Comscore Tracker

Sering Bergadang? Ini 5 Tips Ampuh Biar Tidur Teratur

Jangan sampai mengorbankan kesehatanmu ya

Saking padatnya aktivitas, seringkali kita tidak memberikan waktu yang cukup pada tubuh untuk istirahat. Padahal istirahat yang cukup penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Terlebih bagi kamu kaum muda yang mungkin hobi bergadang karena tuntutan pekerjaan ataupun tugas kuliah.  Jangan sampai jam tidurmu terbalik dan justru tidur di siang hari dan beraktivitas pada malam hari. Mulai benahi pola kamu yuk dengan tips di bawah ini, biar tidur teratur:

Baca Juga: 6 Kebiasaan Makan yang Bisa Memicu Insomnia, Hindari yuk!

1. Jangan banyak tidur di siang hari

Sering Bergadang? Ini 5 Tips Ampuh Biar Tidur Teraturilustrasi tidur siang (pixabay.com/StockSnap)

Seringkali kita gak bisa tidur di malam hari karena terlalu banyak tidur siang. Terkadang kita terlalu capek sehingga butuh tidur siang. Tetapi apabila terlalu lama tidur di siang hari, juga tidak baik bagi tubuhmu.

Kamu bisa membatasi tidur siangmu cukup 30 menit sampai 1 jam saja untuk menghilangkan lelah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan di siang hari supaya tidak merasa bosan sehingga cepat mengantuk.

2. Mulai dari sekarang atur waktu tidurmu

Sering Bergadang? Ini 5 Tips Ampuh Biar Tidur Teraturilustrasi jam tidur (pixabay.com/congerdesign)

Tidur secara teratur dapat menghentikan kebiasaan bergadang. Kamu bisa mengatur jadwal kegiatan agar tidak lupa waktu saat mengerjakan pekerjaan. Selain itu kamu dapat mengatur pengingat tidur di gadget atau membatasi kegiatanmu sampe pukul 10.00 malam saja.

Setelah tubuhmu terbiasa tidur secara terjadwal, maka dengan sendirinya tubuhmu akan terbiasa tidur tepat waktu. Coba mulai sekarang atur ya. 

3. Tenangkan pikiran kamu dari hal-hal yang mengganggu

Sering Bergadang? Ini 5 Tips Ampuh Biar Tidur Teraturilustrasi menenangkan diri (pixelbay.com/StockSnap)

Penyebab susahnya tidur adalah kamu overthinking. Apalagi ketika malam hari kamu sendirian di kamar. Seringkali ketika sendirian, akan muncul pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan kamu sulit tidur dan berakhir dengan bergadang.

Guna menenangkan pikiranmu, tarik napas dan atur secara perlahan. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan ketenangan. Selain itu, kamu juga bisa minum segelas air supaya lebih tenang.

4. Jauhkan gadget saat hendak tidur

Sering Bergadang? Ini 5 Tips Ampuh Biar Tidur Teraturilustrasi begadang (pixelbay.com/StockSnap)

Seringkali orang tidak bisa tidur karena sedang asyik bermain game, nonton film, ataupun video hiburan. Saking asyiknya main game dan nonton, kita akan terlena dan lupa waktu dan berakhir tidur larut bahkan dini hari.

Bagi kamu yang kesulitan tidur, maka bisa mematikan gadget atau  menjauhkan jangkauannya dari tanganmu supaya kamu tidak tergoda untuk main gadget terus. Kamu bisa menaruh gadgetmu di meja yang letaknya cukup jauh dari kasur. 

5. Matikan lampu saat tidur 

Sering Bergadang? Ini 5 Tips Ampuh Biar Tidur Teraturilustrasi lampu tidur (pixabay.com/simonprodl)

Mematikan lampu menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang kesulitan untuk tidur. Dengan kondisi ruangan yang gelap, maka kamu akan cepat mengantuk dan terlelap.

Tenang, bagi kamu yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap, bisa menggunakan lampu tidur supaya kamarmu gak gelap-gelap banget.

Itulah 5 tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kebiasaan bergadang karena bergadang dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Yuk mulai sekarang perbaiki pola tidur kita supaya tubuh sehat dan bugar serta terbebas dari penyakit.

diana elisa Photo Community Writer diana elisa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya