Comscore Tracker

5 Khasiat Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kulit Lebih Halus

Mulai sekarang makin banyak konsumsi buah nangka yuk!

Nangka termasuk salah satu sumber vitamin C, kalium, serat, vitamin, dan mineral penting lainnya. Buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus itu tumbuh di daerah tropis dan diketahui berasal dari suku Moraceae. 

Kandungan protein buah yang rasanya manis dan legit ini ternyata tiga kali lipat lebih banyak dibanding buah lain seperti apel dan mangga, sebagaimana dilansir dari Healthline. Tak hanya itu, nangka juga kaya akan berbagai jenis antioksidan dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Biasanya selain dimakan langsung, masyarakat Indonesia juga mengolah nangka menjadi sayuran. Dengan mengonsumsi nangka, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Simak yuk di bawah ini beberapa khasiat nangka untuk kesehatan tubuh kamu:

Baca Juga: 5 Efek Buruk Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Soda, Mulai Kurangi Ya

1. Meningkatkan kesehatan kulit

5 Khasiat Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kulit Lebih Halusilustrasi kulit sehat (freepik.com/xmee)

Buah nangka memiliki beberapa nutrisi dan antioksidan seperti vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Beberapa studi menemukan bahwa konsumsi buah nangka mungkin dapat memperlambat penuaan kulit, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nangka juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Nah agar kulit tetap kencang dan kuat, diperlukan banyak nutrisi, dan nangka mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan.

2. Bermanfaat untuk kesehatan pencernaan

5 Khasiat Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kulit Lebih Haluspixabay.com/bodymybody

Buah maupun biji nangka bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Nangka merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik bagi tubuh sehingga membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Siklus membuang air besar pun tetap terjaga dan teratur.

Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah. Hal itu disampaikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Karenanya, serat larut baik untuk mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan.

Selain itu, serat dalam nangka juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar. Prebiotik yang ada dalam nangka bagus untuk bakteri baik di usus.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka

5 Khasiat Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kulit Lebih Halusilustrasi luka di lutut (pixabay.com/saulhm)

Vitamin C diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen, protein yang penting guna menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat seperti pembuluh darah dan tulang rawan. Sebagai sumber vitamin C yang baik, nangka merupakan antioksidan kuat yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sebuah studi menunjukkan kandungan zat dengan sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, terdapat pada nangka, sebagaimana dilansir dari Medical News Today. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka dapat meningkatkan penyembuhan luka.

4. Dapat membantu menurunkan tekanan darah

5 Khasiat Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kulit Lebih Halusilustrasi tekanan darah (unsplash.com/Mockup Graphics)

Buah nangka yang kaya akan kalium atau potasium dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah. Makanan yang kaya akan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, sebagaimana dilansir dari American Heart Association (AHA). 

Dalam sepotong buah nangka mentah, setidaknya terdapat 730 miligram (mg) kalium. AHA merekomendasikan konsumsi 4.700 mg kalium setiap harinya. Karenanya, beberapa potong buah nangka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral penting ini setiap hari.

Kandungan kalium dalam buah nangka dapat menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Tekanan darah yang stabil dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan keropos tulang. Namun, kalium yang tinggi juga dapat berbahaya bagi penderita penyakit ginjal atau kondisi sejenis, yang dapat mengubah cara tubuh mengatur kalium.

5. Mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh

5 Khasiat Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bikin Kulit Lebih Halusunsplash.com/@nci

Beberapa senyawa alami seperti fitonutrien pada nangka bermanfaat dalam melawan kanker serta berperan mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Nangka juga mengandung beberapa zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki sifat sebagai antioksidan, sehingga dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang sangat reaktif dan dapat merusak sel-sel tubuh, sebagaimana dijelaskan American Institute for Cancer Research. Kerusakan sel ini disebut sebagai stres oksidatif yang kemudian dapat berkembang menjadi beberapa penyakit kronis seperti kanker.

Ekstrak biji nangka juga dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah ektopik yang diinduksi pada embrio ayam. Informasi ini disebutkan dalam sebuah studi berjudul ”Anti-angiogenic effect of Artocarpus heterophyllus seed methanolic extract in ex ovo chicken chorioallantoic membrane”  pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, tahun 2017. 

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti menduga bahwa efek tersebut mungkin hasil dari kombinasi flavonoid, saponin, dan tanin. Mereka pun menyimpulkan bahwa nangka mungkin memiliki potensi sebagai terapi antikanker di masa depan. 

Nah itu lima khasiat buah nangka untuk kesehatan tubuh kamu. Apabila kamu ingin mengatahui manfaat lainnya dari buah nangka, bisa baca selengkapnya di sini ya. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya