Comscore Tracker

Resep Simple Sup Bakso, Bikin Kamu Nambah Terus

Rasanya gurih dan lezat. Kuy, nyobain di rumah

Sup bakso merupakan menu hidangan rumahan yang bisa kamu coba di rumah. Bagi kamu yang baru belajar memasak, highly recommended nih untuk membuat sup ini. Sup bakso sangat gurih ketika dimakan pada saat cuaca lagi dingin dan hujan. Selain itu, sup bakso juga banyak disukai oleh anak-anak lho.

Bahannya juga sangat mudah ditemukan di toko sayur maupun tukang sayur keliling. Jadi kamu tidak perlu repot mencari bahannya. Berikut ini resep sup bakso, langsung kamu praktikkan di rumah ya.

Baca Juga: Resep Ayam Suwir Petai Pedas dan Bikin Ngiler

1. Bahan-bahan membuat sup bakso

Resep Simple Sup Bakso, Bikin Kamu Nambah Terusilustrasi bahan membuat sup bakso (pexels.com/yaroslavshuraev)

Sebelum membuat sup, persiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Kubis, daun bawang, tomat, bakso, kentang, seledri, dan wortel sesuai selera
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Gula
  • Garam
  • lada bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa
  • Air secukupnya.

Baca Juga: 6 Warung Nasi Lawar Bali Halal di Denpasar

2. Siapkan bumbu halus dan sayuran

Resep Simple Sup Bakso, Bikin Kamu Nambah Terusilustrasi memotong tomat (pexels.com/anetelusina)

Langkah pertama, tumbuk bawang putih dan garam hingga halus. Kemudian rebus air secukupnya untuk dijadikan sebagai kuah sup. Cuci bersih semua sayuran dan tiriskan. Ketika air sudah mendidih, masukkan bawang putih dan garam yang sudah ditumbuk ke dalam kuah sup. Aduk perlahan hingga harum.

Sambil menunggu air mendidih, potong kecil-kecil sayuran yang sudah dicuci seperti kubis, wortel, tomat, dan kentang. Kemudian potong agak memanjang daun bawang, dan potong kecil-kecil daun seledri, lalu pisahkan ke dalam wadah yang berbeda. Iris bawang merah untuk dijadikan sebagai bawang goreng.

3. Rebus bakso untuk membuat kuah sup yang gurih

Resep Simple Sup Bakso, Bikin Kamu Nambah Terusilustrasi merebus air (pexels.com/teonaswift)

Didihkan air, lalu masukkan tumbukan garam dan bawang putih ke dalam kuah sup. Masukkan bakso agar kuah sup semakin harum dan gurih. Setelah bakso agak matang, masukkan wortel dan kentang. Tambahkan lada dan gula secukupnya.

Setelah wortel dan kentang sudah setengah matang, secara bertahap masukkan kubis, daun bawang, dan tomat. Tambahkan penyedap rasa. Aduk hingga merata dan koreksi rasa.

4. Tumis bawang merah

Resep Simple Sup Bakso, Bikin Kamu Nambah Terusilustrasi menumis bawang merah (pexels.com/juliafilirovska)

Sambil menunggu sup matang, tumis bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis hingga berwarna kuning kecokelatan lalu tiriskan.

5. Sajikan sup bakso ke dalam mangkok

Resep Simple Sup Bakso, Bikin Kamu Nambah Teruspotret sup bakso (instagram.com/dragonlady_xia)

Setelah semua sayuran sudah matang, masukkan seledri. Jika rasaya sudah pas dan enak, matikan kompor, lalu sajikan sup bakso ke dalam mangkok. Kamu bisa menaburkan bawang goreng di atasnya. Kini sup bakso buatanmu siap disajikan.

Sup bakso sangat cocok dimakan bersama sambal goreng dan nasi. Sangat direkomendasikan untuk menyantapnya ketika masih hangat. Selamat mencoba!

Khatin Riyanti Photo Community Writer Khatin Riyanti

A bud of flower which have a dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya