Comscore Tracker

3 Tanaman di Pekarangan yang Bisa Mengobati Kanker dan Antivirus

Gak perlu beli obat yang mahal

Kamu pernah menyadari gak sih, tanaman yang ada di sekitar rumahmu ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman itu bahkan tumbuh liar di pekarangan. Kalau kamu tahu mengonsumsi atau mengolahnya, tanaman ini bisa mengobati penyakit kanker paling ampuh. Berikut ini deretan tanaman yang baik untuk kesehatan:

1. Tanaman kersen

3 Tanaman di Pekarangan yang Bisa Mengobati Kanker dan Antivirusilustrasi buah kersen (instagram.com/zulfa_dongjeonghaneun)

Pohon kersen umumnya mudah tumbuh liar di pekarangan yang kering. Pohon yang memiliki nama latin muntingia calabura ini bisa tumbuh mencapai tinggi 12 meter. Buahnya mirip ceri, dan rasanya manis kalau sudah berwarna merah.

Selain buahnya, daun ceri juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus. Daun ceri memiliki senyawa flavonoid dan saponin yang bersifat antidiabetes. Sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini tertuang dalam studi yang diterbitkan Critical Medical and Surgical Nursing Journal tahun 2021.

Bunga kersen pun demikian. Menurut studi berjudul "Anti-inflammatory Activity of Muntingia calabura Fruits" dalam Pharmacognosy Journal tahun 2012, bunga kersen bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, pilek, kram perut, kejang, dan sebagai antiseptik.

Masih banyak lagi manfaat lainnya. Kamu bisa membacanya lebih lengkap di sini.

2. Rempah khas Sumatra Utara: andaliman

3 Tanaman di Pekarangan yang Bisa Mengobati Kanker dan Antivirusinstagram.com/laponababan

Andaliman termasuk rempah khas Sumatra Utara. Biasanya masakan Batak banyak yang memakai andaliman. Tanaman yang memiliki nama latin zanthoxylum acanthopodium ini memanfaatkan bijinya. Rasanya pedas dan meninggalkan getir setelah menggigit biji andaliman.

Meskipun begitu, bijinya mengandung senyawa kimia sebagai antivirus, antibakteri, antimikroba, dan mencegah pertumbuhan bakteri di saluran pencernaan. Hal ini tertuang dalam studi Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia tahun 2019.

Selain itu, ada manfaat lain yang terkandung dalam biji andaliman. Untuk selengkapnya, bisa kamu baca di sini.

3. Leunca

3 Tanaman di Pekarangan yang Bisa Mengobati Kanker dan Antivirusleunca. (Intagram.com/ayrawidita)

Leunca atau lenca (Black nightshade) mudah kamu temukan di daerah Jawa Barat. Biasanya dihidangkan sebagai lalapan bersama oncom. Sama seperti andaliman, rasanya juga pahit tetapi tidak bikin kebas atau getir. Tanaman bernama latin solanum nigrum ini memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk mengobati kanker perut. 
 
Menurut penelitian di China dalam International Journal of Oncology tahun 2019, kandungan senyawa solasonin dalam leunca dapat menghambat perkembangan leukemia monolitik akut. Masih banyak manfaat lainnya. Silakan baca selengkapnya di sini.

Meskipun begitu, kamu tidak bisa berlebihan mengonsumsinya. Perlu konsultasi dulu sebelum mencobanya, terutama buat penderita kanker.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya