Comscore Tracker

5 Warung Siobak di Denpasar, Gak Perlu ke Singaraja

Kuliner perpaduan budaya China dan Bali

Bali memiliki beragam kuliner tradisional yang sangat khas. Bali bagian utara, tepatnya Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, memiliki makanan khas bernama siobak.

Kuliner yang satu ini erat kaitannya dengan keberadaan warga China yang berada di Singaraja. Seporsi siobak akan berisi jeroan dan daging babi. Untuk menambah kenikmatan, siobak menggunakan saus kental mirip saus untuk lumpia, kerupuk babi, acar, dan potongan cabai atau sambal.

Apakah untuk menikmati siobak harus ke Singaraja? Tentu saja tidak, karena di Kota Denpasar terdapat beberapa warung yang menyajikan menu siobak khas Singaraja. Berikut ini rekomendasi warung siobak di Denpasar khas Singaraja.

Baca Juga: 5 Warung Legendaris di Sanur, Ada yang Jualan sejak 1941

1. Warung Rama Siobak Singaraja

5 Warung Siobak di Denpasar, Gak Perlu ke SingarajaSiobak dari Warung Rama Siobak Singaraja. (instagram.com/redjeans95)

Warung siobak ini milik Ketut Erawati yang sudah berjualan siobak sejak 1985. Warung Rama Siobak Singaraja terletak di Jalan Letda Made Putra Nomor 56, sebelah utara pertokoan Udayana.

Harga seporsi siobak di warung ini mulai Rp39 ribu untuk siobak biasa. Selain siobak, juga beberapa kuliner olahan babi dan ayam seperti soto atau bakso babi, fuyung hai, sayur hijau, mi goreng, nasi goreng babi, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Warung Bubur Bali di Denpasar, Kuahnya Gurih

2. Warung Siobak Favorit Singaraja Baktiseraga

5 Warung Siobak di Denpasar, Gak Perlu ke SingarajaSiobak dari Warung Siobak Favorit Bakti Seraga. (instagram.com/siobakfavorit)

Warung siobak ini terletak di Jalan Sutomo Nomor 43, Grenceng. Pemilik warung ini berasal dari Bakti Seraga, Kabupaten Buleleng.

Harga seporsi siobak di tempat ini Rp15 ribu tanpa nasi, dan Rp20 ribu dengan nasi. Siobak di warung ini termasuk populer di Kota Denpasar karena menggunakan beragam bagian daging babi, memiliki bumbu dengan rasa khas, dan harganya terjangkau.

3. Warung Siobak Khe Lok

5 Warung Siobak di Denpasar, Gak Perlu ke SingarajaSiobak dari Warung Siobak Khelok. (instagram.com/artitahdiva)

Warung Siobak Khe Lok yang berada di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 256 merupakan cabang dari warung legendaris Warung Siobak Khe Lok yang berlokasi di Jalan Surapati Nomor 66, Kampung Tinggi, Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng. Warung yang sudah mulai berjualan sejak tahun 1963 ini memiliki siobak dan bumbu dengan ciri khasnya tersendiri, sehingga menjadikannya tempat wajib bagi pencinta siobak.

Untuk seporsi siobak campur, nasi, dan minuman, kamu cukup merogoh kocek Rp40 ribu saja. Lauk siobaknya melimpah, dijamin akan membuat perutmu kenyang.

4. Babi Guling Singaraja Beras Merah Rendi

5 Warung Siobak di Denpasar, Gak Perlu ke SingarajaSiobak dari Warung Rendi Babi Guling Singaraja. (instagram.com/bigulrendi)

Tempat berikutnya untuk mencoba siobak adalah di daerah Kelurahan Panjer, tepatnya Jalan Tukad Pakerisan. Nama warungnya adalah Babi Guling Singaraja Beras Merah Rendi. Selain menjual babi guling, warung ini juga menyediakan menu siobak.

Harga seporsi siobak mulai Rp20 ribu, dan sudah mendapatkan nasi. Mereka menggunakan nasi beras merah lho. Kamu juga bisa pesan makanan beku (frozen food) seperti babi guling, siobak, siomai babi, urutan, dan bisa dikirim ke luar daerah.

5. Warung Siobak dan Soto Babi atau Warung Sioto Renon

5 Warung Siobak di Denpasar, Gak Perlu ke SingarajaSiobak dari Warung Sioto Renon. (instagram.com/siotorenon)

Lokasi Warung Sioto Renon ini jadi satu area dengan Warung Babi Guling Renon. Lokasinya di Jalan Raya Puputan Nomor 212, Kelurahan Renon, sebelah barat bunderan Renon, persis di seberang Plaza Renon.

Harga seporsi siobak di warung ini adalah Rp35 ribu. Porsi siobaknya cukup banyak dengan variasi daging babinya yang dibalur bumbu khas siobak. Selain siobak, di warung ini juga terdapat soto babi yang dijual dengan harga mulai Rp20 ribu.

Mau pilih siobak yang mana nih, guys? Masing-masing warung siobak memiliki ciri khasnya masing-masing terutama untuk rasa sausnya. Selamat mencoba!

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya