Teco Usul Indonesia Punya 3 Kompetisi Utama

Regulasi baru membuat pemain asing dan lokal harus bersaing

Gianyar, IDN Times - Musim depan kompetisi Liga 1 Indonesia kemungkinan besar akan menggunakan regulasi baru, yakni memperbolehkan setiap klub memakai 6 pemain asing. Sebab sebelumnya, setiap klub hanya boleh memainkan 4 pemain asing. 

Regulasi baru ini bakalan diterapkan pada pertandingan memperebutkan tiket Liga Champions Asia antara Bali United melawan PSM Makassar Juni 2023 mendatang. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Teco, memiliki pandangan tersendiri tentang regulasi baru tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Kun Bokator, Bela Diri Kamboja di SEA Games 2023

Baca Juga: 11 Potret Atlet Bali di SEA Games 2023, Ada yang Raih Emas

1. Pemain lokal harus siap bersaing

Teco Usul Indonesia Punya 3 Kompetisi UtamaPemain Bali United. (baliutd.com)

Teco mengatakan, regulasi 6 pemain asing ini menyesuaikan regulasi AFC (Asosiasi Sepak Bola Asia). Dengan ini diharapkan Liga 1 Indonesia bisa lebih bersaing di kompetisi kancah Asia. Konsekuensi utama dari regulasi ini adalah berkurangnya kuota pemain lokal dalam skuad tim.

“Regulasi pemain asing di Liga 1 sama dengan ketentuan AFC, pasti akan lebih bagus ketika ada tim yang bermain di kompetisi Asia. Memang akan mengurangi 2 kuota buat pemain lokal dibandingkan musim Liga 1 sebelumnya,” ujar Teco, Rabu (10/5/2023).

Dengan diterapkannya regulasi ini, Teco mengingatkan pemain lokal agar berani bersaing di dalam tim untuk mendapatkan posisi inti.

"Semua tergantung dari kualitas pemain asing dan pemain lokal yang membuat pelatih bisa memutuskan skuad utama dalam tim,” lanjutnya.

2. Tambah kompetisi domestik untuk memberikan kesempatan pemain lokal berkembang

Teco Usul Indonesia Punya 3 Kompetisi UtamaStefano Cugurra (baliutd.com)

Penambahan kuota pemain asing ini berpotensi mengurangi jumlah kuota pemain lokal dalam tim. Solusinya tentu harus ada penambahan kompetisi utama, sehingga rotasi pemain dapat sering dilakukan.

“Musim sebelumnya, setiap klub di Liga 1 hanya menjalankan kompetisi utama yakni Liga 1 dan Piala Presiden sebagai ajang pramusim awal musim,” jelas Teco.

Padahal banyak negara lain yang minimal memiliki 3 kompetisi utama dalam setahun. Sehingga rotasi antara pemain bisa sering dilakukan. Ini akan memberikan kesempatan pemain lokal untuk berkembang, dengan regulasi setiap tim memiliki 6 pemain asing.

“Menurut saya dari tahun ke tahun sebelumnya, Indonesia masih kurang kompetisi. Lebih bagus ada Piala Presiden, Liga 1, dan Piala Indonesia. Karena banyak negara lain punya minimal 3 kompetisi yang terlaksana,” harap Teco.

Ia menilai, lebih baik ada banyak pertandingan untuk memberi kesempatan lebih kepada para pemain. Selain itu suporter dan tim memiliki kesempatan meraih piala di beberapa kompetisi yang terlaksana tersebut.

3. Sampai sekarang Teco masih merahasiakan rekrutan baru Bali United

Teco Usul Indonesia Punya 3 Kompetisi UtamaSkuad Bali United. (baliutd.com)

Pascaberakhirnya musim kompetisi Liga 1 2022/2023, Bali United telah melepas 10 pemain terbaiknya. Namun hingga menjelang latihan perdana 15 Mei 2023 mendatang, Bali United masih merahasiakan pemain yang direkrutnya.

Termasuk belum mengumumkan pemain yang melanjutkan kontrak dalam skuad Serdadu Tridatu. Kemungkinan pemain baru akan diumumkan sebelum latihan perdana pada 15 Mei 2023, atau menjelang perebutan tiket ke Liga Champions Asia menghadapi PSM Makassar.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya