Comscore Tracker

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil, Biar Gak Salah Beli

Mimin yakin deh gak semuanya ngerti

Kalau kamu seorang pencinta otomotif, terutama mobil, pasti sudah paham dong kalau penggunaan ukuran ban mobil itu perlu diperhatikan. Namun bagi yang gak paham bakalan mengira, bahwa fungsi ban adalah supaya mobil dapat melaju di jalan. Padahal, ban juga berfungi sebagai penopang beban ketika mobil mengangkut manusia sekaligus barang lain di dalamnya.

Makanya beban mobil dan ukuran ban harus ditentukan. Berikut ini cara membaca ukuran ban mobil, biar kamu gak salah beli.

Baca Juga: 6 Kerusakan Sepeda Motor Jika Sembarangan Pilih Oli

1. Jenis ban berdasarkan komposisi

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil, Biar Gak Salah Beliilustrasi jenis ban tube dan tubeless (cardekho.com/Firdaus)

Sebelum membahas lebih jauh tentang ukurannya, kamu perlu mengetahui bahwa ban memiliki dua jenis, yaitu ban tube dan tubeless.

Singkatnya, ban tube memiliki ban dalam dan umum dijumpai pada sepeda motor bebek dan matic. Sedangkan tubeless tidak memiliki ban dalam dan biasanya sering dijumpai pada motor sport dan mobil.

Baca Juga: 5 Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Mengatasinya

2. Bahan ban

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil, Biar Gak Salah Belifoto ilustrasi (pexels.com/Shukhrat Umarov)

Gak semua jenis ban terbuat dari bahan karet. Ban, khususnya untuk mobil, memiliki dua jenis bahan yaitu radial dan bias.

Secara umum perbedaan utama pada kedua jenis bahan tersebut dapat dilihat dari konstruksi penyusun kerangka ban. Ban radial tersusun dari konstruksi rangka yang terbuat dari serat baja. Sedangkan ban bias memiliki konstruksi rangka yang terbuat dari serat nilon.

3. Macam kode ukuran ban dan cara membacanya

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil, Biar Gak Salah Beliilustrasi ukuran ban mobil (unsplash.com/Frank Albrecht)

Semakin beragam bentuk dan ukuran mobil, semakin beragam pula ukuran bannya. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi syarat keamanan dari setiap jenis mobil yang akan digunakan. Berikut ini macam-macam kode ukuran ban mobil dan cara membacanya.

Ukuran ban mobil kode 185/65 R14 86H

  • 185 menyatakan lebar ban dalam satuan mm (milimeter). Lebar ban diukur dari sisi sidewall luar ban setelah ban dipasang pada velg, dan diisi dengan angin ukuran standar
  • 65 menyatakan tinggi ban atau aspek rasio sidewall berdasarkan lebar ban (satuan persen), diukur dari telapak ban sampai permukaan velg yang bersentuhan dengan ban. Karena itu, tinggi ban dihitung dengan cara 65 persen x 185 mm = 120,25 mm
  • R menyatakan jenis konstruksi ban radial atau ban yang memiliki konstruksi radial
  • 14 menyatakan ukuran ring atau diameter velg sebesar 14 inchi
  • 86 menyatakan index atau batas beban maksimal yang bisa ditumpu oleh satu ban tersebut (cari di Googleload index ban”). Index beban 86 jika dikonversi menjadi satuan kg (kilogram) adalah 530 kg per ban
  • H menyatakan index atau batas kecepatan maksimal yang mampu ditempuh oleh ban (cari di Googlespeed index ban”)
  • Kode ukuran ban mobil tersebut dapat mudah anda jumpai pada mobil jenis MPV, sport, dan LCGC.

Ukuran ban mobil kode 175 R13

  • 175 menyatakan lebar ban satuan mm (milimeter)
  • Tinggi ban dengan kode seperti ini memiliki aspek rasio sebesar 100 persen atau lebar ban sama dengan tinggi ban
  • R menyatakan jenis konstruksi ban radial atau ban yang memiliki konstruksi radial
  • 13 menyatakan ukuran ring atau diameter velg sebesar 13 inchi
  • Kode ukuran ban mobil tersebut dapat dijumpai pada mobil angkutan barang seperti pickup dan mobil niaga seperti grandmax.

Ukuran ban mobil kode 31x10.50 R15

  • 31 menyatakan tinggi ban total atau out diameter ban dalam satuan inchi
  • 10.50 menyatakan lebar ban dalam satuan inchi
  • R menyatakan jenis konstruksi ban radial atau ban yang memiliki konstruksi radial
  • 15 menyatakan ukuran ring atau diameter velg sebesar 15 inchi
  • Kode ukuran ban mobil tersebut dapat dijumpai pada mobil-mobil offroad.

4. Tips memilih ukuran ban mobil

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil, Biar Gak Salah Belifoto ilustrasi (pexels.com/ahmad syahrir)

Penggunaan ukuran ban mobil tidak boleh sembarangan lho! Kamu harus menggunakan ban sesuai dengan ketentuan atau saran dari pabriknya. Karena para ilmuwan perancang mobil sudah menghitung sesuai presisi ukuran ban mobil. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh faktor keselamatan pengguna mobil.

Apabila ingin memodifikasi mobil dengan mengganti ukuran ban, maka kamu bisa menggunakan ban baru yang memiliki spesifikasi load index hampir sama dengan spesifikasi load index ban lama.

Misalkan load index ban lama kamu sebesar 94. Maka kamu bisa mengganti ban yang memiliki load index sebesar 94 atau di atasnya, agar masih di batas keamanan pengguna mobil.

Nah, itu dia beberapa penjelasan yang berkaitan dengan ukuran ban mobil. Pastikan bahwa kamu memiliki ukuran ban yang masih berada di batas aman ya! Jangan lupa untuk selalu merawat ban mobil secara berkala dan menggantinya jika diperlukan agar awet.

Dania Lazuardi Husen Photo Community Writer Dania Lazuardi Husen

Writing Enthusiast | Looking for comfort zone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya