Comscore Tracker

Profil Klub Al Nassr, Boyong Ronaldo dengan Harga Fantastis

Gimana pendapat fansnya CR7?

Dalam perhelatan Piala Dunia 2022, dimana semua mata penggemar sepak bola tertuju ke Qatar, ada berita mengejutkan datang dari Arab Saudi. Sebuah klub elit Arab Saudi bernama Al Nassr hberencana meminang Christiano Ronaldo yang saat ini berstatus bebas transfer.

Harga yang ditawarkan cukup fantastis. Klub ini rela merogoh koceknya hingga 200 juta Euro atau sekitar Rp3,2 triliun per tahun. Seperti apakah klub yang bermain di Liga Arab Saudi (Liga Pro Saudi) ini? Berikut ini profil klub Al Nassr yang merekrut Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: 10 Potret Top Skor Piala Dunia dari Masa ke Masa

Baca Juga: 6 Bola Resmi Piala Dunia Era 2000-an, Semakin Berteknologi

1. Sejarah klub Al Nassr

Profil Klub Al Nassr, Boyong Ronaldo dengan Harga FantastisPara pemain Al Nassr yang tampil pada Crown Prince Cup tahun 1972. (fcalnassr.com)

Dikutip dari situs resmi Fcalnassr.com, klub ini didirikan pada tahun 1955 oleh dua bersaudara, Huesin dan Zeid Al-Ja'ba di Al-Ataif Street, di Kota Riyadh yang merupakan rumah mereka. Klub ini berlatih di lapangan tua, Gashlat Al-Shortah West, area Taman Al-Fotah.

Berawal dari sebuah klub amatir, pada tahun 1960, Pangeran Arab Saudi kala itu, Abdul Rahman bin Saud Al Saud, menjadi pemimpin klub ini dan mengakuisisinya. Lalu pada tahun 1963, Al Nassr promosi ke kasta tertinggi sepak bola Arab Saudi.

2. Makna logo warna biru dan kuning

Profil Klub Al Nassr, Boyong Ronaldo dengan Harga FantastisLogo dari Al Nassr. (fcalnassr.com)

Nama Al Nassr sendiri banyak digunakan oleh klub-klub di Timur Tengah karena memiliki makna kemenangan. Beberapa klub tersebut seperti klub di Oman, Bahrain, Kuwait, Libya, dan UAE. Walaupun begitu, Al Nassr menggunakan nama tersebut untuk pertama kalinya.

Logo dari klub ini melambangkan peta dari Negara Arab Saudi. Logo ini didominasi oleh warna kuning dan biru. Warna kuning melambangkan pasir gurun pasir di Arab yang sangat indah, sedangkan warna biru melambangkan keindahan lautnya.

3. Pencapaian Al Nassr

Sebagai klub yang dimiliki oleh keluarga Kerajaan Arab Saudi pastinya akan memiliki dana besar sehingga bisa berprestasi. Prestasi klub papan atas Liga Arab Saudi sangat moncer. Lada tahun 1975, Al Nassr berhasil meraih gelar juara Liga Arab Saudi untuk pertama kalinya.

Berdasarkan situs Transfermark.co.id, Al Nassr memiliki pencapaian prestasi sebagai berikut:

  • 18 kali sebagai juara Saudi Arabian Champion
  • 6 kali sebagai juara Saudi Cup
  • 2 kali sebagai juara Saudi Crown Prince Cup
  • 2 kali sebagai juara Saudi Super Cup
  • 1 kali sebagai juara Asian Super Cup
  • 1 kali sebagai juara Asian Cup Winner's Cup
  • 2 kali sebagai juara GCC Champions League.

Banyaknya juara yang pernah diraih oleh Al Nassr menjadikannya sebagai satu klub tersukses di Arab Saudi.

4. Markas Al Nassr

Al Nassr menggunakan Stadion Mrsool Park di Riyadh. Dulunya stadion ini bernama King Saud University Stadium, kemudian pada tahun 2020 diganti menjadi Mrsool Park.

Total kapasitas stadion ini adalah 25 ribu tempat duduk. Selain stadion, kamu juga harus mengetahui julukan dari klub Liga Arab Saudi ini. Klub ini memiliki dua julukan yaitu A'alamy (The Global) dan Faris Najd (Knights of Najd).

5. Al Nassr memiliki pemain dengan bayaran mahal

Sebelum berita Ronaldo ramai dibicarakan, ternyata klub ini sudah memiliki pemain sepak bola dengan bayaran tinggi juga. Berikut nama-nama pemainnya:

  • Anderson Talisca memiliki bayaran sebesar Rp225,96 miliar. Bayaran ini membuatnya sebagai pemain termahal di klubnya dan Liga Pro Saudi. Ia saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di musim 2022/2023
  • Gonzalo Martines memiliki nilai bandrol mencapai Rp173,83 miliar. Martines adalah mantan pemain bola terbaik Argentina di era tahun 2018
  • Ghislain Konan mendapatkan gaji sekitar Rp121,67 miliar. Konan tercatat sebagai bek kiri Timnas Pantai Gading pada usia 27 tahun
  • Vincent Aboubakar memiliki nilai sebesar Rp86,92 miliar. Ia adalah striker dari Timnas Kamerun
  • David Ospina dibeli dari klub di Italia, Napoli. Nilai kontrak kiper Timnas Kolombia ini mencapai Rp86,91 miliar.

Sebagai klub elit yang berada di Arab Saudi tentu saja tidak sulit dalam mendatangkan pemain bintang. Menarik disimak mengenai kelanjutan proses perpindahan CR7.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya