5 Pemain Asing Liga 1 yang Pertama Kali Bermain di Indonesia

Gimana penilaianmu tentang peforma mereka, guys?

Bursa transfer pemain Liga 1 2022/2023 putaran kedua telah ditutup pada 30 Januari 2023 lalu. Sejumlah klub telah mendatangkan pemain baru guna meningkatkan performa tim di putaran kedua ini.

Tak hanya pemain lokal, pemain asing pun tak luput dari buruan pengelola klub. Beberapa klub mendatangkan pemain asing yang notabene baru kali ini bermain di Indonesia. Siapakah mereka? Berikut adalah 5 pemain asing yang baru pertama kali bermain di Indonesia.

Baca Juga: 5 Kiper Paling Produktif Mencetak Gol, Ada yang Tembus Sampai Ratusan

Baca Juga: 5 Pemain Cetak Gol Debut di Putaran Kedua Liga 1, Ada Egy MV

1. Paulo Victor Costa Soares, Persebaya Surabaya

5 Pemain Asing Liga 1 yang Pertama Kali Bermain di IndonesiaPaulo Victor pemain Persebaya Surabaya. (Persebaya.id)

Paulo Victor Costa Soares adalah pemain asing asal Brasil yang didatangkan untuk memperkuat lini serang Persebaya Surabaya di putaran kedua Liga 1 2022/2023. Sebelumnya, ia bermain untuk klub Vishaka FC, Kamboja.

Pemain ini sebenarnya pernah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia pada saat bertandang ke Bali untuk menghadapi Bali United di AFC Cup. Ia berhasil membobol gawang Bali United dan membuat Serdadu Tridatu harus tunduk terhadap tim Kamboja tersebut.

Bersama Persebayaia sudah mendapatkan menit bermain. Tak tanggung-tanggung, ia sudah mengoleksi dua gol, masing-masing satu gol dari titik penalti melawan Persita Tangerang dan 1 gol akrobatik pada saat melawan Bhayangkara FC.

2. Victor Guilherme Dos Santos Carvalho, PSIS Semarang

5 Pemain Asing Liga 1 yang Pertama Kali Bermain di IndonesiaVictor Guilherme Dos Santos Carvalho. (Psis.co.id)

PSIS Semarang merekrut penyerang asing yang berasal dari Brasil, Victor Guilherme Dos Santos Carvalho atau Vitinho. Sebelumnya, ia bermain untuk klub asal Portugal, Victoria Setubal.

Vitinho yang bermain di posisi winger ini sebelumnya berkarier di beberapa klub Brasil, Polandia, dan Portugal. Dalam putaran kedua, Vitinho diturunkan sebagai pemain pengganti saat melawan Persib Bandung. Ia mencetak 1 assist bagi PSIS yang diselesailan dengan apik oleh Taiseu Marukawa. Namun, PSIS saat itu harus mengakui keungguan Persib bandung 1-3.

3. Wellington Carvalho, Bali United

5 Pemain Asing Liga 1 yang Pertama Kali Bermain di IndonesiaWellington Carvalho. (Baliutd.com)

Sebagai pengganti Willian Pacheco yang balik ke Brasil, Bali United mendatangkan pemain belakang yaitu Wellington Carvalho. Ia didatangkan dari klub Clube de Regatas (CRB) Brasil. Bali United adalah klub pertamanya di Asia, karena sebagian besar kariernya dihabiskan di Brasil.

Mantan pemain Timnas Brasil U20 ini sudah mulai dimainkan Bali United pada saat melawan PSM Makassar. Sayangnya, Wellington masih belum padu dengan pemain lainnya di daerah pertahanan, sehingga kebobolan hingga 6 gol dalam dua pertandingan. Ia masih belum menunjukkan kualitasnya sebagai pengganti Willian Pacheco.

4. Flavio Antonio da Silva, Persik Kediri

5 Pemain Asing Liga 1 yang Pertama Kali Bermain di IndonesiaFlavio Antonio da Silva. (Instagram.com/persikfcofficial)

Persik Kediri adalah tim yang cukup banyak merombak dengan mendatangkan pemain baru. Satu di antaranya mendatangkan penggawa asing mantan pemain Timnas Portugal U19 bernama Flavio Antonio da Silva.

Flavio memiliki posisi sebagai penyerang sayap. Ia didatangkan dari klub Modercange (Luksemburg). Ia telah melakoni debutnya bersama Persik Kediri pada saat melawan Madura United. Saat itu, Persik unggul 2-0 atas Madura United.

5. Anderson do Nascimento Carneiro, Persik Kediri

5 Pemain Asing Liga 1 yang Pertama Kali Bermain di IndonesiaAnderson do Nascimento Carneiro. (Instagram.com/persikfcofficial)

Anderson do Nascimento Carneiro adalah pemain asing asal Brasil yang didatangkan oleh Persik Kediri di putaran kedua. Ia mendapatkan tugas untuk mengisi kekosongan di lini belakang setelah ditinggal oleh Arthur Felix Silva, yang harus pulang ke Brasil karena ada urusan keluarga.

Manajemen Persik Kediri mendatangkan Anderson dari klub Alki Oroklini (Cyprus). Anderson melakukan debutnya ketika Persik Kediri menghadapi Borneo FC. Namun tuan rumah Borneo FC berhasil mengalahkan Persik Kediri dengan skro 2-0.

Beberapa pemain asing ini tidak hanya baru pertama kali merasakan atmosfer sepak bola Indonesia, tetapi juga sepak bola Asia. Ada yang cepat beradaptasi dengan tim, hingga masih memerlukan kerja ekstra untuk bisa padu dengan gaya permainan tim di tempatnya bermain.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya