Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi Momongan

Saling mendukung dan mendoakan tentu jauh lebih baik ya

Hampir semua pasangan yang telah menikah pasti mengharapkan momongan untuk semakin melengkapi kehidupan rumah tangganya. Harapan ini sejatinya bukan hanya datang dari pasangan itu saja, namun juga keluarga dari masing-masing pasangan.

Sayangnya tak semua orang memiliki jalan yang mulus untuk memperoleh kehamilan dengan segera. Ada pula yang harus menunggu lama atau mungkin didiagnosis tak dapat memiliki keturunan.

Lalu hal yang kemudian dipikirkan adalah bagaimana caranya agar bisa memberikan pengertian kepada keluarga. Apabila kamu berada dalam situasi seperti ini, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menghindari tekanan keluarga sehingga kamu tidak terus menerus didesak. 

Baca Juga: Ciri-ciri Kamu sedang Dimanipulasi Pasangan, Jangan Sampai Lengah

1. Selalu terbuka dengan keluarga

5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi Momonganilustrasi orangtua (unsplash.com/@chrishcush)

Tips pertama adalah dengan tetap menjaga keterbukaan dengan keluarga dan jangan coba-coba menutupi kondisi yang kamu hadapi. Bersikap terbuka akan membuat kamu dan keluarga tetap merasa nyaman.

Apabila kamu terus menutupinya, maka keluarga juga akan terus mendorongmu sebab mereka tidak tahu apa sebenarnya yang tengah kalian hadapi. Justru keterbukaan tersebut akan membuatmu memperoleh lebih banyak informasi yang akan membantumu dalam mendapatkan momongan. Tak perlu merasa malu untuk bercerita dengan keluarga sendiri.

2. Banyak meminta nasihat dari keluarga

5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi Momonganilustrasi meminta nasehat (unsplash.com/@mannyb)

Keluarga sejatinya adalah tempat untukmu dalam bercerita dan mencari nasihat. Persoalan mengenai momongan sering kali menjadi topik sensitif yang harus dihadapi oleh pasangan, apalagi jika semuanya tak berjalan seperti yang diharapkan.

Itulah mengapa nasihat dari keluarga sangat penting untuk menentukan sikapmu ke depannya. Jangan sampai kamu terlalu acuh sampai seolah tak memerlukan nasihat keluarga ya.

3. Tidak merasa gengsi dan takut dengan keluarga

5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi MomonganIlustrasi takut ( Pexels.com/MIXU)

Banyak pasangan yang melakukan kesalahan dengan menutupi soal momongan dari keluarganya. Alasannya justru disebabkan karena seringkali merasa gengsi atau takut akan stigma yang akan diberikan oleh keluarga.

Rasa takut tersebut justru hanya akan membuat kamu dan pasangan semakin merasa stres sebab tak menemukan solusi apa pun. Lebih baik bercerita, sebab keluarga akan memberikan nasihatnya, dari pada kamu sibuk memikirkan rasa takut, apalagi gengsi. Persoalan kehamilan tentunya adalah sesuatu yang berada di luar kontrol manusia.

4. Menjalin hubungan erat dengan keluarga

5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi Momonganilustrasi keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Semestinya semua pasangan memiliki hubungan yang baik dengan keluarga masing-masing, namun kenyataannya justru tak demikian. Banyak pasangan yang memiliki hubungan kurang baik dengan keluarga sehingga rentan mengalami konflik tertentu.

Padahal dengan terbuka dan memberikan pengertian pada keluarga, maka dapat menjadi cara dalam menguatkan hubungan satu sama lain. Oleh sebab itu, upayakan membangun hubungan keluarga yang sehat ya. 

5. Memperbanyak bersyukur bersama keluarga

5 Cara Menghindari Tekanan Keluarga saat Belum Diberi Momonganilustrasi pasangan (unsplash.com/@priscilladupreez)

Semua pasangan mungkin berpendapat bahwa kehadiran anak akan dapat melengkapi hubungan yang mereka jalani. Namun, sayangnya kesempatan ini tak dapat dimiliki oleh semua pasangan sehingga kamu jelas harus bersabar dalam setiap prosesnya.

Perbanyaklah rasa syukur bersama keluarga dalam memaknai setiap hal yang hadir dalam hidup. Kebahagiaan bisa berupa apa pun selama kamu memperbanyak rasa syukur kepada Tuhan.

Meski melewati fase seperti itu tidaklah mudah, namun dengan dukungan pasangan dan keluarga masing-masing, pasti dapat dilewati dangan baik. Oleh sebab itu, jangan simpan semuanya sendiri. Tetap berupaya dan berdoa yang terbaik, ya!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya