Comscore Tracker

5 Fakta Perjalanan PSG, Klub yang Belum Pernah Juara Liga Champion

PSG makin disorot dunia semenjak merekrut Lionel Messi

Paris Saint-Germain (PSG) menarik perhatian dunia setelah merekrut mega bintang asal Argentina, Lionel Messi. Kehadiran Messi di markas besar Paris, Prancis itu menjadikan klubnya bertabur bintang seperti Neymar, Mbape, Sergio Ramos, Di Maria, Lavezzi, dan Donaruma.

Atas dasar itu, PSG menjadi calon kuat dan difavoritkan untuk meraih juara Liga Domestik Liga 1 Prancis, dan tentunya juara Liga Champion musim depan. Berikut beberapa fakta menarik tentang PSG dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: PSG Penuh Pemain Keramat, Termasuk Lionel Messi

1. Usia PSG lebih muda dari ayah Messi

5 Fakta Perjalanan PSG, Klub yang Belum Pernah Juara Liga ChampionInstagram.com/psg

Jika dibandingkan dengan sebagian klub profesional di dunia, PSG tergolong klub yang masih sangat muda. PSG didirikan pada 12 Agustus 1970, sehingga usianya kini 51 tahun.

Bahkan usia klub PSG lebih muda dari usia ayah sekaligus manajer Lionel Messi, Jorge Horacio, yaitu 63 tahun. Meskipun klubnya masih muda, PSG mampu bersaing dengan klub elit Eropa lainnya.

2. Real Madrid berperan dalam berdirinya PSG

5 Fakta Perjalanan PSG, Klub yang Belum Pernah Juara Liga ChampionInstagram.com/psg

Klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, memiliki peran besar dalam lahirnya PSG. Presiden Real Madrid kala itu, Santiago Bernabeu de Yeste, memberikan solusi kepada pengusaha Guy Crescent, Guyot, dan Henri Patrelle supaya melakukan kampanye crowdfunding untuk membentuk tim baru.

Hasilnya ada sekitar 20 ribu orang yang menandatangani petisi, dan ikut berkontribusi dalam pembentukan klub PSG. Ini menjadi terobosan baru kala itu, yang mana pertama kali fans bisa ikut berkontribusi dalam pembentukan klub.

3. Masa keemasan PSG pernah terjadi tahun 90an, namun sempat terpuruk karena perpecahan manajemen

5 Fakta Perjalanan PSG, Klub yang Belum Pernah Juara Liga ChampionInstagram.com/psg

Masa keemasan PSG sebenarnya sudah berlangsung di tahun 90an. Ketika itu PSG diperkuat oleh beberapa pemain bintang seperti Marco Simone, David Ginola, George Weah, dan Rai Souza.

Delapan gelar juara dari 1992 sampai 1999 berhasil diraih, seperti titel Liga Prancis 1993/94 dan Piala Winners 1995/96.

Namun pada tahun 2006, PSG sempat terpuruk karena masalah perpecahan manajemen di PSG. Sampai akhirnya tahun 2011, Qatar Sports Investments (QSI) mengakuisisi PSG dan menjadikan klub Kota Paris itu seperti sekarang.

4. Dua pemain termahal dunia ada di PSG

5 Fakta Perjalanan PSG, Klub yang Belum Pernah Juara Liga ChampionInstagram.com/psg

PSG benar-benar menjadi sorotan dunia setelah berani merogoh modal besar dalam membentuk sebuah klub raksasa. Bahkan dua pemain termahal jagad dunia ini semuanya ada di PSG.

PSG beberapa waktu lalu menetapkan mega bintang Prancis, Kylian Mbappe, dengan mahar 180 juta Euro. Lalu dilanjutkan dengan merekrut pemain terbaik di muka bumi, Lionel Messi, dari Barcelona seharga 222 juta Euro.

Melihat ambisi dan modal seperti itu, layak bagi PSG menjadi klub dengan komposisi tim termahal untuk saat ini.

5. Belum pernah juara Liga Champion

5 Fakta Perjalanan PSG, Klub yang Belum Pernah Juara Liga ChampionInstagram.com/psg

PSG menjadi klub yang paling mendominasi Liga Prancis dalam beberapa musim terakhir, dengan sederet pemain bintangnya. Hanya saja sampai sekarang PSG belum pernah meraih gelar juara Liga Champion.

Prestasi terbaik PSG di Liga Champion adalah sebagai runner-up musim 2019/20. Patut ditunggu apakah dengan komposisi pemain mahalnya, PSG mampu menjuarai Liga Champion musim depan?

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya