Comscore Tracker

Melatih Otak, 5 Manfaat Membaca Secara Rutin

Coba lakukan setiap pagi atau malam hari ya

Buku tidak hanya menjadi sumber informasi. Dengan membaca buku secara rutin, tidak hanya memberikan wawasan tentang dunia ini. Namun dapat menambah pengetahuan terkait hal-hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Banyak negara-negara maju yang masyarakatnya suka sekali membaca, sebut saja Jepang, Belanda, juga German. Masyakarat negara maju mempunyai kesadaran akan tingginya minat membaca buku untuk menambah pengetahuan mereka. Bahkan di Jepang membaca sudah menjadi kebiasaan rutin. Bahkan saat menunggu kereta datang sekalipun mereka tetap membaca.

Bagi kamu yang masih penasaran mengapa seseorang suka membaca, simak yuk di bawah ini manfaat membaca buku secara rutin:

Baca Juga: 5 Life Hack saat Malas Mengerjakan Tugas, Pernah Mencoba?

1. Menambah informasi terbaru 

Melatih Otak, 5 Manfaat Membaca Secara Rutinilustrasi membaca buku(pexels.com/andreapiacquadio)

Dengan membaca buku, maka otak akan menerima informasi baru yang mungkin belum kamu dapatkan sebelumnya. Informasi yang disampaikan biasanya jauh lebih lengkap ketimbang mendapatkannya dari sumber di internet.

Misalnya saja ketika kamu membaca buku tips dan cara menanam cabai, maka di dalam sebuah buku, kamu akan mendapatkan penjelasan yang detail terkait cara, tips, bahkan untuk mengatasi hama yang kerap menyerang cabe. Semua informasi tersebut, terangkum dalam satu buku secara lengkap dan jelas.

2. Mengubah pola pikir 

Melatih Otak, 5 Manfaat Membaca Secara Rutinilustrasi membaca buku(pexels.com/rodnaeproductions)

Membaca buku dapat mengubah pola pikir manusia. Banyak sekali orang-orang hebat di dunia ini yang kemudian menjadi pengubah dunia, baik itu dalam bidang sains, fisika, teknologi, bahkan spiritual.

Pola pikir tersebut akan berubah seiring banyaknya pengetahuan dan informasi yang masuk. Dengan membaca buku, maka akan memberikan ide positif dan tentunya akan memberikan hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Mereka yang sebelumnya malas dalam berusaha, mungkin saja akan terinspirasi dengan cerita di buku dan mulai tergerak untuk bertindak.

3. Mencerdaskan otak 

Melatih Otak, 5 Manfaat Membaca Secara Rutinilustrasi membaca buku(pexels.com/rodnaeproductions)

Membaca buku tentu dapat mencerdaskan otak manusia. Otak akan menerima banyak sekali informasi yang kemudian diolah dan menjadi sebuah ilmu dan pengetahuan yang baru.

Dengan membaca buku, maka otak akan diajak untuk terus berpikir dan bukan tidak mungkin, akan lahir ide dan inovasi baru dari kebiasaan membaca tersebut.

4. Membantu menulis dengan baik 

Melatih Otak, 5 Manfaat Membaca Secara Rutinilustrasi menulis buku(pexels.com/rf._.studio)

Kamu tidak akan bisa menjadi seorang penulis yang handal jika tidak membiasakan diri dengan membaca secara rutin. Karena dengan membaca, maka otak akan menerima kosa kata baru, yang bisa membantu dalam merangkai kalimat dan kata dengan benar.

Semua penulis terbaik di dunia saat ini, memiliki kebiasaan membaca yang baik. Mereka akan membaca  buku apa saja dan tentu saja akan mendapatkan ilmu dan wawasan terbaru. Kebiasaan tersebut akan mempermudah mereka dalam menerjemahkan informasi yang mereka dapatkan sebelumnya dalam sebuah tulisan.

5. Terhindar dari rasa stres

Melatih Otak, 5 Manfaat Membaca Secara Rutinilustrasi membaca buku(pexels.com/christianbenavides)

Membaca ternyata bisa mengurangi stres karena ketika kamu membaca buku yang disukai, maka otak akan merespons semua informasi tersebut dengan sangat baik. Membaca akan membuat diri menjadi lebih relaks dan mengurangi tingkat stres. Kemudian perlahan-lahan akan memberikan sebuah solusi dari permasalahan yang tengah kita hadapi.

Dengan membaca buku secara rutin, stres dapat dikontrol dan kemudian bisa lebih mengendalikan dan mengubahnya menjadi hal yang lebih positif. Itulah beberapa manfaat dari membaca buku secara rutin. Otak pun akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah yang dapat mengurangi kemampuan otak, baik dari segi memori maupun kemampuan kecerdasan.

febi wahyudi Photo Community Writer febi wahyudi

Seorang pecinta alam dan menyukai dunia menulis serta membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya