Comscore Tracker

5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Buruk

Selalu ada hikmahnya, kok

Kehidupan yang secara gak langsung menuntut seseorang untuk terus begerak, namun terkadang kita tak memiliki arah yang akan dituju. Jadinya akan terasa berat begitu menjalaninya. Kondisi demikian dapat mengundang pola pikir negatif, rasa khawatir berlebih, hingga kegelisahan. Belum lagi perkara hidup ini penuh dengan ketidakpastian, membuat kita kerap overthinking mengenai hari-hari esok.

Rasa gelisah di hidupmu tentu sangat memengaruhi kondisi fisik maupun mental. Jika dibiarkan saja, hal tersebut akan menambah beban pikiran dan mengganggu produktivitasmu.

Terlepas dari hal itu, rasa gelisah sejatinya juga dibutuhkan dalam hidupmu. Sebab di balik ketidaknyamanan, ada beberapa hal baik yang diajarkan oleh kegelisahan dalam membentuk kualitas diri. Berikut beberapa alasannya.

Baca Juga: 6 Quotes Populer yang Maknanya Sering Disalahartikan

1. Membantu kamu menyadari bahwa ada sesuatu yang keliru dalam dirimu

5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Burukilustrasi wanita merenung (pexels.com/Rene Asmussen)

Apa yang kamu rasakan ketika kegelisahan mengusik hari-harimu? Tentu perasaan tidak nyaman, khawatir, bahkan cemas. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kegelisahan itu bisa datang?

Ternyata ada yang gak kamu sadari, bahwa terkadang rasa gelisah itu muncul lantaran ingin memberitahumu tentang sesuatu yang keliru. Misalnya, gelisah karena takut akan masa depan, maka kamu perlu melakukan sebuah tindakan. Akan keliru apabila kamu hanya berdiam diri lantaran terjebak dengan kegelisahan, justru hal itu yang bisa membuatmu gak berkembang.

Baca Juga: Sering Cemas Tanpa Alasan? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasinya

2. Menjadi pengingat bahwa kamu butuh perubahan

5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Burukilustrasi wanita melamun (pexels.com/Los Muertos Crew)

Sejatinya rasa gelisah itu pasti akan hadir dalam kehidupan setiap orang. Ketahuilah, bahwa kehadirannya pun bukan tanpa alasan. Sebab itu menjadi pengingat bahwa kamu butuh perubahan.

Jadi rasa tidak nyaman itu sebagai pelecut biar kamu semangat untuk bertindak nyata agar keluar dari belenggu kegelisahan.

3. Membuatmu terus bergerak maju

5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Burukilustrasi orang merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu harus menyambut rasa gelisah dari sisi positifnya supaya benar-benar terbebas dari rasa gelisah. Sehingga, karena tidak ada pilihan lagi, akhirnya kamu memaksa diri untuk bergerak maju agar tidak terjebak dalam kegelisahan tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

4. Meningkatkan motivasi di dalam dirimu

5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Burukilustrasi gelisah (pexels.com/Dids)

Meski kegelisahan terasa tidak nyaman, terkadang di satu sisi, ia mampu menjelma menjadi stimulus yang dapat mendorongmu melakukan suatu hal. Pasalnya, seseorang butuh rasa tidak nyaman agar mampu mendapatkan motivasinya kembali. Kemudian bangkit untuk melakukan perubahan.

5. Membantumu untuk menemukan nilai penting dalam hidup

5 Alasan Hidup Kamu Harus Gelisah, Gak Melulu Burukilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Khoa Võ)

Rasa gelisah sejatinya memiliki keuntungan tersendiri. Satu di antaranya membantumu menemukan nilai dalam hidup. Sebab, kehadiran rasa gelisah itu akan mendorongmu untuk mencoba mengidentifikasi penyebabnya.

Menyadari bahwa dirimu punya rasa takut atau cemas, maka itulah titik awal untuk menemukan sesuatu hal yang benar-benar kamu hargai. Hal tersebut juga menjadi gerbang awal bagimu untuk menemukan nilai penting atau makna dari hidup ini.

Itulah lima alasan hidup kamu harus gelisah. Gak melulu buruk, kan? Asalkan lihai memandang hal itu dari perspektif lain, maka dapat dipastikan kamu akan menemukan kebaikan di baliknya.

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya