Comscore Tracker

5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lain

Coba hadapi dengan cara yang elegan ya

Menerima kritik termasuk bagian dari proses meningkatkan kemampuan diri. Memang tidak mudah menerima kritikan dari orang lain. Ada orang yang menyampaikannya secara halus, sehingga mungkin kamu lebih mudah menerimanya. Namun, ada pula orang yang mengkritik dengan pedas, sehingga bisa membuatmu sampai sakit hati.

Nah, apakah kamu pernah mendengar solusi cerdas untuk menghadapi kritik pedas? Simak dulu yuk di bawah ini tipsnya!

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Tahan emosi untuk membalas kritikan

5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lainilustrasi perdebatan di kantor (pexels.com/Yan Krukov)

Banyak orang yang menganggap kritik adalah serangan untuk menjatuhkan lawan. Sebenarnya tidak selalu berlaku demikian. Ada juga orang yang benar-benar mengkritik agar kamu bisa berubah menjadi lebih baik. Jadi cobalah untuk menahan emosimu. Jangan membalas kritikan dengan kritik lain, bahkan sampai emosi dan marah kepada temanmu yang mengkritik.

Pasti tidak mudah untuk menahan emosi dan bersabar setelah dikritik. Namun tak ada salahya dicoba. Dengan demikian, kamu akan meredam konflik yang lebih parah. Apalagi kalau kritik dari orang terdekat, jangan sampai hubungan renggang hanya karena kamu tak bisa menerima kritik. Bijaklah bersikap saat dikritik. Itu adalah solusi pertama yang bisa kamu lakukan saat mendapatkan kritik dari orang lain.

2. Jangan panik terhadap kritik yang diberikan

5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lainilustrasi ekspresi panik (pexels.com/Toni Ferreira)

Saat mendapatkan kritik dari orang lain, biasanya respone pertama yang paling umum terjadi adalah marah dan panik. Serangan panik terjadi karena takut dan bingung bagaimana cara menanggapi kritik dari orang lain. Coba tenangkan diri dahulu, bersikap tenang akan membuatmu jauh dari rasa panik.

Jangan panik terhadap kritikan yang dilontarkan padamu. Anggaplah kritik sebagai masukan yang baik bagimu. Jika kamu bisa menyikapi kritik dengan hal positif, maka justru akan membangun.

3. Pahami orang yang mengkritikmu

5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lainilustrasi pasangan mengkritik (pexels.com/Alex Green)

Sebenarnya ada etika dalam menyampaikan kritik. Tetapi sebagian besar orang mengkritik tanpa memerdulikan etika. Kritik langsung dilontarkan dalam bentuk sindiran pedas yang bertujuan menjatuhkan. Tapi ada pula orang yang mengkritik pedas hanya untuk menutupi kekurangan diri mereka sendiri. Tak jarang mereka mengkritik untuk mendapatkan kesenangan pribadi karena merasa terancam.

Memahami perasaan orang yang mengkritikmu akan membuatmu menjadi lebih baik. Cobalah bantu orang yang mengkritikmu untuk mengatasi kecemasan dalam dirinya. Bukan cuma dirimu yang akan terlindungi dari kemarahan yang sia-sia, kamu pun bisa membantu orang yang mengkritikmu menjadi lebih tenang.

4. Pikirkan kebenaran dalam kritik yang diberikan

5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lainilustrasi pria berpikir (pexels.com/cottonbro studio)

Solusi cerdas hadapi kritik yang pedas adalah mencoba memikirkan kebenaran dalam kritik orang lain. Memang mungkin banyak orang yang menyampaikan kritik dengan cara yang tidak baik, tetapi cobalah pikirkan yang bisa kamu ambil dari kritik yang diberikan padamu. Ambil kritik yang bermanfaat dan acuhkan kritik yang tak berguna.

Mungkin memang benar, ada sesuatu yang perlu kamu ubah untuk meningkatkan kualitas diri. Coba cermati kritiknya, berkacalah pada diri sendiri. Apakah memang benar kamu seperti itu?

5. Buat resolusi yang harus kamu lakukan

5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lainilustrasi foto tulisan resolusi (pexels.com/Breakingpic)

Setelah menerima kritik dari orang lain, maka saatnya kamu mencari resolusi yang harus dilakukan. Berpikirlah apa yang perlu kamu ubah setelah mendapatkan kritik dari seseorang. Jika kamu sudah berhasil mendapatkan solusi, artinya kamu sedikit lagi akan berhasil meningkatkan kualitas diri.

Hal yang tersulit dalam hidup adalah menerima kritik dan mampu mengubah kritik menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas diri. Baik itu dalam pekerjaan maupun kehidupan personalmu. Cobalah menerapkan solusi cerdas hadapi kritik dari orang lain ini dalam hidupmu. Jangan menyerah, kritik bukan halangan untuk maju ke depan!

Airani Listia Photo Community Writer Airani Listia

Bersyukurlah di setiap waktu, dan bahagiakan dirimu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya