuat diri sulit untuk berkembang. Nah bagi kamu yang selama ini masih memendam emosi negatif, bisa coba cara di atas ya!

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya