Comscore Tracker

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!

Jangan dianggap sepele ya

Apakah ada orang yang tidak pernah merasa stres dalam hidupnya? Berbagai kalangan, baik muda maupun tua, laki-laki maupun perempuan, pasti memiliki permasalahan tersendiri yang harus mereka hadapi. 

Sesungguhnya ada beragam cara untuk menghadapi stres. Ada yang memilih untuk diam dan tidak melakukan apapun. Cukup hanya dengan tidur sudah mampu mengurangi stres. Namun ada juga orang yang memilih melakukan berbagai aktivitas untuk mengalihkan perhatian mereka dan lebih menenangkan. Nah berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Naik gunung

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!pixels.com/www.EPiC VIDEO.es

Hobi yang kita kira hanya untuk orang-orang kuat mendaki ini sebetulnya bisa dijadikan kegiatan untuk kita menenangkan diri. Bagi kamu yang tidak pernah sama sekali mendaki gunung, kamu bisa memulai dengan gunung yang memiliki ketinggian rendah.

Disarankan untuk pemula melakukan pendakian yang tidak terlalu ekstrem dan melelahkan. Meskipun akan perlu energi ekstra, tapi setidaknya aktivitas ini bisa mengalihkan perhatian dari stres yang dirasakan. 

2. Berkendara atau bersepeda

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!pixels.com/Do Castle

Menyusuri jalanan kota menikmati city light, atau menikmati indahnya perkebunan, dan jalanan pedesaan bisa dijadikan referensi kegiatan untuk kamu lakukan. Tapi pastikan bukan jalanan yang macet ya, bisa-bisa yang ada malah tambah stres.

Dengan cara seperti ini, kamu juga dapat lebih slow menikmati sesuatu yang ada di sekitarmu. Barangkali selama ini kamu hanya lewat saja tanpa memberikan perhatian apapun. 

3. Berkumpul dan berbincang dengan teman

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!pixels.com/Kindel Media

Tidak dipungkiri, berbincang dengan teman yang menurut kita satu frekuensi adalah salah satu cara untuk mengurangi masalah yang ada. Bahkan dengan berbincang, tidak dapat dipungkiri juga kita bisa menemukan solusi akan hal yang membuat kita stres.

Melakukan interaksi dan mengobrol dengan teman juga membuat kita tidak merasa sendiri menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Selain itu kamu bisa terhibur oleh teman yang suka humor. 

4. Olahraga ringan

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!pixels.com/RF._.studio

Olahraga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, melainkan juga ampuh untuk mengurangi stres juga loh. Menurut ilmuwan, stres memengaruhi kondisi tubuh seseorang, sehingga olahraga termasuk cara untuk mengurangi stre.

Olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu yoga, berenang, bulu tangkis, atau cuma sekadar jogging saja. Cara seperti ini juga sangat membantu kamu lebih sehat secara batin ya.

5. Tenangkan pikiran

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!pixels.com/Kelvin Valerio

Apa saja kegiatan yang bisa menenangkan pikiranmu? Setiap orang pasti punya cara yang berbeda-beda. Misalkan ada yang lebih suka melihat indahnya alam yang masih asri, menikmati air terjun, pemandangan pegunungan yang menyejukan atau hanya sekadar mendengarkan lagu favorit.

Nah kalau kamu paling suka cara yang mana untuk menenangkan pikiran?

6. Kembangkan hobi

5 Kegiatan untuk Menghilangkan Stres, Cukup Sederhana Lho!pixels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang pasti memiliki hobi, entah secara rutin dilakukan ataupun tidak. Melakukan kegiatan yang menjadi hobi kita mampu mengurangi stres lho. Pastikan hobi yang dilakukan sangat kamu sukai sehingga dalam pengerjaannya tidak ada beban sama sekali. 

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres?

Annisa Fitriyani Photo Community Writer Annisa Fitriyani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya