Comscore Tracker

10 Rekomendasi Film Sepak Bola, Kisah Nyata hingga Komedi

Cocok ditonton sambil nunggu pertandingan dimulai

Euforia Piala Dunia tidak hanya dengan menonton pertandingannya. Kamu juga bisa menikmati hal-hal lainnya yang berhubungan sepak bola. Satu di antaranya menonton film tentang sepak bola.

Banyak film yang bisa ditonton untuk menyemarakkan Piala Dunia, dan tayang di beberapa layanan video streaming berlangganan. Berikut ini rekomendasi film sepak bola. Langsung cek artikelnya ya, guys!

Baca Juga: 10 Tempat Nobar Piala Dunia 2022 di Bali

Baca Juga: Profil Youssoufa Moukoko Pemain Termuda di Piala Dunia 2022

1. Pele: The Birth of Legend

https://www.youtube.com/embed/pwBXs2B2ZbI

Film ini mengisahkan tentang perjuangan awal legenda sepak bola Brasil, Pele. Film bergenre drama biografi ini menceritakan masa kanak-kanak Pele yang sulit hingga menjadi seorang bintang sepak bola dunia.

Film ini fokus menceritakan masa kecil Pele yang kala itu didukung oleh sang ayah. Uniknya, kedua pemeran Pele, yaitu Leonardo Carvalho sebagai Pele anak-anak dan Kevin de Paula sebagai Pele dewasa, memiliki kemampuan bermain sepak bola di atas rata-rata. Kamu bisa menonton film "Pele: The Birth of Legend" di layanan Prime Video milik Amazon.

2. Garuda di Dadaku

https://www.youtube.com/embed/aPY9VM9-AE4

Film keluarga karya Ifa Isfansyah ini menceritakan perjuangan keras anak SD untuk mewujudkan mimpinya sebagai pemain sepak bola yang baik dan berhasil. Ia berharap ibu dan kakeknya bangga jika dirinya menjadi pemain sepak bola terkenal.

Namun dalam perjalanannya mewujudkan impian itu tidak mulus. Ia mendapat penentangan dari sang kakek yang tidak setuju menjadi pemain sepak bola. Namun ia mendapat dukungan dari Heri, seorang motivator gila bola yang berotak cerdas. Kamu bisa menonton film "Garuda di Dadaku" di Disney+ Hotstar.

3. Goal! The Dream Begins

https://www.youtube.com/embed/JC5oaVR9QYA

Film ini mengisahkan perjalanan pemain sepak bola, Santiago Munez, untuk mewujudkan mimpinya bermain bersama Newcastle United. Diceritakan bahwa Santiago Munez berasal dari keluarga miskin, namun punya cita-cita tinggi menjadi pemain sepak bola profesional dan terkenal.

Ia memiliki kesempatan untuk menjalani uji coba di Newcastle United. Ia menjalani masa uji cobanya ini penuh liku, dan akhirnya berhasil menjadi pemain inti di klub tersebut. Film "Goal! The Dream Begins" bisa disaksikan di layanan Prime Video.

4. Ultras

https://www.youtube.com/embed/i-99BoYyUoI

Film ini mengisahkan tentang suporter yang mendukung timnya secara totalitas tanpa batas. Sosok Sandro adalah pemimpin kelompok Ultras Apache, yang merupakan kelompok suporter tim sepak bola di Napoli. Ia menghabiskan waktunya secara totalitas untuk membesarkan Apache.

Namun seiring berjalannya waktu, Sandro secara perlahan-lahan meninggalkan Apache untuk menjalani kehidupan normal. Film "Ultras" dapat kamu saksikan di Netflix.

5. Shaolin Soccer

https://www.youtube.com/embed/t0C9BC8PLbE

Jika kamu penyuka film komedi, film "Shaolin Soccer" bisa menjadi pilihannya. Film lawas ini menggabungkan sepak bola dan kungfu.

Sing (Stephen Chow) membentuk tim sepak bola bernama tim Shaolin. Tim ini memadukan sepak bola dengan keahlian kungfu yang dimiliki oleh anggota tim. Keseruan terjadi ketika tim Shaolin harus melawan tim preman yang dikenal bermain dengan sangat kasar. Shaolin Soccer bisa ditonton di Prime Video.

6. Bend It Like Beckham

https://www.youtube.com/embed/6CDVRBnPVfg

Film drama komedi ini bercerita tentang seorang gadis India bernama Jess Bhamra, yang mengidolakan penggawa klub Manchester United, David Beckham. Ia bermimpi menjadi seorang pemain sepak bola. Apa daya, orangtuanya tidak mendukung keinginannya menjadi pemain bola. Karena menurut budaya keluarganya, pemain bola hanya untuk kaum adam saja.

Akhirnya ia bertemu seorang pemain sepak bola perempuan semi profesional, dan mereka berlatih sepak bola bersama. Film "Bend It Like Beckham" bisa disaksikan di Disney+ Hotstar.

7. Mean Machine

https://www.youtube.com/embed/oc3LtcVT1WA

Film "Mean Machine" mengisahkan tentang mantan kapten Timnas Nasional Inggris, Danny "Mean Machine", yang dijebloskan ke penjara setelah menyerang dan mencederai dua polisi. Walaupun seorang bintang sepak bola, namun di dalam penjara ia mendapat makian dan cacian karena Inggris kalah pada Piala Dunia.

Ia kemudian membangun tim sepak bola bersama narapidana di penjara tersebut. Timnya tersebut kemudian bertanding melawan tim sepak bola sipir penjara. Film "Mean Machine" bisa disaksikan di Apple TV.

8. Will

https://www.youtube.com/embed/Q1bbYfdgKh0

"Will" merupakan film drama olahraga yang menceritakan seorang anak 11 tahun bernama Will Berennan. Ia memiliki tekad untuk menyaksikan klub Liverpool melawan Ac Milan di laga final Liga Champions Eropa (EUFA) tahun 2005, Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki.

Ia dibantu oleh seorang pemain sepak bola Bosnia bernama Alek. Dalam perjalanan menuju ke lokasi pertandingan, mereka harus diselundupkan ke truk barang untuk menyeberangi lautan menuju Prancis, yang kemudian dilanjutkan hingga sampai ke Istanbul. Film ini bisa ditonton di layanan video streaming, Apple TV.

9. Cahaya dari Timur: Beta Maluku

https://www.youtube.com/embed/EXilZ-6q1j4

Film ini mengambil latar belakang kerusuhan yang terjadi di Ambon. Saat itu Sani yang diperankan oleh Chicco Jerikho mengajak anak-anak bermain sepak bola di tengah ada konflik etnis.

Anak-anak yang dilatihnya tersebut mendapatkan kesempatan bertanding ke Jakarta dengan bantuan seorang pendeta. Konflik internal terjadi karena mempermasalahkan agama yang dianut oleh masing-masing anggota timnya. Sani memberikan pemahaman bahwa mereka bukan dipandang karena agama, melainkan karena berasal dari Maluku.

Film "Cahaya dari Timur: Beta Maluku" bisa disaksikan melalui tayangan Disney+ Hotstar maupun Vidio.com.

10. The Cave

https://www.youtube.com/embed/TWmAd-A5sas

"The Cave" merupakan film kisah nyata tentang penyelamatan pemain sepak bola junior Thailand, "Wild Boar, yang terjebak dalam gua selama 15 hari.

Tim sepak bola ini melakukan penjelajahan ke dalam Gua Tham Luang. Namun hujan turun yang membuat airnya membanjiri gua. Hal ini membuat mereka harus masuk lebih dalam lagi ke gua tersebut. Adegan dramatis penyelamatan tim sepak bola Thailand dalam film "The Cave" ini dapat disaksikan di layanan streaming CATCHPLAY+.

Rekomendasi film sepak bola di atas bisa kamu saksikan sembari menunggu pertandingan Piala Dunia dimulai. Jangan lupa untuk menyediakan camilan ya, guys.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya