Comscore Tracker

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara Merawatnya

Kamu jadi semangat makan kalau lihat yang hijau-hijau

Ruang makan merupakan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Selain menyantap hidangan, ruangan ini juga kadang digunakan untuk bercengkerama. Karena itu, tidak salah jika kamu menghias ruang makan sedemikian rupa.

Menambah unsur hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada berbagai jenis tanaman hias yang mudah dirawat, dan cocok jika ditempatkan di ruang makan. Selain itu, beberapa tanaman juga memiliki bentuk unik dan warna yang cantik, sehingga mampu membuat suasana semakin semarak.

Dilansir Housedigest.com, berikut ini rekomendasi tanaman hias untuk ruang makan.

Baca Juga: 6 Area Rumah yang Disukai Kecoa, Dia Aktifnya Malam Lho!

1. Bambu keberuntungan

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi bambu keberuntungan (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Memiliki ukuran mungil dan bentuk yang unik, bambu keberuntungan menjadi pilihan tanaman pertama untuk ruang makan. Tumbuhan dengan nama ilmiah dracaena sanderiana ini amat cocok jika diletakkan di tengah-tengah meja makan. Kamu bisa membentuk batangnya dalam bentuk kepangan untuk menambah aksen unik.

Bambu keberuntungan mudah dirawat. Selain bisa tumbuh di segala jenis tanah, tanaman ini juga tidak perlu sering disiram, asalkan tanahnya tetap lembap dan tidak basah. Jika tidak ingin menggunakan tanah, kamu bisa menumbuhkannya dalam kerikil batu. Pastikan untuk tetap menyediakan air agar tanaman tumbuh subur.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas Serangga

2. Air plant

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi tanaman Tillandsia (pexels.com/Alena Darmel)

Tillandsia atau yang juga disebut air plant merupakan jenis tanaman unik untuk menambah hiasan meja makan. Kamu bisa menanamnya dalam pot kaca tembus pandang dengan dasar bebatuan warna putih. Air plant ini juga cukup populer, lho. Bukan hanya karena penampilannya yang lucu dan mungil, tetapi juga karena perawatannya yang rendah.

Kamu tidak perlu menambahkan tanah agar tanaman ini tetap hidup. Namun, pastikan kamu tetap memberinya cukup air dan sinar matahari.

3. Begonia

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi begonia (pexels.com/Egor Komarov)

Butuh warna tambahan untuk ruang makan? Tanamlah begonia. Tumbuhan ini memiliki daun lebat yang beraneka warna, bunganya juga indah dengan beraneka bentuk serta motif. Kamu bisa menanamnya di pot atau menjadikannya sebagai tumbuhan gantung.

Begonia tumbuh baik dalam ruangan, terutama dengan cahaya tidak langsung. Pastikan untuk menyiramnya hanya ketika lapisan tanah bagian atas potnya sudah mengering ya.

4. Puring

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi tanaman puring (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Puring memiliki daun lebar dengan kombinasi warna cantik untuk ruang makanmu. Tanaman dengan nama latin codiaeum variegatum ini tidak berbunga, dan sangat cocok untuk ditanam dalam pot berkerikil batu. Kamu bisa meletakkannya di satu sudut ruang makan, terutama area yang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Karena termasuk tanaman tropis, puring membutuhkan cukup air. Sehingga usahakan untuk menjaga tanahnya tetap lembap dan tidak basah. Pastikan untuk melakukan pemangkasan secara teratur ya karena puring bisa tumbuh besar.

5. Tanaman laba-laba

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi spider plant (pexels.com/TIVASEE)

Tanaman laba-laba atau chlorophytum comosum memang cocok digunakan sebagai penghias segala ruangan, termasuk ruang makan. Memiliki daun hijau sempit dengan garis-garis putih, tanaman ini tumbuh panjang dan terkulai indah di atas keranjang gantung.

Kamu juga bisa menanamnya dalam pot kecil berkerikil untuk diletakkan di ambang jendela ruang makan. Selain indah, tanaman yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Tanaman laba-laba tumbuh di tempat teduh dan menyukai tanah lembap. Kamu juga bisa memberi pupuk setidaknya sebulan sekali.

6. Burung cendrawasih atau pisang kipas

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi tanaman burung cendrawasih (pexels.com/Sonny Sixteen)

Tanaman burung cendrawasih, atau yang dikenal dengan nama latin strelitzia reginae juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi ruang makan. Tanaman yang satu ini memiliki daun mengilap besar dan berwarna-warni. Beberapa spesies memiliki bunga dengan warna yang cantik.

Strelitzia reginae tumbuh baik di bawah sinar matahari langsung ataupun tidak langsung. Selain itu, tanaman burung cendrawasih juga tidak pilih-pilih soal jenis tanah. Namun, pastikan untuk menanamnya di tanah yang dikeringkan dengan baik.

7. Lili perdamaian

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi lili perdamaian (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bunga lili perdamaian (spathiphyllum) memiliki penampilan yang sejuk dan teduh, sehingga cocok dijadikan pelengkap ruang makan. Tanaman ini memiliki daun hijau besar dan menghasilkan bunga putih yang cantik.

Tidak butuh perawatan banyak untuk membuat tanamannya tetap cantik, kamu hanya perlu menyiraminya jika lapisan tanah bagian atasnya mengering. Bunga ini menyukai lingkungan dengan cahaya sedang, tetapi juga bisa beradaptasi dalam pengaturan cahaya rendah. Daun mengilapnya menarik debu, jadi harus rutin dibersihkan.

8. Daun min

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi daun min (pexels.com/Ömer Yılmaz)

Daun min merupakan pilihan tanaman yang cocok untuk diletakkan di meja makan. Tidak hanya bagus dari segi penampilan dan aroma, daunnya juga bisa langsung dimakan jika kamu membutuhkan tambahan segar pada teh atau makanan.

Daun min bisa tumbuh di bawah sinar matahari langsung. Bagusnya lagi, tanaman ini beradaptasi dengan cahaya tidak langsung di dalam ruangan. Tanamannya bisa subur pada tanah yang lembap dan tidak basah. Jangan khawatir tentang air, tanaman min masih toleran dengan kekeringan selama beberapa hari tanpa disiram.

9. Philodendron

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaIlustrasi Philodendron (pexels.com/Sasha Kim)

Philodendron adalah tanaman yang cocok untuk segala ruangan, termasuk ruang makan. Memiliki warna daun hijau segar, tumbuhan ini bagus jika diletakkan di pot atau tanaman gantung. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk merawatnya, karena philodendron mudah beradaptasi dengan kondisi di ruangan yang berbeda.

Tanaman ini memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda, tergantung pada warna daunnya. Daun hijau pekat lebih toleran terhadap cahaya tidak langsung yang terang. Selain itu, ingatlah untuk menyiram hanya jika tanah lapisan atasnya mengering.

10. Tanaman keju swiss atau monstera deliciosa

10 Tanaman Hias untuk Ruang Makan dan Cara MerawatnyaSwiss Cheese Plant (pexels.com/Huy Phan)

Monstera deliciosa atau philodendron daun terbelah merupakan tanaman hias populer yang disukai banyak orang. Memiliki ukuran yang relatif besar, monstera deliciosa lebih cocok dijadikan sebagai hiasan lantai ruang makan. Daunnya yang besar dan rata, membuat tanaman ini menarik. Selain karena keindahannya, tumbuhan ini juga relatif mudah perawatannya.

Monstera Deliciosa tumbuh baik dalam kondisi lembab dan membutuhkan tanah yang lembap. Pada tahap awal pertumbuhan, kamu harus sering menyiramnya. Namun setelah tumbuh baik, kurangi penyiraman dan hindarkan dari sinar matahari langsung.

Nah, itulah rekomendasi tanaman hias untuk ruang makan. Kamu harus menyesuaikan dengan ukuran dan situasi ruangan ya, agar mendapatkan kombinasi yang tepat. Selamat memilih.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya