4 Mantan Timnas Indonesia Bermain di Liga 2 2023/2024

Performanya menurun, susah bersaing di Liga 1

Liga 2 merupakan kasta kedua kompetisi sepak bola Tanah Air. Setelah sempat terhenti pada Liga 2 2022/2023, kini Liga 2 kembali bergulir. Liga 2 2023/2024 telah melakukan kick off, Minggu (10/9/2023) lalu.

Sebagai kasta kedua, tak jarang menjadi tempat melanjutkan karier bagi pemain sepak bola yang sudah tidak bisa bersaing di Liga 1. Bahkan beberapa mantan pemain Timnas Indonesia bermain di beberapa klub Liga 2. Siapa saja mereka?

Baca Juga: 4 Pemain Bali yang Bermain di Liga 2 2023/2024

Baca Juga: Deretan Klub Liga 2 2023/2024 yang Pernah Bermain di Liga 1

1. Andik Vermansyah

4 Mantan Timnas Indonesia Bermain di Liga 2 2023/2024Andik Vermansyahi berseragam Persiraja Banda Aceh. (Instagram.com/persiraja_official)

Andik Vermansyah sempat menjadi andalan lini serang Timnas Indonesia bersama Saddil Ramdani. Nama Andik naik daun saat membela Persebaya Surabaya. Dikutip dari Transfermarkt.co.id, pada tahun 2012, Andik melakukan debutnya di Timnas Indonesia dibawah pelatih Nilmaizar. Andik tercatat telah bermain untuk Timnas Indonesia sebanyak 23 pertandingan dengan raihan 1 gol dan 8 assists.

Karena performanya sangat baik, Andik dilirik klub asal Malaysia, Selangor FC, pada 2013. Tak hanya Selangor FC, ia juga sempat memperkuat klub Malaysia lainnya, Kedah FA. Pada tahun 2019, ia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air. Ia memperkuat beberapa klub Liga 1 seperti Madura United dan Bhayangkara United.

Berbeda dengan Saddil Ramdani, performa Andik terus menurun sehingga tidak lagi menjadi bagian Timnas Indonesia. Saat Liga 1 2023/2024 bergulir, tidak ada nama Andik Vermansyah terdaftar sebagai pemain di klub. Sebelum Liga 2 2023/2024 berjalan, Andik terlihat menggunakan seragam Persiraja Banda Aceh.

2. Boaz Solossa

4 Mantan Timnas Indonesia Bermain di Liga 2 2023/2024Boaz Solossa berseragam Persewar Waropen. (Instagram.com/persewarofficial)

Publik sepak bola Tanah Air pasti sudah mengenal nama besar Boaz Solossa. Pemain asal Papua ini menjadi legenda klub asal Papua, Persipura Jayapura. Ia bermain selama 21 tahun bersama klub berjuluk Mutiara Hitam ini. Setelah Persipura degradasi, Boaz memilih bermain di beberapa klub Liga 1, seperti PSS Sleman dan Borneo FC.

Kariernya di Timnas Indonesia terbilang cukup bagus. Dikutip dari Transfermarkt.co.id, Boaz debut di Timnas pada tahun 2004, era Peter White. Ia tercatat telah membela Timnas sebanyak 30 pertandingan dengan raihan 9 gol dan 6 assists.

Seiring bertambahnya usia, performa seorang Boaz Solossa turut menurun. Ia kemudian memilih memperkuat klub Liga 2, namun bukan Persipura. Ia menjatuhkan pilihannya bermain untuk Persewar Waropen, klub Liga 2 yang juga berasal dari Papua.

3. Samsul Arif

4 Mantan Timnas Indonesia Bermain di Liga 2 2023/2024Samsul Arif berseragam Gresik United. (Instagram.com/gresikunited)

Nama Samsul Arif mulai dikenal pada 2011. Saat itu ia debut bersama Timnas Indonesia, saat Timnas dilatih oleh Wim Rijsbergen. Ia kemudian kerap mengisi posisi penyerang Timnas Indonesia. Dikutip dari Transfermarkt.co.id, ia telah memperkuat Timnas Indonesia sebanyak 17 kali pertandingan dengan raihan 2 gol.

Samsul Arif sempat bermain untuk beberapa klub Liga 1 seperti Barito Putra, Persita Tangerang, Persela Lamongan, Persib Bandung, Arema Cronus, Persebaya Surabaya, hingga Persis Solo. Pada 2023, ia memutuskan untuk berkarier di Liga 2, mengingat usianya sudah 38 tahun. Klub Liga 2 Gresik United FC menjadi pilihannya untuk bermain sepak bola.

4. Hariono

4 Mantan Timnas Indonesia Bermain di Liga 2 2023/2024Hariono saat latihan bersama PSIM Yogyakarta. (Instagram.com/psimjogja_official)

Nama Hariono lekat dengan Persib Bandung. Ia pernah bermain untuk Maung Bandung selama 12 tahun, sebelum akhirnya pindah ke Bali United. Gelandang bertahan dengan tipikal permainan lugas dan keras ini melanjutkan karier sepak bolanya di Liga 2 musim 2023/2024. Hariono memilih PSIM Yogyakarta sebagai tempatnya berlabuh.

Pemain yang memiliki julukan Gondrong ini didapuk sebagai kapten Laskar Mataram. Dikutip dari Transfermarkt.co.id, ia sempat menghuni skuad Timnas Indonesia, dan melakukan debutnya pada tahun 2009. Tercatat, ia sudah 16 kali membela Timnas Indonesia dengan torehan 1 gol.

Menurunnya performa dan bertambahnya usia menjadi alasan para pemain ini memilih berkompetisi di Liga 2. Walaupun begitu, mereka masih bisa menjadi andalan klubnya saat ini.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya