Comscore Tracker

5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel Kayu

Sebel banget deh kalau ada noda putih di meja kayu. Iya gak?

Merawat mebel berbahan kayu memang gampang-gampang susah. Keteledoran kecil semacam lupa menggunakan tatakan di bawah gelas berisi air es saja bisa meninggalkan bekas. Kamu akan melihat noda berupa bulatan berwarna gelap dan putih. Noda ini disebut cincin air dan sangat menganggu pemandangan sehingga harus segera dibersihkan.

Penanganan untuk masing-masing noda berbeda ya. Jika berwarna gelap, dikawatirkan cairan sudah mencapai kedalaman kayu. Jadi perlu dipulas kembali. Jika berwarna putih, artinya uap air terperangkap di lapisan kayu dan syukurnya masih bisa dihilangkan.

Berikut ini cara menghilangkan noda air berwarna putih pada mebel atau furnitur kayu, menurut situs Better Homes & Gardens.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi, Jadi Gak lembap

1. Gunakan mayones dengan paper towel

5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel KayuIlustrasi membersihkan meja kayu (pexels.com/cottonbro)

Mayones membantu menghilangkan kelembapan pada bekas noda air, dan memperbaiki residu keruh di bagian akhir furnitur kayu.

Gunakan paper towel untuk mengoleskan mayones ke noda. Biarkan mayones (tutupi dengan paper towel) selama beberapa jam, atau semalaman. Kemudian bersihkan dengan kain bersih. Agar hasilnya lebih mengilap, kamu bisa memoles kembali permukaan mebel.

Baca Juga: 6 Tips Bersihkan Panci Gosong Menggunakan Bahan Dapur

2. Kombinasi cuka dan minyak zaitun

5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel KayuIlustrasi membersihkan meja (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Cara kedua adalah menggunakan campuran cuka dan minyak zaitun. Cuka akan membantu untuk menghilangkan noda, dan minyak zaitun berbungsi sebagai semir furnitur agar kembali mengilap.

Campurkan keduanya dengan perbandingan sama, kemudian oleskan ke noda menggunakan kain. Lap campuran searah dengan serat kayu hingga noda menghilang.

3. Menggunakan setrika dan kain katun polos tanpa sablon

5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel KayuIlustrasi menyeterika (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara sederhana lain untuk menghilang bekas air pada mebel kayu adalah menggunakan setrika. Metode ini bekerja paling baik untuk noda yang masih lembap, dengan cara menguapkan kelembapan di permukaan akhir.

Awali dengan meletakkan kain bersih di atas noda air. Gunakan kain katun polos dan tanpa sablon demi menghindari transfer ke mebel. Atur setrika pada suhu terendah dan pastikan tidak ada air di dalamnya. Hidupkan setrika dan tunggu hingga hangat. Letakkan di atas permukaan kain selama beberapa detik, lalu angkat. Ulangi langkah tersebut hingga noda benar-benar menghilang.

4. Gunakan pengering rambut dan minyak zaitun

5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel KayuIlustrasi pengering rambut (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selain setrika, hairdryer juga bisa digunakan untuk menghapus noda air di mebel kayu. Tindakan ini harus dilakukan dengan cepat sebelum uap masuk lebih dalam. Untuk itu, segera ambil pengering rambut, sambungkan ke stop kontak, dan ubah ke pengaturan tertinggi. Arahkan pengering ke noda hingga menghilang. Setelah selesai, kamu bisa memoles mebel dengan minyak zaitun.

5. Pasta gigi dan kain bersih

5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel KayuIlustrasi pasta gigi (pexels.com/Taryn Elliott)

Terakhir, kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkannya. Kamu harus menyiapkan pasta gigi warna putih dan kain (atau bisa menggunakan paper towel).

Oleskan pasta gigi dalam jumlah banyak pada kain bersih, lalu menggosokkannya ke noda. Gosok-gosok secara lembut hingga noda benar-benar hilang. Bersihkan sisa-sisa pasta gigi dengan kain bersih atau paper towel.

Nah, itulah cara membersihkan noda air warna putih di mebel kayu. Mudah dan sederhana ya. Selamat mencoba.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya