Comscore Tracker

5 Afirmasi Positif, Cocok Diterapkan Setiap Hari

Pikiran kita menjadi lebih tenang dan damai

Adakalanya seseorang mengalami kebosanan dalam rutinitas sehari-hari. Dalam keadaan seperti ini, seseorang perlu memiliki kemampuan dalam mengelola mindset agar tetap semangat dalam menjalani rutinitas. Pengelolaan mindset dapat dilakukan dengan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri. 

Afirmasi positif akan memberikan penguatan atau peneguhan positif kepada mindset agar berperilaku sebagaimana yang diafirmasikan. Seseorang yang dapat mengafirmasi diri dapat memberikan dampak positif seperti ia dapat memvisualkan berbagai hal baik dan meningkatkan rasa percaya diri. Apa saja afirmasi positifnya? Yuk, simak beberapa afirmasi positif yang bisa kamu terapkan dalam keseharian!

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Jangan menyerah jika plan A gagal, masih ada plan B-Z 

5 Afirmasi Positif, Cocok Diterapkan Setiap HariIlustrasi wanita sedang menulis (pexels.com/Melvin Vito)

Tidak semua yang kita kerjakan berjalan mulus tanpa halangan dan rintangan. Sekali dua kali pasti seseorang pernah merasakan kegagalan. Merasakan kegagalan bukanlah suatu hal buruk. Ketika mengalami kegagalan atau rencana yang tidak sesuai dengan keinginan, janganlah langsung patah semangat dan kehilangan arah.

Bisa jadi rencanamu bukanlah yang terbaik saat ini. Terus coba memperbaiki dengan cara yang lebih baik. Belajar dari kegagalan yang pernah dialami dan mengambil point penting untuk menjadikannya keberhasilan. Masih banyak cara jika plan A gagal, ada plan B -Z untuk dicoba. Semangat yaa!

2. Tidak perlu terlalu memedulikan perkataan orang lain

5 Afirmasi Positif, Cocok Diterapkan Setiap HariIlustrasi dua orang sedang berbincang (pexels.com/Buro Millennial)

Sering kali kita terpengaruh oleh perkataan orang lain. Sadar atau tidak, penilaian orang lain akan penjadi tolak ukur perkembangan diri. Perkembangan seseorang dengan orang lain tidaklah selalu sama.

Setiap orang memilki timeline sendiri dalam mencapai atau mewujudkan asa dan cita. Dengan begitu kamu tidak perlu menyamakan pencapaianmu dengan orang lain. Tidak perlu standar orang lain untuk menentukan kesuksesan diri.

Tidak semua perkataan orang perlu langsung dilakukan. Cukup mengambil hal baik dan membuang sisi buruknya. Kamu adalah orang yang paling tahu kemampuan diri sendiri, apa yang diinginkan dan bagaimana cara meraihnya. Just be yourself!

3. Lakukan apa yang membuatmu bahagia, waktu tidak akan kembali 

5 Afirmasi Positif, Cocok Diterapkan Setiap HariIlustrasi wanita sedang menikmati waktu luang (pexels.com/Melvin Vito)

Kadang karena rutinitas kesibukan sehari-hari, banyak orang melupakan pentingnya untuk rehat sejenak. Jeda yang dimaksud adalah istirahat sejenak dari hiruk pikuk kesibukan, tumpukan deadline, dan presentasi.

Bari sedikit ruang bagi diri untuk rehat sejenak, melakukan berbagai hal yang menyenangkan yang belum sempat dilakukan karena kesibukan yang ada. Walau hanya hal sederhana, sempatkanlah meski hanya sesekali karena momen tidak akan pernah kembali. Be happy!

4. Berani berkata tidak

5 Afirmasi Positif, Cocok Diterapkan Setiap HariIlustrasi wanita sedang bebas berpendapat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak semua validasi dapat diterima. Kamu berhak menolak jika tidak sesuai dengan keinginan atau prinsipmu. Tidak perlu merasa tidak enak. Setiap orang memilki pendapat masing-masing.

Belum tentu menolaknya merupakan hal buruk, begitu pula sebaliknya. Semua yang menjadi prioritasmu akan tetap menjadi hakmu. Tidak semua hal perlu dilakukan. Just focus on yourself, not others!

5. Tidak semua perlu diketahui

5 Afirmasi Positif, Cocok Diterapkan Setiap HariIlustrasi wanita sedang membaca buku (pexels.com/Gustavo Fring)

Banyaknya momen yang telah dilalui, tentunya juga akan memunculkan banyak pertanyaan. Baik yang telah terjadi atau bahkan belum terjadi. Tidak perlu mengkhawatirkan apapun. Kamu hanya perlu meyakini bahwa jalan yang kamu lalui sudah benar. Fokus pada jalan yang ada di depan. Sesekali lihatlah ke belakang untuk merefleksikan diri. Tetap berproses menjadi baik di mana pun jalannya.

Dengan menerapkan afirmasi positif kepada diri akan menumbuhkan energi positif kepada mindset dan mengubah energi negatif menjadi energi positif. Seseorang akan lebih bersemangat jika terus menerapkan afirmasi positif dalam kehidupan sehari-hari. Spread positive vibes!

Dewi Septiyani Photo Community Writer Dewi Septiyani

a girl who loves paint, write and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya