Comscore Tracker

5 UMKM Bali Pemasok Suvenir KTT G20 Bali

UMKM #Bali mendunia

KTT G20 akan berlangsung pada bulan November 2022. elain kesiapan lokasi tempat berlangsungnya KTT G20, kegiatan internasional ini juga memerlukan cenderamata bagi delegasi-delegasi yang terlibat di dalamnya.

Mengutip dari akun Instagram pesona.indonesia, terdapat 22 UMKM yang ditunjuk sebagai pemasok suvenir resmi KTT G20 Bali yang diseleksi dari 1.024 UMKM di seluruh Indonesia. Suvenir ini terbagi dalam 6 kategori yaitu fashion & accessories, bag & Stationeries, craft, custom packaging, herbal & wellness, dan food & beverage.

Nah, dari 22 UMKM terpilih tersebut, terdapat UMKM yang berasal dari Bali. Siapa saja mereka? Ini dia UMKM Bali pemasok suvenir KTT G20.

Baca Juga: 5 Dealer Motor Listrik di Bali, Jangan Salah Pilih

Baca Juga: 5 Mobil Listrik yang Digunakan KTT G20 di Bali

1. Maharani Craft

Maharani Craft adalah UMKM yang termasuk dalam kategori Fashion & Accessories. UMKM yang berasal dari Bali ini menawarkan produk-produk perhiasan dari bahan logam alami. Bahan ini dikombinasikan dengan batu alam lokal Indonesia.

Produk yang dihasilkan seperti cincin, anting-anting, liontin, dan lainnya. Selain perhiasan, UMKM ini juga memproduksi produk-produk dekorasi rumah.

Bekerja sama dengan pengrajin lokal Bali yang berpengalaman di bidang ini, Maharani Craft menciptakan produk dengan desain modern tanpa meninggalkan unsur tradisional Bali. Produk yang dihasilkan selalu dijaga kualitas dan mutunya, sehingga produk-produk dari Maharani Craft bisa bersaing di mancanegara, dan layak untuk diekspor ke berbagai negara di dunia.

Alamat Maharani Craft di Jalan Tangkuban Perahu, Gang Mertasedana Nomor 7, Kerobokan, Kabupaten Badung. Untuk contoh produk bisa dilihat di akun Instagram @maharanicraft.bali.

2. EthneeQ dari PT Lima Menara Sejahtera

Ethneeq merupakan UMKM dari Bali yang berdiri pada tahun 2018. UMKM binaan Inkubator Bisnis Tohpati ini memproduksi tas dari bahan-bahan natural yang biodegradable. Seperti karung goni yang dikombinasikan dengan produk kain endek Bali (endek khas Kabupaten Klungkung). Kain endek terlihat banyak digunakan dalam produk-produk fesyen yang dihasilkan oleh EthneeQ.

Dikutip laman Ethneeq.com, poduk yang akan digunakan sebagai suvenir KTT G20 nanti berupa tas yang terbuat dari karung goni. EthneeQ yang terpilih untuk kategori Bag & Stationeries ini akan memadukan karung goni dan kain endek menjadi produk fesyen cantik dengan kualitas terbaik.

Alamat EthneeQ ada di Gang Buana Merta Nomor 10 Padangsambian, Kota Denpasar. Untuk melihat produk-produk hasil karya UMKM ini, cek saja Instagram @ethneeq.official.

3. Adem Juice & Smoothies

Adem Juice & Smoothies merupakan UMKM untuk kategori Herbal & Wellness. Lokasi Adem Juice & Smoothie berada di Jalan Teuku Umar Barat 414, Kota Denpasar; dan Jalan Nangka Utara Perum Permata Arsandi Nomor 24, KotaDenpasar. Selain itu, Adem Juice & Smoothies juga kerja sama di beberapa tempat seperti Kuta hingga Ubud.

Adem Juice & Smoothies menggunakan campuran bahan-bahan alami yang tentunya akan membuat tubuh menjadi sehat. Produk jus dan smoothies-nya sangat beragam yang dijual mulai harga Rp15 ribu untuk botol 350ml. Untuk melihat produk-produk Adem Juice & Smoothies, cek langsung di akun Instagram @ademjuice.

4. Samsara

5 UMKM Bali Pemasok Suvenir KTT G20 BaliProduk UMKM Samsara. (instagram.com/pesona.indonesia)

Samsara merupakan UMKM yang memproduksi produk untuk kategori Herbal & Wellnes, sama dengan Adem Jice & Smothies. Namun produk yang dihasilkan bukan minuman atau makanan ya, melainkan minyak kesehatan.

Tidak banyak informasi yang didapat mengenai produk dari Samsara ini. Dalam akun Instagram @pesona.indonesia disebutkan, bahwa Samsara merupakan produk wellness yang mengandung essentioal oil dan dikemas dalam bentuk spray, balsem, hingga mintak urut atau pijat.

5. Hape

5 UMKM Bali Pemasok Suvenir KTT G20 BaliProduk UMKM Hape. (instagram.com/pesona.indonesia)

Hape lolos sebagai UMKM resmi untuk produk suvenir G20 dalam kategori Fashion & Accessories.

Produk-produk kerajinan yang dihasilkam adalah dompet, tas, case untuk laptop atau notebook. Produk-produk kerajinan ini dibuat dari bahan tenun kontemporer, rotan, kain wastra, hingga kayu plaek.

Itulah deretan UMKM Bali pemasok suvenir KTT G20. Semoga keterlibatan UMKM Bali akan membuat mereka lebih dikenal secara luas ke seluruh dunia. Semoga lancar ya jualannya. Dumogi mesari.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya