Comscore Tracker

Jangan Sepelekan Ketiak Berjerawat, Kenali Penyebab dan Dampaknya

Apakah kamu pernah mengalaminya?

Pernahkah kalian mengalami jerawat muncul di ketiak sampai membuatmu merasa terganggu karena rasa nyeri? Jika kalian pernah mengalaminya, ini lah yang disebut dengan hidradenitis supurativa.

Dilansir dari laman Alodokter, dijelaskan bahwa jerawat di ketiak bisa disebabkan oleh sumbatan dan peradangan pada kelenjar minyak atau kelenjar keringat. Peradangan yang terjadi pada kelenjar keringat tersebut dikenal dengan istilah hidradenitis supurativa atau sering disebut dengan acne inversa. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Jerawat di ketiak sering terjadi setelah pubertas

Jangan Sepelekan Ketiak Berjerawat, Kenali Penyebab dan Dampaknyahealth.com

Menurut muatan di laman tersebut, munculnya jerawat di ketiak sering terjadi setelah pubertas. Terkadang jerawat akan muncul berlanjut sampai bertahun-tahun. Gejala jerawat di ketiak yang perlu diperhatikan adalah bentuknya.

Jadi jangan menganggap sepele jerawat dan benjolan di ketiak. Benjolan di ketiak tersebut akan tampak kemerahan, bengkak, serta nyeri. Jika pecah dan menimbulkan luka, jerawat di ketiak dapat meninggalkan jaringan parut.

Meskipun penyebab pasti hidranitis supurativa belum diketahui, namun beberapa faktor dapat meningkatkan risiko munculnya kondisi ini. Di antaranya, sindrom metabolik, kebiasaan merokok, obesitas, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, dan adanya jerawat di bagian tubuh lain.

2. Kenali yuk bentuk jerawat di ketiak

Jangan Sepelekan Ketiak Berjerawat, Kenali Penyebab dan Dampaknyard.com

Beberapa bentuk jerawat di ketiak di antaranya:

  • Komedo dan lubang yang bernanah merupakan gejala yang paling sering ditemukan
  • Benjolan lunak dan berwarna merah terjadi ketika ketiak mengalami hidranitis supurativa. Benjolan yang muncul bisa disertai gatal, panas, dan berisi nanah yang berbau busuk
  • Benjolan sebesar kacang yang menyakitkan benjolan ini bisa membesar dan bertahan selama bertahun-tahun.

3. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jangan Sepelekan Ketiak Berjerawat, Kenali Penyebab dan DampaknyaUnsplash/Billie

Jika sudah muncul jerawat di ketiak, lalu bagaimana cara mengatasinya? Penanganan jerawat di ketiak tergantung pada tingkat keparahannya. Berikut cara untuk mengatasinya:

  • Jika ringan, cukup dikompres dengan handuk hangat dan dibersihkan secara rutin dengan sabun antibakteri
  • Jika jerawat sudah parah bahkan membengkak dan menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

4. Cara millennials di Bali dalam merawat ketiak

Jangan Sepelekan Ketiak Berjerawat, Kenali Penyebab dan Dampaknyacheatsheet.com

IDN Times mewawancarai beberapa orang di Kota Denpasar pada Rabu (3/3/2021) terkait pengalaman memiliki jerawat di ketiak dan cara merawat ketiak mereka. Beberapa menyampaikan tidak pernah mengalami jerawat di ketiak dan jarang merawat ketiaknya.

  • Kadek Febri, mahasiswa

“Aku pernah. Hilang sendiri. Aku kira tumor, udah worry aja. Pernah juga benjolan, nggak (tidak) merah atau nanah. Nanti hilang sendiri.”

  • Ayu Khania, pekerja swasta

“Pernah rasanya, tapi gak kayak jerawat di pipi yang merah apa gimana gitu. Ini jerawatnya kayak benjolan kecil tapi sakit kalo dipencet gitu. Terus gak tak apa-apain daripada malah parah, tak biarin dan mandi seperti biasa tapi ngeringin badan di area jerawat pelan-pelan biar gak luka terus ilang sendiri dah.”

  • Sui Suadnyana, mahasiswa

Gak pernah. Gak ada perlakuan khusus. Cuma digosok pakai sabun dengan intens saat mandi.”

  • Macellus, pekerja swasta

“Duh belum pernah. Aku gak punya jerawat dari dulu. Aku gak pernah (merawat ketiak).”

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya