Comscore Tracker

Luangkan Waktu, 5 Ide Aktivitas Sederhana Bersama Orangtua

Ada banyak cara untuk membuat orangtua bahagia 

Berbagai kesibukan pekerjaan atau kuliah, kerap membuat kita memiliki waktu yang lebih sedikit untuk bersama kedua orangtua. Ketika ada kesempatan, cobalah untuk manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Ajak orangtua untuk mengobrol bersama atau pergi ke suatu tempat.

Sesungguhnya ada banyak sekali aktivitas sederhana yang bisa kamu lakukan bersama kedua orangtua. Tidak harus ke tempat mewah dan mahal. Terpenting kamu tulus dan bahagia ketika bersama mereka. Nah berikut beberapa ide aktivitas sederhana bersama orangtua:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Mengunjungi tempat favorit orangtua ketika mereka masih muda

Luangkan Waktu, 5 Ide Aktivitas Sederhana Bersama Orangtuailustrasi bersantai bersama ibu (unsplash.com/Dario Valenzuela)

Orangtua kita pernah muda pada waktunya. Ada banyak kenangan yang mereka buat jauh sebelum mereka memiliki kita saat ini. Mengenang kembali memori manis tersebut bisa diwujudkan dengan mengunjungi tempat favorit mereka.

Rencanakan jauh-jauh hari sehingga orangtua kita punya kesempatan untuk menghubungi sahabat atau kenalan yang menjadi bagian dari masa mudanya dulu. Nostalgia jadi lebih berkesan, tidak hanya karena tempatnya, namun juga karena orang-orangnya.

2. Mengunjungi restoran keluarga untuk mengenang kembali cita rasa dan memori yang ada 

Luangkan Waktu, 5 Ide Aktivitas Sederhana Bersama Orangtuailustrasi makan bersama keluarga (unsplash.com/nci)

Semasa kita masih kecil, ada beberapa kebiasaan yang membuat selalu terkenang akan betapa manisnya masa tersebut. Kenangan tersebut bisa jadi berupa tempat makan yang selalu dikunjungi dalam berbagai macam suasana.

Memori tersebut tidak hanya tersimpan dalam ingatan kita saja. Orangtua pun juga. Luangkan akhir pekan bersama orangtua dan keluarga untuk datang kembali ke tempat tersebut. Pesan makanan yang sama dan obrolkan hal-hal menarik yang pernah terjadi di tempat tersebut.

3. Membuat rencana liburan akhir tahun bersama-sama 

Luangkan Waktu, 5 Ide Aktivitas Sederhana Bersama Orangtuailustrasi ngobrol dengan ibu (pexels.com/Sergey Makashin)

Meski beberapa dari orangtua kita sudah lanjut usia, bukan bearti mereka tidak butuh liburan. Manfaatkan momen liburan panjang seperti di akhir tahun untuk mengajak mereka ganti suasana sembari berlibur.

Ajak mereka untuk berunding tentang destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Dengan menyertakan orangtua dalam pengambilan keputusan, tentu mereka akan jauh lebih antusias dalam menyambut liburan ini.

4. Ikut menjalankan hobi yang disukai orangtua

Luangkan Waktu, 5 Ide Aktivitas Sederhana Bersama Orangtuailustrasi belajar masak (unsplash.com/americanheritagechocolate)

Tidak hanya kita saja yang punya hobi, orangtua juga memilikinya. Ada berbagai macam hobi, misalnya memasak, menyanyi, berkebun, dan sebagainya.

Kalau bepergian menjadi pilihan yang kurang cocok, kegiatan dalam rumah ini bisa jadi solusi. Minta orangtua untuk mengajarkan hobi mereka. Selain memberi kesempatan bagi mereka untuk bersenang-senang, kamu juga akan belajar hal baru. Dengan begitu, orangtua akan merasa tidak sendirian.

5. Belanja kebutuhan bulanan sembari melengkapi kebutuhan pribadi orangtua 

Luangkan Waktu, 5 Ide Aktivitas Sederhana Bersama Orangtuailustrasi belanja bulanan (unsplash.com/Marie-Michèle Bouchard)

Saat masih anak-anak, kita tentu ingat momen di mana orangtua mengajak pergi ke pusat perbelanjaan. Kita sangat senang mengambil barang, kemudian memasukannya ke dalam keranjang tanpa khawatir soal harga.

Kini, giliran kita yang mengajak orangtua untuk berbelanja. Berikan kesempatan pada mereka untuk membeli apa yang mereka inginkan. Kita jadi bisa lebih tahu apa yang orangtua suka dan sekaligus melengkapi kebutuhan pribadi mereka.

Walau mungkin tidak setiap hari dilakukan, aktivitas bersama kedua orangtua pastinya membuat mereka merasa bahagia karena bisa menghabiskan waktu bersama anaknya. Jadi, aktivitas mana nih yang akan kamu lakukan?

Khariton Tjahjadi Photo Community Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya