Comscore Tracker

Bertahan dengan 10 Pemain, Bali United Takluk 2-0 di Kandang Persis

Gagal kudeta Madura United di puncak klasemen

Gianyar, IDN Times - Persis Solo berhasil menaklukkan Bali United dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Manahan, Solo, Kamis (15/9/2022) malam.

Dalam pertandingan itu, Bali United tertinggal terlebih dahulu. Saat harus mengejar ketinggalan, Bali United hanya bermain dengan 10 pemain karena Andhika mendapat kartu kuning kedua.

Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Persis Solo untuk meraih kemenangan dan mencetak 2 gol ke gawang Bali United.

Dengan hasil ini, Bali United gagal mengkudeta Madura United dari puncak klasemen. Sementara Persis Solo meroket ke posisi 12 klasemen sementara.

Baca Juga: Bali United vs Persis Solo, Pertemuan Dua Tim Juara Liga 

1. Kartu merah untuk Andhika Wijaya sejak menit ke-38

Bertahan dengan 10 Pemain, Bali United Takluk 2-0 di Kandang PersisPersis Solo VS Bali United (baliutd.com)

Pertandingan dalam tempo tinggi bagi kedua tim sudah dimulai sejak menit awal pertandingan. Kedua tim saling jual beli serangan. Namun wasit pada menit ke-7 sudah menunjuk titik putih bagi Persis Solo.

Hal ini bermula dari pergerakan pemain senior, Samsul Arif, yang harus dijatuhkan Haudi Abdillah di kotak pinalti. Tendangan penalti diambil oleh Messidoro, beruntung penjaga gawang Bali United, Nadeo, berhasil mengamankan tendangan pinalti tersebut. Skor pun tidak berubah.

Menit ke-7 petaka hadir bagi Bali United. Pergerakan Samsul Arif membuat Haudi Abdillah terpaksa menghadang dan menjatuhkannya.

Pada menit ke-30, Gavin Kwan mengirimkan umpan manis ke Ryo Matsumura. Pemain asal Jepang itu berhasil menyambut umpan tersebut dan menjadikannya Gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Bali United.

Petaka bagi Bali United datang pada menit ke-38, Andhika Wijaya menerima kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Ryo Matsumura. Akibatnya Bali United hanya punya 10 pemain.

Ditambah Ricky Fajrin yang juga harus ditarik ke luar karena mengalami cedera. Skor 1-0 untuk Persis Solo bertahan hingga akhir pertandingan babak pertama.

2. Persis Solo manfaatkan keunggulan jumlah pemain

Bertahan dengan 10 Pemain, Bali United Takluk 2-0 di Kandang PersisPersis Solo vs Bali United (baliutd.com)

Pada babak kedua, Pelatih Bali United, Stefano Cuggurra, berusaha mengubah strategi dan memasukkan beberapa pemain, termasuk Hendra Adibayaw dan merotasi beberapa pemain.

Novri Setiawan turun untuk menutup lubang yang ditinggalkan oleh Andhika Wijaya. Sementara itu Gede Agus masuk menggantikan Ricky Fajrin.

Namun rotasi ini belum mampu melejitkan peforma Serdadu Tridatu. Justru Persis Solo yang unggul jumlah pemain mampu mengontrol jalannya pertandingan.

Pada menit ke-60, Ryo Matsumura kembali mendapatkan umpan matang di kotak pinalti Bali United. Ia lalu melesatkan tendangan keras yang tidak mampu dihalau oleh Nadeo.

Skor 2-0 untuk Persis Solo berakhir hingga wasit mengakhiri pertandingan.

Stefano Cugurra tetap mengapresiasi anak asuhnya walau kalah atas Persis Solo. Ia menyebut anak asuhnya bermain cukup baik di awal laga.

"Awal pertandingan masih 0-0. Awalnya kita punya game on. Awal kita main bagus, tapi gagal cetak gol," ujar Stefano Cugurra, Jumat (16/9/2022).

Di awal babak kedua pun, diakuinya anak asuhnya berupaya menyamakan kedudukan.

"Di awal babak kedua kita masih berani menyerang untuk mencetak gol. Tapi setelah 2-0 ya sudah selesai. Mereka (Persis) malam kemarin bermain lebih bagus dari kita," ujarnya.

3. Kekalahan ketiga, Bali United gagal gusur Madura United di puncak klasemen

Bertahan dengan 10 Pemain, Bali United Takluk 2-0 di Kandang PersisPersis Solo VS Bali United (baliutd.com)

Bali United sebenarnya berpeluang untuk mengkudeta posisi puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia. Pasalnya pada pertandingan, Kamis (15/9/2022) sore, PSM Makassar yang berada di posisi ketiga bermain imbang melawan Dewa United.

Dengan kekalahan ini, Bali United tetap bertengger sementara di posisi 2 klasemen dengan poin 21.

Sementara Persis Solo yang berhasil meraih 3 poin, melesat jauh di klasemen dari posisi 15 ke posisi 12 klasemen sementara dengan 10 poin.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya