Comscore Tracker

Big Match Bali United Lawan Persija Jakarta, Pembuka Liga 1 Indonesia

Format kompetisi kembali kandang-tandang

Gianyar, IDN Times - Kompetisi Liga 1 Indonesia dijadwalkan akan mulai bergulir pada 23 Juli 2022 mendatang. Laga perdana ini bakal menghadirkan duel sengit antara juara bertahan Bali United, menghadapi juara tahun 2018, Persija Jakarta.

Kompetisi ini rencananya berlangsung seperti sebelum pandemik COVID-19, yakni dengan sistem kandang-tandang. Format ini menjadi pertanda kembalinya semarak sepak bola Tanah Air.

Baca Juga: Jelang Liga 1, Bali United Ditinggal Stefano Cugurra ke Brazil

1. Terjadi perubahan format liga seperti sebelum pandemik COVID-19

Big Match Bali United Lawan Persija Jakarta, Pembuka Liga 1 IndonesiaSuporter Bali United (baliutd.com)

Operator kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (PT. LIB), melakukan agenda manager meeting tim Liga 1 musim yang baru, pada hari Senin (4/7/2022). Dalam rapat yang dilakukan secara virtual itu, diputuskan bahwa pelaksanaan kompetisi Liga 1 Indonesia akan dimulai pada 23 Juli 2022 mendatang. Keputusan itu diambil mempertimbangkan agenda internasional yang padat dan jenjang kompetisi yang panjang membutuhkan waktu pelaksanaan yang ideal.

Hanya saja nantinya akan dilakukan perubahan format liga seperti sebelum pandemik COVID-19. Apabilla musim sebelumnya Liga fokus diselenggarakan di satu daerah, maka musim ini akan kembali ke format kandang-tandang.

“Ya, sistem bagus jika kembali seperti awal. Sistem Liga 1 Indonesia sudah terbiasa kandang dan tandang,” ungkap Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, Rabu (6/7/2022).

2. Kekuatan Persija Jakarta musim ini menjadi tantangan tersendiri bagi Bali United

Big Match Bali United Lawan Persija Jakarta, Pembuka Liga 1 IndonesiaBali United VS Persija (baliutd.com)

Tidak tanggung-tanggung, laga perdana Liga Indonesia nanti langsung akan menampilkan Big Match antara Bali United melawan Persija Jakarta. Bali United merupakan Juara Liga 1 Indonesia selama dua kali berturut-turut dan saat ini berstatus sebagai juara bertahan. Sementara Persija Jakarta merupakan Juara Liga 1 Indonesia musim 2018.

“Kabar bagus jika benar bertanding menghadapi mantan tim saya (Persija). Persija salah satu tim besar di Indonesia. Hanya saja, saya belum melihat mereka main tahun ini,” ungkap Stefano Cugurra.

Kekuatan Macan Kemayoran musim ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelatih yang akrab disapa Coach Teco itu. Ia pernah menukangi Persija Jakarta pada tahun 2017 silam.

“Saya tahu mereka (Persija Jakarta) banyak melakukan perubahan dalam tim. Dari pelatih, pemain asing, hingga pemain lokal yang datang ke tim mereka,” jelasnya.

3. Laga perdana rencananya akan digelar di Stadion Dipta, Ramdani dan Novri jadi perhatian

Big Match Bali United Lawan Persija Jakarta, Pembuka Liga 1 IndonesiaNovri Setiawan saat selebrasi seusai mencetak goal (baliutd.com)

Jika jadwal dan draf pertandingan tidak berubah, laga perdana Liga 1 Indonesia musim ini, antara Bali United dan Persija Jakarta akan digelar di Stadion Dipta, Kabupaten Gianyar.

“Kalau Bali United menjadi pertandingan pembuka di Stadion Dipta, pastinya bagus dan menarik. Suporter juga bisa datang memberikan semangat kepada pemain untuk bisa meraih kemenangan di awal Liga 1 musim ini,” jelas Coach Teco.

Menariknya, musim ini ada dua punggawa Bali United yang sebelumnya memperkuat Persija Jakarta, yakni Ramdani Lestaluhu dan Novri Setiawan. Penampilann keduanya tentu akan menarik perhatian pada laga perdana nanti.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya