Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini 

Musisi Bali yang senantiasa aktif berkarya

Denpasar, IDN Times – Masih ingat grup band indi asal Bali, Nosstress? Ada yang unik dari album yang dirilis tahun ini. Judulnya ternyata diambil dari salah satu lagu yang pernah diluncurkannya pada tahun 2009 lalu. Karya teranyar Nosstress ini disebut relate dengan kondisi pandemik saat ini. Kok bisa sih? Yuk cek di bawah ini enam fakta album Istirahat karya Nosstress.

1. Single Istirahat yang rilis tahun 2009 diapresiasikan untuk Hari Raya Nyepi

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini Nosstress (Dok.IDN Times/Nosstress)

Menurut cerita gitaris sekaligus vokalis Nosstress, Man Angga, pada tahun 2009 lalu grup bandnya telah merilis single berjudul Istirahat. Saat itu diapresiasikan untuk Hari Raya Nyepi. Mengapa? Karena Hari Raya Nyepilah yang mampu mengistirahatkan Pulau Bali, meski hanya satu hari saja.

"Bagi yang sudah pernah mengalami Nyepi dan mengetahui bagaimana dampak alamnya, tentu juga membayangkan bagaimana jika yang istirahat bukan hanya Bali, tapi Indonesia, atau seluruh dunia,” ungkapnya pada Kamis (22/7/2021).

2. Istirahat bukan hanya sekadar suara dari Nosstress

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini Nosstress (Dok.IDN Times/Nosstress)

Man Angga mengatakan bahwa sudah hampir satu setengah tahun pagebluk melanda Indonesia. Menurutnya alam raya kembali diistirahatkan oleh pandemik COVID-19 yang bahkan hingga saat ini belum juga mereda.

Ia dan rekan-rekannya kemudian tersadar dengan salah satu judul lagu yang pernah mereka rilis tahun 2009 lalu. Istirahat, kata tersebut menyadarkan mereka dengan kondisi dunia saat ini.

“Kemudian pandemik melanda. Memaksa kita untuk istirahat. Kami menjadi sadar, lagu Istirahat mungkin bukan hanya sekadar suara dari kami. Mungkin ia adalah kehendak sederhana dari alam, yang tak henti kita injak, tanpa istirahat," ungkapnya.

3. Nosstress juga memilih istirahat manggung

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini Nosstress (Dok.IDN Times/Nosstress)

Tak hanya lagu dan albumnya saja yang istirahat di sini. Grup band ini juga beristirahat sejenak untuk tidak manggung saat pandemik. Selama pagebluk ini Man Angga mengungkapkan Nosstress hanya memilih beberapa tawaran manggung saja. Selebihnya beristirahat dari gelaran panggung musik luring juga daring.

"Pandemik bagai rem peringatan akan jalur yang menyimpang. Memberi waktu istirahat, ingat bahwa keluarga, kawan, serta alam tercinta adalah kekayaan kita yang paling berharga," katanya.

Diakuinya, pandemik ini juga memberikan waktu istirahat nan luang bagi Nosstress. Perlahan belajar bertahan bagaimana menghadapi perubahan, bersiasat merayakan kehidupan di tengah kesulitan. Mereka memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dan pelan-pelan merampungkan album terbarunya ini.

4. Album keempat Nosstress, Istirahat dirilis 14 Juli 2021

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini Nosstress (Dok.IDN Times/Nosstress)

"Istirahat" menjadi tajuk utama album keempat Nosstress yang dirilis pada 14 Juli 2021 lalu. Album keempat Nosstress telah resmi dilepas dan bisa dinikmati di berbagai gerai musik digital. Ia menyebutkan, total ada 14 nomor anyar mengisi album ini. Termasuk lagu Istirahat itu sendiri.

Partnernya bermusik, gitaris sekaligus vokalis Nosstress, Guna Warma, menambahkan, bahwa setiap lagu mempunyai kisahnya sendiri. Sama seperti album sebelumnya yang bersumber dari keseharian. Apa yang mereka lihat, alami, dan rasakan.

"Cukup banyak lagu di album kami kali ini, dengan beragam kisah. Sepertinya bahasa kami tak sulit. Yang kami tulis adalah yang kami maksud. Harapan besar dari kami, silakan pendengar menyimak lagu kami, hingga dapat memaknai lagu ini dengan pemikiran masing-masing," kata Guna.

5. Berkolaborasi dengan seniman mural Wild Drawing

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini Pexels/Elina Sazonova

Dalam album ini, suara Pianika, Cok Bagus Pemayun masih terdengar di beberapa lagu. Cok, sapaan akrabnya, dikabarkan telah mengundurkan diri di tengah-tengah pembuatan album ini. Namun begitu, nama Cok tetap tercatat sebagai musisi pendukung untuk album Istirahat ini.

Selain itu banyak juga deretan musisi yang mengisi album ini. Termasuk juga berkolaborasi dengan seniman mural mendunia, Wild Drawing, yang kini menetap di Athena, Yunani.

6. Istirahat dapat membantu melihat apa yang sesungguhnya penting bagi hidup

6 Fakta Menarik Album Istirahat Nosstress, Relate dengan Kondisi Kini pexels.com/Hassan OUAJBIR

Menurut Guna, fisik album ini akan dirilis menyusul. Mereka sengaja memberikan jeda waktu terlebih dahulu agar pendengarnya menikmati setiap lagunya.

"Begitu banyak realitas sosial terlupakan dari kehidupan yang serba cepat ini. Kebahagiaan sederhana seolah tergilas oleh peristiwa yang terjadi dengan cepat dan silih berganti. Istirahat mungkin dapat membantu kita melihat apa yang sesungguhnya penting bagi hidup. Membedakan dengan jelas antara keinginan dengan kebutuhan," ungkapnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya