Comscore Tracker

Profil Youssoufa Moukoko Pemain Termuda di Piala Dunia 2022

Tim Panser mana suaranya nih?

Selain pertandingan, banyak informasi menarik yang bisa kamu perhatikan di perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 ini. Satu di antaranya tentang pemain termuda yang berlaga di kejuaraan sepak bola empat tahunan ini.

Siapa dia? Dia adalah Youssoufa Moukoko, pemain termuda yang berasal dari skuad Timnas Jerman dengan posisi penyerang. Umurnya tepat 18 tahun bersamaan dengan mulainya Piala Dunia Qatar 2022, pada Minggu (20/11/2022). Seperti apa profil pemain muda ini?

Baca Juga: 5 Fakta Yongmoodo, Cabor Porprov Bali yang Masih Asing

1. Berawal dari klub FC St Pauli Youth

Dikutip dari situs Transfermarkt.co.id, Maukoko mengawali karier sebagai pesepak bola muda di klub FC St Pauli Youth. FC St Pauli adalah klub yang bermarkas di Kota Hamburg, Jerman.

Orangtua Maukoko adalah seorang migran dari Kamerun dan menetap di Kota Hamburg. Karena kegemarannya bermain bola, ia kemudian berlatih di klub FC St Pauli dari tahun 2014 hingga tahun 2016.

2. Bergabung di Borussia Dortmund muda

Pada tahun 2016, Moukoko memutuskan untuk meniti karier di klub kebanggaan Kota Dortmund, Borussia Dortmund. Ia tergabung dalam tim muda Borussia Dortmund, Dortmund Youth.

Setelah setahun bermain di tim tersebut, ia ditarik untuk bergabung ke tim Borussia Dortmund U17 pada tahun 2017, dan Borussia Dortmund U-19 pada tahun 2019.

Berdasarkan statistik Transfermarkt.co.id, Moukoko memiliki hasil apik selama membela Borussia Dortmund di usia muda. Ia bermain untuk Borussia Dortmund U-17 sebanyak 56 kali dengan jumlah 90 gol dan 16 assist, dan Borussia Dortmund U-19 bermain sebanyak 25 dengan jumlah 47 gol dan 10 assist.

3. Ditarik menjadi skuad utama Borussia Dortmund

Karena memiliki statistik dan permainan yang sangat bagus untuk pemain bola seusianya, ia kemudian ditarik ke tim utama Borussia Dortmund pada tahun 2020. Ia menjadi pemain termuda di klub yang bermain di kasta tertinggi sepak bola Jerman, Bundesliga.

Walaupun harus bersaing dengan pemain-pemain senior Borussia Dortmund kala itu, ia mampu menunjukkan performa yang sangat baik. Terbukti ia mendapatkan kesempatan tampil sebanyak 59 kali dan telah mencetak 11 gol dan 8 assist. Dalam kompetisi Bundesliga 2022-2023, ia telah bermain untuk Borussia Dortmund sebanyak 14 kali dengan jumlah 6 gol dan 4 assist. Tidak hanya di Bundesliga, ia juga bermain di Piala Champions sebanyak 6 kali dengan 1 assits, dan DFB Pokal (kejuaraan nasional Jerman) dengan jumlah penampilan 2 kali dan 1 assist.

4. Statistik sebagai pemain nasional Jerman

Performa apik di klub membuatnya masuk dalam skuad Timnas Jerman, baik untuk kelompok umur maupun timnas senior. Berikut statistik Moukoko di Timnas Jerman:

  • Timnas Jerman U-16 bermain sebanyak 4 kali dengan raihan 3 gol
  • Timnas Jerman U-20 bermain sebanyak 2 kali, tidak mencetak gol
  • Timnas Jerman U-21 bermain sebanyak 5 kali dengan raihan 6 gol
  • Timnas senior Jerman bermain satu kali saat melawan Oman di pertandingan persahabatan pada 16 November 2022.

Piala Dunia Qatar 2022 merupakan debut pertamanya di ajang ini. Ia dipilih oleh Pelatih Jerman, Hansi Flick, untuk menggantikan pemain depan, Timo Werner, yang mengalami cedera. Ia harus bersaing dengan pemain senior lainnya yang berposisi sama dengan dirinya, yaitu Thomas Mueller dan Manuel Neuer.

5. Biodata lengkap Youssoufa Moukoko

Berikut adalah biodata lengkap Moukoko dilansir Transfermarkt.co.id:

  • Nama: Youssoufa Moukoko
  • Tempat lahir: Yaounde, Kamerun
  • Tanggal lahir: 20 November 2004
  • Kewarganegaraan: Jerman
  • Tinggi: 1,79 meter
  • Posisi: pemain depan atau penyerang
  • Harga pasaran: Rp521,45 miliar
  • Kontrak berakhir di Borussia Dortmund: 30 Juni 2023.

Apakah Youssoufa Moukoko mendapatkan menit bermain dan mampu bermain apik di laga debutnya Piala Dunia Qatar 2022? Tentu saja sangat layak untuk disimak kiprah pemain muda Jerman ini. Tim Panser mana suaranya nih?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya