Comscore Tracker

Banyak Manfaatnya! 6 Cara Efektif Membangun Relasi

Jangan membatasi pergaulan diri sendiri ya

Peran relasi pada perkembangan karier sangatlah penting. Baik di bidang bisnis, pendidikan, hingga dalam kehidupan sehari-hari. Banyak banget lho manfaat yang kita dapat jika mempunyai relasi yang bagus dan luas.

Semakin banyak relasi yang kita miliki, disadari atau tidak, akan sangat membantu dalam pekerjaan maupun menjalani kehidupan pribadi. Nah berikut beberapa cara efektif untuk membangun relasi:

Baca Juga: 5 Tanda bahwa Kerja Keras Berubah Menjadi Burnout

1. Saling menghargai

Banyak Manfaatnya! 6 Cara  Efektif Membangun Relasiilustrasi hubungan kerja erat (pexels.com/fauxels)

Sifat saling menghargai satu sama lain sangatlah penting bagi hubungan antar manusia. Karenanya, sifat saling menghargai sangatlah penting. Dengan sikap menghargai orang lain, kita akan disegani dan cara itu membantu dalam membangun relasi. 

Semakin kita menghargainya, hubungan timbal balik juga akan semakin berjalan. Hal itu akan membantu kita sewaktu-waktu memerlukan bantuan. Tidak hanya itu, hubungan relasi yang baik juga membantu meningkatkan kemajuan karier. Jika kita memulai bisnis, tentu dengan adanya relasi itu akan membantu karena ada orang yang dapat dipercaya. 

2. Membangun relasi baru dari yang sudah ada

Banyak Manfaatnya! 6 Cara  Efektif Membangun Relasiilustrasi wanita berjabat tangan (pexels.com/Sora Shimazaki)

Dalam mencari relasi, kita bisa memanfaatkan relasi yang ada. Jadikan hubungan relasi yang ada untuk membangun lebih banyak relasi lainnya. Dengan relasi kita sekarang, manfaatkan dengan minta diperkenalkan dengan teman yang lain. Jelas cara tersebut lebih mudah. Menjadi pribadi yang lebih terbuka akan membuat kita lebih banyak mendapatkan relasi.

Tanpa disadari, mungkin kita sudah berhadapan dengan banyak orang hebat yang mungkin dapat membantu meningkatkan karier kita. Jika lebih terbuka dan berani berkomunikasi pada siapapun itu, akan terbangun peluang relasi yang lebih banyak. 

3. Ikut dan aktif dalam komunitas

Banyak Manfaatnya! 6 Cara  Efektif Membangun Relasiilustrasi pegangan tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Agar lebih banyak mendapatkan relasi, mengikuti komunitas sangatlah penting. Jika mengikuti komunitas yang memang berhubungan dengan perjalanan karier, akan membantu untuk mendapatkan lebih banyak relasi. Dalam berkomunitas, banyak orang dari berbagai kalangan yang memang berhubungan dengan komunitas yang tergabung di dalamnya. Untuk itu, memanfaatkan komunitas sangatlah penting.

Tetapi dengan catatan yang penting yakni para anggota harus aktif. Mengikuti sebuah komunitas tapi tidak aktif di dalamnya adalah sebuah hal yang sia-sia. Jika memang tergabung dalam sebuah komunitas, lebih baik aktif dan berkomunikasi pada setiap anggota di dalamnya. Lebih baik lagi jika kita mengikuti berbagai kegiatan yang ada di dalamnya. Jika begitu, tentu akan banyak relasi yang didapat.

4. Berani memulai percakapan

Banyak Manfaatnya! 6 Cara  Efektif Membangun Relasiilustrasi orang komunikasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Keinginan mendapatkan relasi yang banyak harus juga diimbangi komunikasi yang baik. Setiap komunikasi harus ada yang memulai terlebih dahulu. Untuk itu, berani memulai percakapan akan selangkah lebih maju untuk mendapatkan relasi. Cari saja topik yang memang berhubungan dengan karier yang dijalani.

Topik bisa juga dimulai dari membicarakan karya atau hal yang telah mereka mulai. Dengan berawal dari sana, orang yang kita ajak ngobrol tersebut akan lebih berkenan untuk mendengarkan dan berbicara karena membahas sesuatu yang ia sukai. Jika sudah melakukannya, percakapan akan lebih mengalir dan peluang mendapatkan relasi juga besar.

5. Jangan sombong pada pencapaian diri sendiri

Banyak Manfaatnya! 6 Cara  Efektif Membangun Relasiilustrasi pria melempar kertas (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Mungkin tanpa disadari kita telah menjadi sosok yang sombong. Melakukan percakapan pada orang baru, sering kali secara tidak sadar kita terlalu menunjukkan kelebihan. Namun sebenarnya hal itu kurang tepat untuk dilakukan. Dengan kita melakukan hal tersebut, lawan bicara kita mungkin saja merasa tidak nyaman. Hentikan membicarakan diri sendiri ketika bercakapan dengan orang lain.

Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik kita bicarakan sesuatu yang berhubungan dengan lawan bicara. Jika memang mencari relasi dalam satu industri pada karier yang kita jalani, bicarakan saja hal-hal yang terjadi pada bidang tersebut. 

6. Jangan terlalu menunjukkan ketidaknyamanan

Banyak Manfaatnya! 6 Cara  Efektif Membangun Relasiilustrasi diskusi satu pihak (pexels.com/cottonbro studio)

Memulai percakapan dengan orang lain memanglah menjadi tantangan tersendiri. Tentu tidak mudah mengenal seseorang yang lebih banyak dari berbagai latar belakang. Tetapi itu adalah hal yang wajar. Apapun kesan pertama kita terhadap seseorang, jangan jadikan hal tersebut sebagai patokan. 

Daripada cepat menilai seseorang, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengenal lebih dalam tentangnya. Untuk mencari lebih banyak relasi, tidak perlu ada banyak alasan. Percayalah bahwa relasi yang kita punya pasti akan sangat berguna ke depannya. 

Itulah beberapa cara efektif untuk membangun relasi. Selamat mencoba ya!

Rasya Alfarizi Photo Community Writer Rasya Alfarizi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya